Pantai Kartini Jepara, Destinasi Wisata di Kota Sang Pejuang Emansipasi Wanita

Jepara merupakan sebuah kota kecil yang selama ini hanya terkenal sebagai kota bersejarah karena menjadi tempat tinggal salah satu pahlawan nasional yakni Raden Ajeng Kartini. Selain itu, kota yang berada di Provinsi Jawa Tengah ini juga terkenal dengan kerajinan ukirannya yang khas dan telah mendunia. Namun jika berbicara tentang pariwisata, seakan tak banyak yang melirik kota tinggal R.A. Kartini ini sebgaai pilihan tujuan berlibur. Padahal siapa yang menyangka bahwa di Jepara juga menyimpan tempat tempat wisata yang menarik dan unik. Bahkan ada salah satu tempat wisata yang cukup terkenal di kalangan masyarakat Jepara dan sayang untuk Dolaners lewatkan begitu saja. Tempat wisata apakah itu? Dan apa saja keistimewaan yang tersimpan di dalamnya? Mari kita menjelajahi Jepara yang mempesona!

Ini dia ‘Kartini’ yang tak hanya sekedar cantik tetapi juga menarik hati

Pantai Kartini Pantai Kartini - Dolan Dolen

Pantai Kartini via garispantai.com

Pantai Kartini sebuah pantai yang terletak di kota Jepara Jawa Tengah ini merupakan salah satu pantai terfavorite yang tak pernah sepi dikunjungi setiap harinya. Menyandang nama sama persisi dengan salah satu tokoh pahlawan Nasional menjadikan pantai yang satu ini memiliki daya tarik tersendiri. Pemerintah daerah setempat memberi nama Kartini bertujuan untuk mengenang jasa pahlawan kita R.A. Kartini. Kabarnya jaman dahulu R.A. Kartini beserta saudaranya sering bermain di pantai ini. Meghadirkan pasir putih yang bersih dan ombak yang cukup tenang, Pantai Kartini sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan baik Dolaners yang muda mudi maupun yang ingin berwisata bersama keluarga.

 

Tahukah kamu Pantai Kartini juga termasuk pintu gerbang menuju Karimun Jawa loh!

Pelabuhan Pantai Kartini Pelabuhan Pantai Kartini - Dolan Dolen

Pelabuhan Pantai Kartini via bertemanangin.wordpress.com

Pantai Kartini merupakan sebuah pantai yang berlokasi di kawasan Bulu, Jepara, Jawa Tengah. Dari pusat kota, tepatnya Kantor Bupati Jepara, pantai ini terletak 2,5 km ke arah barat. Letak Pantai Kartini ini sangat strategis karena berda di jalur transportasi laut menuju Taman Laut Nasional Karimunjawa dan Pulau Panjang. Pantai Kartini dapat diakses melalui kota Semarang. Dari Semarang Dolaners bisa mengambil rute Semarang – Demak – Jepara. Perjalanan darat ini dapat Dolaners tempuh menggunakan kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil.

Bagi Dolaners yang berangkat langsung dari kota Jepara, Dolaners hanya perlu berkendara sejauh 3 km saja. Perjalanan dari Jepara ke Pantai Kartini Jepara tidak sulit karena nanti Dolaners akan dibantu dengan petunjuk arah yang telah tersedia di sepanjang perjalanan. Sesampainya di Pantai Kartini nanti Dolaners akan menemui dua gerbang pintu masuk. Gerbang pintu masuk yang pertama adalah akses menuju dermaga Pantai Kartini. Wisatawan yang melalui gerbang ini biasanya akan menuju Karimun Jawa. Gerbang kedua adalah gerbang masuk menuju Pantai Kartini. Nah, nantinya Dolaners harus masuk melalui gerbang kedua.

 

Keistimewaan Pantai Kartini bisa kamu nikmati tanpa celah sedikitpun

Pasir Putih Pantai Kartini Pasir Putih Pantai Kartini - Dolan Dolen

Pasir Putih Pantai Kartini via aguswaluyo27.blogspot.co.id

Bersihnya pasir putih yang lembut dan ombaknya yang menenangkan adalah gambaran kecil dari Pantai Kartini Jepara. Berbeda dengan objek wisata pantai lain, di pantai ini bukan hanya keindahan panorama pantai yang ditonjolkan tetapi juga wahana hiburan dan pendidikan. Wahana-wahana tersebut antara lain seperti Kura-kura Ocean Park, wahana bermain anak-anak, spoor mini, catur raksasa, panggung hiburan, tugu Kartini, kolam kecek, dan masih banyak lainnya. Selain wahana ini, pemerintah setempat juga akan membangun wahana lain seperti wave house, rumah bajak laut, bianglala, mini bumper boat, kapal pesiar mini, dan lain-lain. Untuk bisa masuk ke Pantai Kartini Dolaners hanya perlu membayar biaya retribusi sebesar Rp. 5.000,- saja setiap orangnya. Sedangkan untuk biaya parkir kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil, atau bus mulai dikenakan tarif mulai dari Rp. 2.000,- hingga Rp. 12.000,- tergantung kendaraan apa yang Dolaners parkir.

 

Kura-kura Ocean Park, spot terfavorite yang ada di Pantai Kartini

Kura-Kura Ocean Park Pantai Kartini Kura Kura Ocean Park Pantai Kartini - Dolan Dolen

Kura-Kura Ocean Park Pantai Kartini via matajatim.com

Dari sekian banyak fasilitas yang dihadirkan di wisata Pantai Kartini Jepara, terdapat sebuah wahana favorite yang diberi nama Kura kura Ocean Park. Kura-kura Ocean park adalah sebuah akuarium raksasa berbentuk kura-kura. Tujuan dibangunnya Kura-kura Ocean Park ini adalah sebagai sarana edukasi mengenai kehidupan bawah laut Indonesia yang beragam. Bangunan Kura-kura Ocean Park ini terdiri dari dua lantai.

Dimana lantai pertama terdapat taman laut yang terdiri dari sebuah akuarium super besar dengan lorong misteri bawah laut. Dari dalam lorong tersebut Dolaners bisa melihat kehidupan bawah laut dengan berbagai ikan berukuran besar. Ikan-ikan yang dapat Dolaners lihat di lorong ini antara lain Hiu, Dotty Back, Angel Fish, Pari, Giant Trafelly, Kakap, Kerapu, Jenaha, Triger, Mimi & Mintuna, Buntal, penyu dan juga terumbu karang. Selain aquarium super besar juga terdapat aquarium dinding sebanyak 12 buah dan 4 buah aquarium portable yang berisi beragam ikan air laut dan tawar yang berukuran kecil. Tersedia juga papan informasi touch screen yang akan membantu Dolaners mengenal lebih jauh tentang Jepara. Di lantai ini juga terdapat sebuah touch pool yang berisi ikan air tawar dan kura-kura. Dolaners diijinkan untuk menyentuh kura-kura jinak yang ada di kolam ini. Bagi Dolaners yang ingin mencoba sensasi fish spa bisa merendamkan kaki Dolaners di kolam fish spa yang berisi ribuan ikan Garra Rufa dari Turki.

Sedangkan di lantai 2, Dolaners akan disuguhi Jepara Science Park yang terdiri dari Papan Kreatif, Air Mancur Melayang, Peraga Sensor Tepuk dan Sensor Gerak, Kipas Angin Tanpa Baling-Baling, Simulator Pesawat Terbang, dan lain-lain. Di lantai ini juga Dolaners bisa menikmati pertunjukan IMAX Deep Sea 3D yang menarik. Dan tak lupa untuk Dolaners yang ingin membeli buah tangan untuk dibawa pulang, di halaman depan wahana Kura Kura Ocean Park ini terdapat beragam stand yang menjual aneka souvenir khas Jepara, mulai dari makanan cemilan hingga ragam ukiran yang bernilai seni tinggi.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.