Pesona Pantai Kedung Tumpang, Angel’s Billabong dari Pulau Jawa

Berbicara Soal pariwisata di Indonesia memang tidak akan ada habisnya. Berbagai tempat mulai dari Sabang hingga Merauke memiliki potensi wisata yang beragam dengan segala keunikan dan keistimewaannya masing masing. Meskipun mungkin kini yang paling disorot adalah Pulau Bali, namun sebenarnya masih banyak tempat indah di Indonesia selain pulau para Dewa tersebut. Setiap tahunnya turis mancanegara selalu tumpah ruah memadati Bali. Untuk itu Pemerintah melalui Kementerian Pariwasata Indonesia sedang gencar gencarnya mengadakan pemerataan wisata Indonesia. Beberapa tempat wisata sedang digalakkan dan dipamerkan melalui promosi besar besaran agar lebih dikenal dikancah publik luar negeri khususnya. Salah satu tempat yang juga menyimpan potensi wisata yang tak kalah beragam adalah Pulau Jawa. Bahkan di sebuah kota di Jawa Timur ada tempat indah yang mekajubkan. Tempat apakah itu? Dan ada dimana letaknya? Simak penjelasan berikut ya.

Perkenalkan ini dia Pantai Kedung Tumpang, si menawan dari tanah Jawa

Pantai Kedung Tumpang Pantai Kedung Tumpang - Dolan Dolen

Pantai Kedung Tumpang via youtube.com

Pantai Kedung Tumpang merupakan salah satu tempat wisata unggulan yang ada di Tulungagung, salah satu kota di Jawa Timur. Pantai Kedung Tumpang digadang gadang memiliki potensi yang menjanjikan di masa depan. Keindahan yang dimiliki Pantai Kedung Tumpang ini tak kalah dengan Angel’s Billabong yang ada di Bali. Dahulu sebelum pantai ini dikenal masyarakat luas, Kedung Tumpang hanyalah tempat yang didatangi oleh masyarakat sekitar untuk memancing atau menjala ikan, karena memang hasil laut disini cukup melimpah. Namun setelah pada tahun 2015 dibuka secara resmi oleh Pemerintah setempat sebagai tempat wisata, Pantai Kedung Tumpang terus mengalami peningkatan jumlah pengunjung. Apalagiu semenjak maraknya sosial media. Ketika sosial media sudah berbicara, maka dengan mudahnya tempay wisata bisa dikenal dengan cepat oleh khalayak ramai. Apalagi jika tempat wisata tersebut semenakjubkan Pantai Kedung Tumpang.

 

Uda siap berangkat ke Pantai Kedung Tumpang? Eits, tahan dulu, kamu wajib punya perencanaan yang matang

Tulungagung merupakan sebuah kota yang berada di Jawa Timur. Letaknya yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa menjadikan Tulungagung adalah salah satu kota dengan potensi wisata pesisir yang strategis. Tulungagung memiliki banyak pantai pantai yang cantik, Kedung Tumpang salah satunya. Untuk bisa menikmati keindahan Kedung Tumpang, Dolaners harus menempuh perjalanan dari pusat kota Tulungagung menuju ke kawasan Pucanglaban, Tulungagung, Jawa Timur.

Akses Jalan Pantai Kedung Tumpang Akses Jalan Pantai Kedung Tumpang - Dolan Dolen

Akses Jalan Pantai Kedung Tumpang via arumdebys.blogspot.co.id

Jalan menuju Pantai Kedung Tumpang sedikit agak menantang. Jalur akses kendaraan maupun fasilitas pantai pun belum cukup memadai. Jalanannya yang tidak lebar, terjal, dan menurun cukup beresiko. Untuk dapat mencapai bibir pantai, Dolaners perlu menuruni tebing yang cukup curam. Tak ada alat pengaman khusus di jalur tersebut kecuali akar pohon dan tiga utas tali nilon yang memiliki panjang tak lebih dari 6 meter. Tali tersebut sangat membantu Dolaners untuk menyeimbangkan badan. Oleh karena itu, Dolaners harus selalu berhati hati dan menjaga keamanan.

 

Dari kejauhan kamu akan mendengar suara riak ombak yang menanti kedatanganmu

Ombak Pantai Kedung Tumpang Ombak Pantai Kedung Tumpang - Dolan Dolen

Ombak Pantai Kedung Tumpang via penabiru.com

Perjalanan yang cukup menguras tenaga akan terbayar begitu dari kejauhan Dolaners mendengar suara riak ombak, yang menandakan tujuan sudah di depan mata. Dan tak salah, pandangan pertama Dolaners pada Pantai Kedung Tumpang akan langsung membuat jatuh cinta. Pantainya sangat bersih dan jernih. Keunikan lain yang disimpan oleh Pantai Kedung Tumpang adalah terdapatnya kolam kolam yang terbentuk alami oleh abrasi pantai, sehingga meninggalkan ceruk-ceruk besar menganga di antara karang. Posisi kolam tersebut lebih rendah sehingga pada waktu waktu tertentu ombak akan mengguyur kolam tersebut. Namun saat kondisi air laut surut, kolam akan terlihat tenang sehingga bisa digunakan untuk berenang. Namun Dolaners harus tetap ingat, saat ombak besar sedang datang, Dolaners harus tetap waspada. Kolam alami yang berada di atas permukaan karang ini memiliki tampilan yang sangat cantik dengan perpaduan warna jernih biru dan kehijauan. Dari sini merupakan titik terbaik bagi Dolaners bisa melihat panorama alam sekitar.

 

Jangan lupa abadikan moment berharga kamu dengan hunting foto ya

Pantai Kedung Tumpang Pantai Kedung Tumpang 2 - Dolan Dolen

Pantai Kedung Tumpang via islahagus.blogspot.co.id

Berlibur adalah salah satu moment yang paling ditunggu tunggu setiap orang. Salah satu kegiatan berlibur yang paling menyenangkan adalah moment dimana Dolaners mengabadikan alam sekitar. Ya, berfoto. Begitu pula ketika Dolaners berkunjung ke Pantai Kedung Tumpang, sebuah tempat menakjubkan yang ada di kota Tulungagung. Berada disini, jangan sampai Dolaners melewatkan kegiatan berfoto ya. Hamparan laut yang biru, dengan sebuah kolam alami di pinggirnya merupakan background yang terpampang nyata kecantikannya di depan mata.Tinggal berpose cantik dengan sunglasess dan topi pantai, maka hasil karya foto Dolaners akan sempurna. Jangan lupa juga, hasil fotonya di upload ke sosial media biar Dolaners juga bisa dibilang anak hits (hehe). Dijaminlah pasti akun instagram Dolaners akan dibanjiri para likers yang akan menjadi fans fans baru Dolaners.


Gimana gimana sudah siap berangkat ke kota Tulungagung dan menuju Pantai Kedung Tumpang? Uda, buruan angkat ransel kamu dan ajak para sahabat untuk mengukir kenangan di Kadung Tumpang. Ingat, jangan merusak alam dengan membuang sampah sembarangan ya! Selamat berlibur.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.