Pulau Kadidiri, “Maldives” di Taman Nasional Kepulauan Togean

Pulau Sulawesi merupakan salah satu wilayah di Indonesia bagian timur yang cukup ternama. Selama ini yang dikenal oleh kalangan wisatawan dari Sulawesi adalah kota Makassar dengan pantai losarinya. Namun tahukah kamu bahwa tak hanya Makassar yang terletak di Sulawesi Selatan saja, di kawasan Sulawesi Tengah juga menyimpan sejuta potensi wisata yang tak kalah menarik untuk ditelisik. Siapa yang menyangka bahwa Provinsi yang beribu kotakan Palu ini memiliki sebuah lokasi wisata yang bahkan telah dikenal di kalangan mancanegara, sebelum banyak diketahui di negaranya sendiri. Mau tahu tempat wisata apa itu? Dan ada dimana? Yuk mari kita berpetualang bersama!

Ini dia si perawan yang kaya akan dunia bawah lautnya

Pulau Kadidiri Pulau Kadidiri - Dolan Dolen

Pulau Kadidiri via sulawesitourguide.com

Pulau Kadidiri merupakan sebuah kawasan wisata yang sangat menawan. Berada di dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, Pulau Kadidiri terletak di Teluk Tomini yang ada di provinsi Sulawesi Tengah. Di kalangan wisatawan, Pulau Kadidiri sering disebut sebagai pulau perawan dengan keindahan yang tersembunyi. Pulau ini justru lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan mancanegara dibandingkan wisatawan domestik. Bahkan sampai ada wisatawan asing yang menetap di pulau ini hingga belasan tahun, dan saat ini memilih bekerja sebagai dive master. Hal tersebut adalah salah satu bukti bahwa keindahan yang dimiliki Pulau Kadidiri tidak bisa dianggap remeh.

 

Kamu yang udah gak sabar menjelajah di Pulau Kadidiri harus punya perencanaan yang matang terlebih dahulu, jangan asal berangkat!

Transportasi Pulau Kadidiri Transportasi Pulau Kadidiri - Dolan Dolen

Transportasi Pulau Kadidiri via segaratrip.blogspot.co.id

Sebelum memutuskan untuk pergi ke Pulau Kadidiri, Dolaners wajib memiliki perencanaan yang matang. Salah satu aspek yang wajib Dolaners ketahui adalah bagaimana transportasi untuk bisa sampai ke Pulau Kadidiri. Karena memang lokasi dari pulau ini sangat jauh dari kota besar, maka diperlukan waktu yang cukup panjang sampai bisa menginjakkan kaki di tujuan utama.

Untuk bisa sampai ke Pulau Kadidiri, Dolaners harus menempuh perjalanan dengan menggunakan perahu melalui rute dermaga Ampana, ibu kota dari Kabupaten Tojo Una Una menuju ke Pulau Wakai, Dari kota Ampana Dolaners membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 hingga 6 jam perjalanan laut sampai ke Pulau Wakai, kemudian dari sini perjalanan dilanjutkan lagi melalui Bomba menuju ke Pulau Kadidiri dengan memakan waktu 30 menit hingga 1 jam.

Atau dari dermaga di Ampana, Dolaners juga bisa menggunakan transportasi kapal feri dengan tujuan Gorontalo, kemudian transit di Pulau Wakai. Lama perjalanan dari Gorontalo menuju Pulau Wakai sekitar 8 jam. Sesampainya di Pulau Wakai, Dolaners dapat menyewa perahu atau speedboat untuk mencapai Pulau Kadidiri, perjalanan ini memakan waktu satu jam. Namun yang perlu Dolaners ingat, kapal feri ini hanya akan beroperasi pada hari Rabu saja.

Dan bagi Dolaners yang melakukan penerbangan hingga Makassar, perjalanan menuju kota Ampana dapat ditempuh sekitar 14 jam melalui darat. Setelah itu, perjalanan menuju Pulau Kadidiri dapat dilakukan dengan menggunakan speedboat. Harga tarif yang harus Dolaners bayarkan adalah Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,- untuk bisa sampai ke Pulau Kadidiri. Dan yang perlu diingat, waktu terbaik untuk datang ke Pulau Kadidiri adalah bulan April hingga November.

 

Dari kejauhan pulau cantik nan perawan Kadidiri sudah menyambutmu dengan segala keistimewaanya

Sunset Pulau Kadidiri Sunset Pulau Kadidiri - Dolan Dolen

Sunset Pulau Kadidiri via onepanfrying.wordpress.com

Belum menginjakkan kaki saja, Dolaners sudah bisa merasakan atmosfir Pulau Kadidiri yang indah. Dan benar saja begitu sampai disini, alam pulau ini seolah menyambut kedatangan Dolaners dengan senang hati. Pepohonana khas pesisir yang melambai lamai, riak riak ombak, dan halusnya pasir putih yang menggelitik telapak kaki seakan mengucapkan selamat datang kepada Dolaners. Karena Pulau Kadidiri ini masih alami, Dolaners bahkan bisa menikmati terumbu karang di sini dengan mata telanjang, tanpa harus menyelam terlebih dahulu. Air laut di pantai yang ada di pulau ini juga sebening kristal dengan pasir putih nan lembut. Selain terumbu karang, Dolaners juga bisa melihat ikan berbagai warna saling berkejaran, penyu, hiu, dan biota laut lainnya.

 

Tahukah kamu bahwa Pulau Kadidiri sudah dianggap surga bagi mereka pecinta snorkeling dan diving?

Kadidiri Diving Kadidiri Diving - Dolan Dolen

Kadidiri Diving via topindonesiaholidays.com

Pulau Kadidiri memang sudah terkenal dengan kekayaan biota lautnya, Hal ini menjadikan pulau cantik yang satu ini cocok dijadikan destinasi favorit bagi Dolaners para pecinta kegiatan olahraga air. Selain Bunaken, Pulau Kadidiri ini adalah lokasi yang tepat untuk menikmati keindahan biota laut di Sulawesi. Untuk mendapatkan spot-spot terbaik snorkeling atau diving, Dolaners bisa menyewa speedboat yang akan mengantarkan untuk menemukan spot-spot terbaik menikmati biota laut. Harga sewa speedboat ini berkisar mulai dari Rp. 300.000,- sampai Rp. 500.000,- satu kapal per harinya. Jika ingin mendapat harga lebih murah, Dolaners bisa mencoba sharing dengan wisatawan lain. Namun untuk Dolaners yang kurang memiliki nyali untuk menyelam tak perlu khawatir. Karena kejernihan airnya yang sebening kristal , maka Dolaners juga bisa menikmati keindahan biota laut dengan mata telanjang tanpa repot menyelam. Caranya adalah Dolaners cukup berjalan sejauh lima meter dari tepi pantai menuju ke tengah, dari sini lah Dolaners sudah bisa menikmati mahakarya kehidupan bawah laut di Pulau Kadidiri ini.

 

Sstt… ada bangkai pesawat Perang Dunia ke II loh di Pulau Kadidiri!

Bangkai Pesawat di Pulau Kadidiri Bangkai Pesawat di Pulau Kadidiri - Dolan Dolen

Bangkai Pesawat di Pulau Kadidiri via destinasian.co.id

Ada yang unik dari taman bawah laut Pulau Kadidiri ini. Salah satu spot diving favorite disini adalah spot dimana terdapat puing pesawat B24 yang merupakan pesawat bekas Perang Dunia ke II. Spot ini merupakan salah satu spot yang wajib Dolaners kunjungi. Untuk menemukan spot ini, Dolaners bisa berkendara dengan speedboat sejauh 16 km ke arah timur laut Pulau Kadidiri. Puing puing pesawat ini merupakan tempat tinggal bagi beragam terumbu karang berusia puluhan tahun serta tempat bersembunyi beragam jenis ikan penghuni laut Pulau Kadidiri. Pasti akan menjadi pengalaman yang mengesankan bagi Dolaners menjelajah bangkai pesawat bersejarah yang hanya ada di Pulau Kadidiri ini.

 

Kamu yang ingin bersantai, bisa loh memancing di sepanjang pantai pulau ini

Bagi Dolaners yang ingin menikmati keindahan Pulau Kadidiri dengan kegiatan yang lebih santai, maka memancing adalah pilihan yang tepat. Bagi Dolaners yang ingin melakukan kegiatan memancing, Dolaners bisa meminta guide untuk menemani ke lokasi pemancingan. Lokasi favorite untuk memancing adalah di daerah Kundurang. Kundurang adalah lokasi yang sudah terkenal sebagai spot pemancingan ikan laut terbaik di pulau ini. Sambil memancing, Dolaners juga bisa menikmati pemandangan indah batu batu karang di dalam laut bersih nan jernih. Spot ini juga terkenal dengan keindahan gradasi warna air lautnya yang memikat hati setiap orang yang melihat.

 

Dengan trekking, keindahan Pulau Kadidiri bisa kamu nikmati dari sisi yang berbeda

Sedangkan bagi Dolaners yang hobby berpetualang dan ingin menikmati kekayaan alam di Pulau Kadidiri dari sini lain, maka trekking adalah pilihan yang tepat, terutama bagi Dolaners yang menyukai tantangan. Kegiatan trekking atau berjalan kaki menjelajahi hutan akan menjadi kegitana menyenangkan yang taka akn bisa dilupakan seumur hidup, apalagi jika alam yang dijelajahi sangat indah dan menawan seperti yang ada di Pulau Kadidiri ini. Trekking di hutan tropis Kadidiri tentu akan menjadi kegiatan yang menyenangkan, karena tumbuhan di dalamnya sangat beragam. Pastikan untuk membawa kamera saat melakukan kegiatan ini, karena selain flora yang beragam, Dolaners juga akan menemukan banyak sekali jenis burung yang bertengger cantik di ujung dahan pepohonan.

 

Tak perlu bingung mencari tempat bermalam, di Pulau Kadidiri sudah berdiri banyak penginapan

Pulau Kadidiri Resort Pulau Kadidiri Resort - Dolan Dolen

Pulau Kadidiri Resort via jurnaland.com

Bagi Dolaners yang ingin menghabiskan waktu berlbir di Pantai Kadidiri lebih lama. Tidak perlu khawatir untuk mencari tempat bermalam, atapun repot repot membawa tenta dari rumah. Di Pulau Kadidiri ini sudah banyak berdiri resort dan penginapan yang terbagi dalam berbagai type. Tarif dari masing-masing penginapan dan cottage ini pun berbeda-beda, tegantung dari fasilitas yang ditawarkan. Bagi Dolaners yang ingin menginap di cottage dengan harga terjangkau, bisa mencoba type Black Marlin Cottage dengan harga sewa Rp. 200.000,- untuk setiap malamnya. Cottage ini terbuat dari kayu dengan fasilitas makan hingga tiga kali sehari. Type ini sangat nyaman, terlebih bagi Dolaners yang ingin merasakan suasana yang lebih alami. Sedangkan bagi Dolanersyang ingin merasakan menginap di tempat yang lebih mewah, type Kadidiri Paradise Resort adalah pilihan type penginapan yang tepat. Resort ini memiliki dek (laguna) yang dapat Dolaners jadikan sebagai tempat untuk menikmati keindahan menawan dari Pulau Kadidiri.

Gimana gimana sudah gak sabar liburan ke Pantai Kadidiri? Jangan lupa sebelum berkunjung ada baiknya kamu menghubungi resort untuk memesan kamar penginapan agar tidak kehabisan. Dan yang paling penting, karena Pulau Kadidiri tergolong pulau yang masih perawan, kamu wajib menjaga kelestarian alamnya dengan tidak membuang sampah sembarangan dan tidak merusak ekosistem yang ada. Selamat berlibur.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.