Pulau Kenawa, Orang Ketiga Diantara Lombok dan Sumbawa yang Cantik Mempesona

Memang pantas jika Indonesia menyandang status sebagai negara kepulauan, bagaimana tidak, puluban ribu pulau yang indah tersusun rapi dari ujung barat hingga timur negeri tercinta ini. Sekitar lebih dari 13 ribu pulau yang ada sudah diberi nama secara resmi, sementara sisanya lebih dari 4000 pulau belum memiliki nama yang resmi. Dan uniknya di setiap wilayahnya memiliki keistimewaan masing masing yang saling berbeda satu dengan lainnya. Mungkin selama ini yang sering kamu kunjungi sebagai tempat wisata selain pulau pulau besar seperti Sumatra, Jawa, Kalimantan, Papua adalah Bali dan Lombok, atau juga Sumbawa. Namun tahukah kamu bahwa diantara Lombok dan Sumbawa meyimpan sebuah pulau unik yang ajaib. Iya, seperti orang ketiga gitu deh diantara kedua pulau yang berdampingan ini (Pulau Lombok dan Sumbawa). Mau tau pulau apa itu? Dan keajaiban apa yang tersimpan di dalamnya? Mari kita berpetualang menjelajahinya bersama.

Perkenalkan ini dia si unik nan ajaib, Pulau Kenawa

Pulau Kenawa Pulau Kenawa - Dolan Dolen

Pulau Kenawa via nomviker.com

Pulau Kenawa merupakan sebuah pulau kecil yang terletak tepat diantara dua pulau yang namanya sudah tidak asing lagi, yakni Pulau Lombok dan Sumbawa. Meski tergolong sebagai sebuah pulau yang kecil mungil, namun Pulau Kenawa juga memiliki keistimewaan yang tak menakjubkan dengan pulau pulau lain. Namun kini Pulau Kenawa mulai menunjukkan namanya di kancah pariwisata Indonesia, semenjak kemunculannya di media sosial yang membuat heboh para pecinta travelling. Padahal dahulu, Pulau Kenawa hanya sebagai destinasi tambahan bagi para wisatan yang sedang berlibur ke Lombok. Dahulu destinas utama mereka adalah Gili Trawangan, Gunung Rinjani atau Tambora. Namun kini tak jarang wisatawan yang menjadikan Pulau Kenawa sebagai destinasi utama mereka.

 

Sebelum memutuskan untuk berangkat ke Pulau Kenawa, kamu wajib tau lokasinya yang tak cukup mudah dijangkau ini, namun juga tak terpencil

Berbicara soal rencana berlibur ke suatu tempat, memang sangat banyak aspek yang harus diketahui dan diperhitungkan. Salah satu aspek penting tersebut adalah akses lokasi dan transportasi yang bisa mengantarkan Dolaners untuk sampai ke tempat tujuan. Begitu pula ketika Dolaners ingin berkunjung ke Pulau Kenawa. Letaknya yang berada di antara Pulau Lombok dan Sumbawa, menjadikan lokasi Pulau Kenawa tidak terlalu mudah dijangkau, namun juga tidak sesulit yang Dolaners bayangkan. Lebih tepatnya, Pulau Kenawa berada di Selat Alas, Kabupaten Sumbawa Barat. Ada 3 cara untuk bisa sampai ke Pulau unik ini yakni, Dolaners bisa menggunakan jasa kapal ferry dari Lombok menuju Sumbawa, sebelum sampai di Sumbawa, kapal ferry tersebut akan melewati Pulau Kenawa. Atau Dolaners juga bisa menyewa kapal nelayan dari Pelabuhan Pototano, Sumbawa. Dan yang terakhir, bisa menggunakan kapal boat dari perairan Gili Lampu di Lombok Timur.

 

Dari kejauhan, terlihat sebuah pulau kecil yang mempesona sedang melambaikan tangan

Baru dari kejauhan Dolaners sudah bisa melihat adanya sebuah pulau kecil yang nampak cantik dan menarik mata. Nah, itu adalah Pulau Kenawa. Dan benar saja begitu mesin perahu sudah dimatikan dan kemudian nelayan sudah menambatkan jangkarnya di tepi pantai, Dolaners akan dibuat terkagum kagum dengan apa yang sedang dilihat di depan mata. Sebuah pulau hijau dengan rimbunnya nyiur khas pesisir seakan melambaikan tangan sembari mengucapkan selamat datang kepada Dolaners. Jernih birunya air laut juga semakin menjadikan Dolaners akan betah selama berada di Pulau Kenawa ini. Kicauan burung beserta angin sepoi sepoi semkain menambah lengkap sambutan yang Dolaners dapatkan begitu menginjakkan kaki di pulau ajaib ini.

 

Sensasi camping di sebuah pulau cantik Kenawa akan menjadikan pengalaman tak terlupakan bagimu

Camping Pulau Kenawa Camping Pulau Kenawa - Dolan Dolen

Camping Pulau Kenawa via triptrus.com

Rasanya tak cukup jika berlibur di sebuah tempat yang menakjubkan seperti Pulau Kenawa ini hanya sehari saja. Dolaners harus mencoba bermalam di pulau ini. Camping adalah salah satu cara bermalam paling menyenangkan yang bisa Dolaners lakukan di Pulau Kenawa. Apalagi Pulau Kenawa ini masih tergolong pulau perawan yang belum ramai dikunjungi para wisatawan. Sangat pas jika disebut sebagai pulau yang menyerupai private island. Begitu malam tiba, deburan ombak terdengar jelas di telinga dan memecah kaheningan malam. Suasana alam yang menenangkan semakain menjadikan malam Dolaners lebih syahdu. Di tengah suasana seperti ini, kegiatan paling menyenangkan adalah membuat api unggun di depan tenda sebari bakar bakar ikan hasil tangkapan nelayan. Wah, ini namanya keromantisan yang terjalin di pulau seberang. Dijamin deh liburan antimainstreammu ini tak akan pernah bisa terlupakan seumur hidup.

 

Jika pagi hari kamu bisa menikmati sunrise, begitu juga malam hari, kamu bisa melihat keindahan sunset dari balik Rinjani

Sunset Pulau Kenawa Sunset Pulau Kenawa - Dolan Dolen

Sunset Pulau Kenawa via pasirpantai.com

Sempatkanlah bermalam di Pulau Kenawa ini, karena di pagi harinya Dolaners bisa mendaki sebuah bukit yang berada tempat di tengah pulau cantik ini. Dari puncak bukit ini Dolaners bisa melihat mahakarya Sang Pencipta yang Maha dasyat. Dimana panorama sunrise terlihat jelas tanpa sedikitpun celah yang menutupinya. Dari sini terlihat adanya 2 pulau besar dan gugusan pulau kecil yang saling berpadu dengan lautan lepas yang semkain menjadikan panorama keindahan itu kian terpampang nyata. Lain lagi jika Dolaner menikmati senja di Pulau Kenawa ini. Dari tempat yang sama, Dolaners bisa melihat panorama sunset yang paripurna. Sang mentari seolah perlahan menghilang di balik Rinjani yang gagah. Satu lagi yang istimewa, disini Dolaners juga melihat panorama foto bintang milky ways yang spektakuler, sebuah panorama yang tak akan pernah Dolaners temukan di kota kota besar. Ya, tentu saja tetap dengan syarat yakni harus dalam cuaca yang cerah.

 

Keseruan masih berlanjut, bahkan dalam perjalanan pulangpun kamu bisa mampir ke beberapa pulau sekaligus dalam satu rute

Ketika Dolaners sudah dalam perjalanan pulang dari berlibur dan mengukir kenangan di Pulau Kenawa, bukan berarti keseruan sudah berakhir. Ketika Dolaners sedang dalam perjalanan pulang, pastilah melewati perairan Sumbawa. Nah disini lah letak keistimewaan itu, di perairan ini terdapat beberapa gugusan pulau kecil nan menakjubkan dan menarik untuk ditelisik. Seperti Pulau Paserang dan Pulau Ular. Tak kalah, jika Dolaners berlayar menuju arah Lombok, maka bisa menemukan banyak pulau yang ada di sekitar Lombok Timur. Yakni ada Gili Kapal, Gili Bidari dan Gili Kondo. Jadi dalam perjalanan pulang, 5 hingga 7 pulau sekaligus bisa Dolaners lampaui seketika waktu. Ajaib sekali bukan berlibur ke Pulau Kenawa ini?

 

GALERI FOTO PULAU KENAWA

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.