Perkampungan Teletubbies Yogyakarta yang Mengingatkan Pada Tontonan Masa Kecil

Dolaners masih ingatkan dengan nama Tingky Wingky, Dipsy, Lalaa, Poo? Ya, nama nama berikut adalah tokoh dalam film berjudul Teletubbies yang menceritakan tentang kehidupan anak anak pada umumnya yang gemar bermain dan bersenang senang dengan alam. Setidaknya Dolaners yang pernah menikmati tayangan tersebut bisa sedikit merasa bersyukur karena masa kecil Dolaners di isi dengan tontonan film anak anak yang menyenangkan sekaligus mendidik. Tak seperti di zaman sekarang yang hampir semua chanel tv dipenuhi sinetron percintaan. Dan jika Dolaners berfikir kehidupan ala teletubbies hanya ada di film, maka pemikiran Dolaners tersebut salah besar. Di Indonesia ada sebuah tempat wisata yang sama persis dengan kehidupan di film teletubbies. Penasaran ada dimana lokasinya? Yuk, mari kita jalan jalan bareng.

Your dream come true, selamat datang di Wisata Kampung Teletubbies

Perkampungan Teletubbies Yogyakarta Perkampungan Teletubbies Yogyakarta - Dolan Dolen

Perkampungan Teletubbies Yogyakarta via properti.net

Hal yang menarik dalam hidup adalah ketika apa yang menurut Dolaners hanya ada dalam imajinasi ternyata benar benar bisa terjadi di dunia nyata. Salah satunya adalah berada di sebuah tempat yang sama persis dengan yang ada di film favorite Dolaners. Ya, Perkampungan Teletubbies namanya. Perkampungan rumah teletubbies ini terletak di Dusun Ngelepen, Desa Sumberharjo, Sleman, Yogyakarta. Untuk menemukan lokasi Wista Perkampungan Teletubbies Jogja ini tak sulit, karena jaraknya tak terlalu jauh dari Obyek Wisata Candi Ratu Boko yang terkenal itu. Sejauh mata memandang, Dolaners akan melihat rumah rumah bagaikan potongan bola bundar yang lucu. Sebuah rumah bola, dan ada orang orang yang hidup di dalamnya, ternyata memang ada dalam dunia nyata. Tak hanya itu, alam disekitar perkampungan teletubbies ini pun juga sangat nyaman dan masih tergolong alami. Keren banget kan?

 

Sebelum berkeliling, Dolaners wajib tau asal usul dari Perkampungan Teletubbies ini

Jika menurut Dolaners rumah rumah berbentuk Dome atau yang lebih familiar disebut rumah teletubbies ini dibangun karena terinspirasi film anak berjudul teletubbies dan Lord of The Rings, maka Dolaners salah besar. Rumah rumah ini dibangun setelah gempa besar melanda Jogja pada 2006 lalu. Saat itu, ada daerah perbukitan yang mengalami kerusakan total yaitu Dusun Sengir. Tanah perkampungannya amblas hingga enam meter lebih, dan karena sudah tidak layak huni lagi, warga Dusun Sengir direlokasi ke perkampungan baru. Pemerintah bekerjasama dengan organisasi organisasi seperti World association of Non Governmental Organization dan Domes for The World Foundation membangun 71 rumah baru berbentuk Domes di sebuah lahan luas yang telah ditentukan sebagai New Ngelepen. Desain rumah yang unik tersebut dipilih karena teruji lebih tahan gempa. Dan hingga sekarang jadilah disebut sebagai Perkampungan Teletubbies. Bahkan warga kampung ini lebih bangga menyebut tempat mereka sebagai Perkampungan Teletubbies Yogyakarta daripada menggunakan nama asli kampung mereka, Nglepen.

 

Dibalik keunikannya, rumah teletubbies juga menyimpan keajaiban

Uniknya Rumah Teletubbies Uniknya Rumah Teletubbies - Dolan Dolen

Uniknya Rumah Teletubbies via jembertraveler.wordpress.com

Selain keunikan bentuk arsitektur rumahnya, ternyata Perkampungan Teletubbies Jogja juga memiliki keunikan lain yang bukan sekedar unik. Rumah rumah teletubbies ini menyimpan berbagai keistimewaan. Selain tahan terhadap gempa, rumah teletubbies juga dipastikan tahan terpaan angin hingga kecepatan 450 km/jam. Jadi, jika Dolaners berkeinginan memiliki sebuah investasi tempat tinggal jangka panjang, rumah teletubbies ini bisa Dolaners masukan kedalam daftar investasi loh! Apalagi usianya mampu bertahan hingga beberapa abad. Selain itu, bangunan ini dapat mempertahankan suhu yang sejuk di dalam yaitu sekitar 27ºC pada lantai bawah dan 33ºC pada lantai atas. Ya, rumah ini menganut efisiensi ruang. Dari luar terlihat mungil, namun di dalamnya terdapat 2 lantai. Tak ada sudut sudut kosong tak terpakai, semua bisa dimanfaatkan. Gimana, Dolaners jadi pingin punya satu kan pasti? (hehe)

 

Dan kabar gembiranya, Dolaners bisa menginap di Perkampungan Teletubbies ini loh!

Menginap di Perkampungan Teletubbies Menginap di Perkampungan Teletubbies - Dolan Dolen

Menginap di Perkampungan Teletubbies via realtrends.com

Perkampungan Teletubbies Jogja resmi menjadi kawasan wisata sejak beberapa waktu terakhir ini. Camp ground tersedia di sekeliling perumahan. Dolaners bisa menginap disini jika ingin mewujudkan mimpi masa kecil tinggal di sebuah rumah berbentuk rumah teletubbies. Terdapat banyak kamar kamar yang memang sengaja diperuntukan bagi setiap wisatawan yang datang. Dengan tarif tertentu, maka mimpi masa kecil Dolaners bisa terwujud secara nyata. Bayangkan saja, disini Dolaners bisa melihat sekumpulan rumah teletubbies, namun dengan pemandangan pemandangan khas pedesaan seperti ayam ayam kecil yang berkeliaran di sekitar rumah, gabah yang dijemur di tepi jalan dan juga hamparan alam hijau yang menyejukkan mata. Berada di Perkampungan Teletubbies, sungguh akan menjadi liburan Dolaners yang menyenangkan bukan?

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.