Pulau Menjangan, Surga Sempurna yang Terpampang Nyata di Bali Barat

Jika berbicara tentang liburan, memang tak bisa jika melewatkan Pulau Bali dari pembicaraan. Ya, Pulau Para Dewa ini memang sudah sejak lama menjadi salah satu destinasi tujuan bagi Dolaners yang sedang merencanakan liburan. Tak hanya dari dalam negeri saja, Pulau Bali juga sudah menjadi favorite banyak turis mancanegara. Menyimpan berjuta pesona bagi siapa saja yang mengunjunginya tak heran jika Bali selalu mendapatkan tempat di hati yang pernah mengunjunginya. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, sampai wisata religi, semua tersedia di sini. Bahkan ada sebuah tempat di Pulau Bali yang disebut sebut sebagai surga tersembunyi. Disebut demikian karena memang keindahannya tak cukup jika hanya digambarkan dengan kata kata. Apalagi tempat yang satu ini masih sangat alami dan belum banyak dijamah oleh tangan tangan manusia. Dimanakan tempat surga tersembunyi itu? Dan apa keindahan seperti apa yang dihadirkan? Mari kita menjelajahi Pulau Dewata Bali bersama sama.

Perkenalkan ini dia Pulau Menjangan yang sedang kita perbincangkan.

Pulau Menjangan Pulau Menjangan - Dolan Dolen

Pulau Menjangan via anekatempatwisata.com

Bali tak hanya melulu tentang pantai kuta dan sanur. Di wilayah Bali Barat ada sebuah tempat yang akan membuat Dolaners terkesima pada pandangan pertama. Pulau Menjangan namanya. Disebut sebut bahwa pulau yang satu ini adalah definisi sempurna dari keindahan panorama bawah laut dengan hamparan pasir putih yang masih alami dan keanekaragaman hayati laut yang sangat berlimpah. Nama ‘menjangan’ sendiri sebenarnya berasal dari Bahasa Jawa yang berarti hewan kijang atau rusa. Dinamakan demikian, karena memang setiap musim semi banyak kawanan rusa liar yang berenang ke pulau ini dengan jarak tempuh 1,2 mil. Di pulau ini terdapat banyak rusa liar yang hidup bebes. Namun sayang, semakin lama jumlahnya semakin menurun. Keberadaan rusa rusa inilah yang mendorong pemerintah menjadikan Pulau Menjangan sebagai Taman Nasional Bali Barat. Ini merupakan upaya pemerintah untuk membangun konservasi guna menjaga kelestarian rusa dan keanekaragaman hayati yang ada di pulau ini.

 

Sebelum memulai petualanganmu di Pulau Menjangan, Dolaners wajib memiliki perencanaan yang matang!

Dermaga Pulau Menjangan Dermaga Pulau Menjangan - Dolan Dolen

Dermaga Pulau Menjangan via banyuwangi.club

Sebelum memutuskan untuk pergi ke suatu tempat, Dolaners harus mengetahi lokasi, akses serta seluk beluk tentang tempat tersebut. Begitu juga jika Dolaners akan berlibur ke Pulau Menjangan. Harus memiliki perencanaan yang matang terlebih dahulu. Pulau menjangan sendiri terletak di sebelah utara kawasan Taman Nasional Bali Barat. Tepatnya di Desa Klampok, Kecamatan Grokgak, Kabupaten Buleleng, Bali, atau sekitar 60 km dari Lovina.

Jika berangkat dari Denpasar, Dolaners bisa mengambil rute Denpasar – Tabanan – Selemadeng – Pupuan – Seririt – Menjangan. Dengan waktu tempuh sekitar 4 jam perjalanan, Dolaners akan disuguhi pemandangan hijaunya sawah khas Bali dan laut yang biru.
Disarankan untuk menggunakan transportasi pribadi agar lebih efisien. Namun bagi Dolaners yang ingin menggunakan transportasi umum, dapat memulai perjalanan dari Gilimanuk.

Untuk mencapai Pulau Menjangan, Dolaners harus menyeberang dengan kapal motor (boat) selama 30 – 45 menit dari Pelabuhan Lalang. Selama perjalanan nanti Dolaners akan disuguhi oleh pemandangan gunung api di Jawa Timur sampai Prapat Agung yang dipadukan dengan laut biru jernih. Di Pelabuhan Lalang, fasilitas yang disediakan sudah lengkap, seperti restoran, penginapan, bar, dan masih banyak lagi.

Rincian harga yang dipatok untuk menyewa kapal sekitar Rp. 400.000,- hingga Rp. 600.000,- per hari. Harga tersebut masih bisa Dolaners tawar dan agar lebih murah, Dolaners bisa bergabung ddan patungan dengan kelompok lain. Sedangkan harga tiket masuk ke kawasan Pulau Menjangan cukup murah, yakni hanya Rp. 2.500,- per orang dan Rp. 4.000,- untuk asuransi. Sedangkan untuk menyewa guide, Dolaners bisa merogoh kocek sekitar Rp. 100.000,- satu pemadu bisa digunakan untuk satu rombongan.

 

Hamparan surga bawah laut Menjangan siap menyambut kedatangan Dolaners.

Bawah Laut Pulau Menjangan Bawah Laut Pulau Menjangan - Dolan Dolen

Bawah Laut Pulau Menjangan via arnisabuya.wordpress.com

Dari kejauhan jernih birunya laut Pulau Menjangan sudah bisa Dolaners lihat dengan kesua mata. Dan benar saja begitu sampai di pulau cantik satu ini, Dolaners akan dibuat takjub seolah sedang berada di negeri dongeng yang sempurna tanpa cacat sedikit pun. Selain pemandangan daratan yang mukau, pemandangan bawah laut Pulau Menjangan juga tak kalah mempesonakan hati siapa saja yang melihat. Pulau Menjangan dikelilingi oleh terumbu karang dengan berbagai formasi dan bentuk. Formasi batuan karang sedalam 60 meter ini membentuk gua kecil dan gua-gua besar yang memiliki fungsi sebagai habitat terumbu karang seperti karang lunak, kerapu besar, dan belut moray. Di dalam gua-gua kecil ini nantinya Dolaners akan menemukan kakap kecil dan batfish yang berenang hilir mudik. Dasar laut pulau ini juga kaya akan spesies barrel sponges dan sea fans dengan ukuran yang sangat besar. Di lokasi kedalaman ini juga merupakan tempat hidup bagi spesies tuna, gerombolan jackfish, batfish, angelfish, penyu laut, dan juga hiu. Sungguh sangat menarik hati sekali bukan? Oh ya, waktu yang dianjurkan untuk mengunjungi Pulau Menjangan ini pada bulan April hingga November.

 

Pulau Menjangan bagaikan surga bagi pecinta diving dan snorkeling.

Snorkeling Pulau Menjangan Snorkeling Pulau Menjangan - Dolan Dolen

Snorkeling Pulau Menjangan via menjanganandtabuhan.blogspot.co.id

Berada di pulau seindah Menjangan, tentu saja diving dan snorkeling adalah kegiatan yang tak bileh Dolaners lewatkan begitu saja. Namun ingat, sebelum memutuskan untuk diving atau snorkeling jangan lupa untuk menyiapkan peralatan peralatan yang mendukung aktivitas tersebut agar lebih aman. Peralatan diving dan snorkeling dapat Dolaners sewa di resort terdekat sebelum menyeberang ke pulau ini. Selain kedua olah raga air tersbut, Pulau Menjangan juga terkenal dengan wall-divingnya. Wall-diving adalah salah satu jenis kegiatan menyelam pada kedalaman dengan mengikuti lajur tebing bawah laut. Tebing bawah laut di Pulau Menjangan memiliki kedalaman 20 hingga 60 meter, bahkan lebih. Meskipun terkenal dengan wall diving-nya, Pulau Menjangan memiliki banyak terumbu karang dengan kedalaman mulai 10 meter. Disini, Dolaners akan menemukan banyak ikan jenis gorgonial fanfish. Kondisi perairan di sini cukup tenang sehingga jarak pandang Dolaners bisa mencapai 50 meter di dalam kondisi cuaca tertentu. Bahkan ada 3 spot diving yang menjadi favorite para pecinta kegiatan menyelam di Pulau Menjangan ini, yakni :

  • Spot Eel gardens
    Eeel gardens adalah spot diving yang terletak di bagian barat Pulau Menjangan. Spot ini sering disebut sebagai spot diving terbaik di Pulau Menjangan. Di spot ini terdapat banyak sekali kumpulan garden eel dan sea fans, sesuai dengan nama spotnya. Diving akan dimulai pada kedalaman dinding karang sekitar 40 meter yang kaya akan gorgonia dan biota laut lainnya.
  • Spot Secret Bay
    Secret Bay adalah lokasi yang tepat bagi Dolaners para pecinta macro diving karena di lokasi ini perairan cukup dangkal dengan beragam terumbu karang dan memiliki pasir berlumpur di dasar lautnya. Di pasir vulkanis ini hidup berbagai biota laut yang langka dan endemik. Lokasi ini adalah lokasi yang masih sangat alami di Pulau Menjangan dan belum banyak terjamah. Hanya dengan kedalaman 10 meter, Dolaners sudah bisa menemukan nudibranch, frogfish, shrimpfish, seahorses, dragonets, pipefish, lionfish, udang laut, belut pita dan masih banyak lagi spesies lainnya. Waktu yang dianjurkan untuk menyelam di spot ini adalah saat gelombang tinggi dan sirkulais bulan berada pada posisi yang tepat pula. Sangat disarankan bagi Dolaners untuk menggunakan pakaian selam (wetsuit) yang bagus karena suhu air di sini bisa lebih dingin dibandingkan perairan Bali lainnya.
  • Spot Anchor Wreck
    Anchor Wreck adalah lokasi diving yang dianjurkan bagi para penyelam yang telah berpengalaman dan cukup profesional. Dengan kedalaman sekitar 45 meter, lokasi ini menawarkan keunikan bangkai kapal yang telah berkarat lengkap dengan jangkarnya. Menurut masyarakat luas, kapal ini adalah kapal laut Belanda yang tenggelam pada abad ke- 19 saat Perang Dunia II. Kapal ini disebut sebagai Kapal Anker atau Kapal Budak, karena diduga kapal ini mengangkut budak dari Bali menuju Jakarta. Jika menyelam ke kapal ini, Dolaners akan menemukan peti dengan isi perabotan perabotan keramik yang telah ditumbuhi karang lunak dan juga penyu bahkan hiu yang sedang berenang.

 

Tak perlu resah memikirkan tempat menginap, di Pulau Menjangan semua telah tersedia.

Penginapan Pulau Menjangan Penginapan Pulau Menjangan - Dolan Dolen

Penginapan Pulau Menjangan via balimediainfo.com

Puas bermain main di Pulau Menjangan ini, Dolaners tak perlu dipusingkan dengan memikirkan tempat bermalam. Karena di Pulau Menjangan ini telah berdiri beberapa penginapan dan resort yang dapat Dolaners jadikan pilihan, seperti The Menjangan Resort, Mimpi Resort Menjangan, Taman Sari Bali Resort and Spa, dan Pondok Sari Beach & Bungalow Resort. Dari keempat penginapan dan resort ini yang memiliki fasilitas paling lengkap dan menjadi yang terfavorite adalah The Menjangan Resort. Sebelum menginpa, jangan lupa melakukan pemesanan kamar terlebih dahulu agar Dolaners tidak kehabisan kamar untuk menginap.

 

GALERI FOTO PULAU MENJANGAN

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.