Pulau Bintan, Sang Primadona Dari Kepulauan Riau yang Menawan

Kepulauan Riau merupakan salah satu provinsi yang ada di Indonesia bagian Barat. Seperti namanya, provinsi yang satu ini memang terdiri dari banyak pulau pulau. Sebagai kawasan kepualaun, tentu saja Riau menyimpan kekayaan hayati yang tak ternilai besarya. Potensi wisatanya pun sangat beragam. Bahkan tak sedikit pariwisata di Kepulauan Riau ini sudah terkenal namanya di mancanegara dan menjadi destinasi favorite bagi turis turis asing. Salah satu kawasan yang cukup ternama di Kepulauan Riau ini adalah Pulau Bintan. Pulau cantik ini banyak memiliki keunikan dan keistimewaan yang tak terduga. Mau tau apa aja itu?

Sini aku kenalin kamu sama Pulau Bintan, dijamin langsung naksir deh!

Pulau Bintan Pulau Bintan - Dolan Dolen

Pulau Bintan via ksmtour.com

Pulau Bintang adalah pulau terbesar dari 3000 pulau besar dan kecil lainnya yang ada di provinsi Kepulauan Riau. Pulau Bintan melebar dari Malaka ke Laut Cina Selatan. Tanjungpinang yang merupakan ibu kota provinsi ini, terletak di pantai sebelah barat selatan Bintan. Atau secara strategis terletak di semenanjung selatan Malaysia di mulut Selat Malaka, kepulauan Riau. Karena kemolekan yang dimiliki, tidak heran jika Pulau Bintan dimasa lalu pernah diperebutkan oleh masyarakat Eropa, Portugis, Belanda dan Inggris yang merupakan pedagang dan singgah di pulau cantik ini. Potensi wisata yang sangat menjanjikan membuat Pulau Bintan sering diperebutkan sebagai lokasi pengembangan usaha. Tak hanya itu Pulau Bintan juga memiliki potensi pertanian yang tak kalah menjanjikan.

 

Uda siap meluncur ke Pulau Bintan? Yuk, mari angkat ransel kamu

Sebelum Dolaners mengangkat ransel untuk berlibur ke Pulau Bintan. Ada hal hala yang perlu Dolaners tahu tentang pulau cantik ini terlebih dahulu. Salah satunya adalah akses transportasi untuk bisa sampai ke tujuan, yakni Pulau Bintan. Jika Dolaners dari kota Jakarta maka bisa menggunakan transportasi udara menuju ke bandaran di Tanjung Pinang. Jika Dolaners berangkat dari kota Batam maka Dolaners bisa menuju ke Lagoi atau bisa juga dari Batam langsung menuju ke Tanjungpinang. Sementara Dolaners yang berangkat dari luar Indonesia, Dolaners bisa menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Tanah Merah Singapura menuju ke Pelabuhan Bandar Bentan Telani Lagoi atau bisa juga dari pelabuhan di Singapura langsung menuju ke Pelabuhan Tanjung Pinang Sri Bintan Pura.

 

Sekarang saatnya kamu melihat kemolekan pulau eksotis di ujung barat ini

Rumah Panggung Senggarang Tanjungpinang Rumah Panggung Senggarang Tanjungpinang - Dolan Dolen

Rumah Panggung Senggarang Tanjungpinang via wikimedia.org

Sampai di Pulau Bintan Dolaners akan menemukan banyak pantai indah yang menjadi salah satu wisat primadona disini. Di pantai barat Bintan terdapat Tanjungpinang, yang dahulunya merupakan kota sunyi namun saat ini merupakan ibu kota provinsi yang sangat sibuk. Di sini Dolaners akan menemukan rumah kuno panggung yang menarik di kawasan Senggarang. Tak hanya itu, di sini juga terdapat beberapa candi Budha termasuk candi kuno yang dinaungi pohon bayan yang besar dan rindang. Sementara di sepanjang pantai timur Bintan merupakan pantai pasir putih, lautan biru jernih lengkap dengan sejumlah pulau cantik yang menarik. Dan yang menjadi tujuan wisata teratas di Pulau Bintan ini adalah Bintan Resort, destinasi wisata berupa pantai yang spektakuler di utara pulau dengan luas 23.000 hektar di atas pasir putih yang menghadap langsung ke Laut Cina Selatan.

 

Kini waktunya petualangan barumu di Pulau Bintan dimulai

Kite Surfing Bintan Kite Surfing Bintan - Dolan Dolen

Kite Surfing Bintan via tripsbank.com

Karena lokasi Pulau Bintan yang memiliki angin dan ombak yang cukup besar, terutaman di akhir tahun, maka tak heran jika olahraga surfing merupakan kegiatan favorite di sini. Bahkan di pulau ini juga sering diselenggarakan berbagai event surfing Internasional. Sementara bagi Dolaners yang belum bisa surfing, Dolaners juga bisa menikmati alam bawah laut Pulau Bintan dengan cara menyelam, yakni diving atau snorkeling. Salah satu spot yang menarik adalah di Kepulauan Anambas yang ada di Laut Cina Selatan, di tempat ini menghadirkan kehidupan bawah laut yang masih sangat alami. Dolaners bisa juga melakukan kegiatan outbound yang dihadirkan di Pulau Nikoi. Atau jika tidak ingin jauh jauh, Dolaners bisa mencoba olahraga golf di kawasan Bintan Resort. Bermain golf dengan pemandangan langsung yang menghadap ke laut pastinya akan menghadirkan kesan tersendiri di hati Dolaners. Tak hanya itu, di Pulau Bintan ini Dolaners juga bisa menikmati ragam wisata bersejarah dan kebudayaan lokal seperti mengunjungi Istana Kota Piring yang terletak di Pulau Biram Dewa, Melayu Kota Piring, Tanjung Pinang Timur, atau Tugu Pensil dan Gurindam Gubahan Raja Ali Haji yang merupakan icon kota Tanjungpinang.

 

Kamu yang berlibur ke Pulau Bintan, jangan lupa cicipi kulinernya juga ya

Kelong Seafood Pulau Bintan Kelong Seafood Pulau Bintan - Dolan Dolen

Kelong Seafood Pulau Bintan via nirwanagardens.com

Berkunjung ke suatu tempat memang kurang afdol rasanya jika belum mencicipi kuliner khas dari wilayah tersebut. Begitu pula jika berlibur ke Pulau Bintan, Dolaners wajib mencicipi kuliner asli kawasan pesisir ini. Di Pulau Bintan, seafood merupakan jenis makanan khas andalannya. Aneka olahan dari ikan laut maupun seafood segar bisa Dolaners nikmati dengan harga yang murah di restoran maupun ragam rumah makan. Yang unik di Pulau Bintan ini terdapat restoran panggung kuno yang menghadap ke laut langsung dan oleh masyarakat sekitar disebut Kelong. Disini Dolaners bisa mencicipi kuliner kepiting bumbu pedas yang lezat, ikan kukus, atau udang mabuk. Dan yang menjadi keistimewaan dari Pulau Bintan adalah olahan seafood Gong Gong nya atau Keong mutiara yang dapat ditemukan hanya di sekitar kawasan Pulau Bintan dan kepulauan Batam saja.

 

Penginapan di Pulau Bintan uda tersedia ala kaum jetset loh!

Sudah sejak lama memang Pulau Bintan dikenal sebagai wisata pulau yang memiliki fasilitas yang tak bisa dianggap sepele. Pulau cantik ini memiliki fasilitas akomodasi yang lengkap termasuk hotel dan resort yang ada di kawasan Bintan Resort, yang berlokasi di Tanjungpinang dan di sekitar pulau. Bintan Resort di pantai utara Bintan menawarkan hotel-hotel berkelas, terletak di lebih dari 300 hektare lahan, penginapan ini juga dilengkapi dengan fasilitas lapangan golf kelas dunia yang didesain oleh arsitektur internasional terkemuka. Bahkan salah satu lapangan golf yang diberi nama Ria Bintan Championship Golf Course merupakan lapangan golf terbaik se Asia pada 2008 lalu. Sedangkan di sebelah selatan Pulau Bintan, terdapat sebuah penginapan resort yang menawarkan ecotours dan perjalanan petualangan secara rombongan. Ada pula penginapan yang berada di dekat bibir pantai dengan menyajikan fasilitas relaksasi lengkap termasuk perawatan spa khusus.

 

GALERI FOTO PULAU BINTAN

Gimana kamu udah siap berangkat liburan ke Pulau Bintan? Jangan lupa ajakin para sahabat atau bisa juga liburan berdua bareng pasangan agar lebih mendekatkan chemistrymu. Ya… asal jangan sendirian aja perginya, nanti dikira jomblo loh! (hehe). Selamat liburan!

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.