Semarang Gak Cuma Terkenal Alamnya, Tapi Juga Sejarahnya. Yuk Ngintip!

Semarang merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga termasuk salah satu kota wisata yang menjadi jujukan para Dolaners. Selain wisatanya, kota Lumpia ini juga msih sangat menjaga kebudayaannya. Di Semarang ini memang tak kalah dengan Kota Jogja yang memiliki banyak tempat bersejarah. Semarang juga memiliki beraneka ragam wisata bangunan yang menjadi saksi bisu sejarah. Berikut adalah wisata bangunan bersejarah yang patut untuk Dolaners eksplore.

1. Monumen Tugu Muda, sebuah icon kota bersejarah

Sebuah kota memang tak bisa dipisahkan dari sebuh tugu yang menjadi ciri khas kota tersebut. Begitu juga semarang yang tidak bisa lepas dari Tugu Muda-nya. Tugu Muda Semarang merupakan tempat favorit bagi masyarakat terutama para kawula muda untuk berkumpul dan menghabiskan malam. Disini Dolaners bisa menikmati indahnya suasana Kota Semarang yang terkenal akan bangunana history-nya. Dolaners bisa menikmati aneka bangunana peninggalan kolonial Belanda yang masih berdiri kokoh hingga sekarang.

Monumen Tugu Muda Monumen Tugu Muda Cover - Dolan Dolen

Monumen Tugu Muda via wikimedia.org

Selain berfoto foto ria, disini Dolaners juga bisa bercanda gurau sembari duduk duduk di kursi kursi yang memang sengaja disediakan pemerintah setempat untuk menikmati keindahan icon kota Semarang ini. Tidak hanya itu saja, Dolaners juga bisa berwisata kuliner, karena memang di kawasan Tugu Muda Semarang banyak terdapat tempat kuliner.

Alamat :
Jl. Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah, Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Lihat Detail

 

2. Goa diatas bukit dengan pemandangan danau disekitarnya, Goa Kreo

Goa Kreo merupakan goa yang terbentuk secara alami tanpa campur tangan manusia. Goa ini terletak di sebuah bukit yang menghadap langsung ke sebuah danau. Hal ini sudah barang tentu menjadikan tempat ini memiliki keindahan yang luar biasa. Untuk sampai ke mulut goa Dolaners harus menyusuri puluhan anak tangga terlebih dahulu. Goa yang menjadi sarang puluhan kera liar ini juga memiliki sebuah air terjun kecil yang indah. Dolaners bisa bermain-main dan menikmati udara sejuk secara bebas. Sebuah pemandangan yang sulit di temui di kota besar.

Goa Kreo Goa Kreo Cover - Dolan Dolen

Goa Kreo via putrinadhiafeb.blogspot.co.id

Disamping memiliki pemandangan yang indah Goa Kreo juga dilengkapi sarana-sarana lain, seperti tempat bermain anak seperti ayunan, papan luncur, dan lain lain.

Alamat :
Jl. Talun Kacang, Gn. Pati, Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Jam Buka :
08.00 – 18.00 WIB
Harga Tiket :
Rp. 4.000,-

Lihat Detail

 

3. Masjid Agung Semarang dengan payung hidroliknya yang menyerupai Masjidil Haram

Masjid Agung Semarang merupakan sebuah masjid yang tidak hanya menjadi kebanggana kota Semarang, namun bisa dikatakan juga masyarakat Jawa Tengah. Masjid luas ini memiliki kemegahan yang tak kalah dengan masjid masjid di kota besar. Di Masjid Agung Semarang ini Dolaners tidak hanya bisa menunaikan ibadah sholat saja namun juga bisa menambah ilmu pengetahuan. Pasalnya di area masjid ini terdapat sebuah menara yang diberi nama Menara Asmaul Husna yang mana di dalam menara tersebut tepatnya di lantai 3 dan 4 terdapat sebuah perpusatakaan yang berisi banyak buku pengetahuan tenatng islam. Terdapat pula sebuah al-qur’an berukuran raksasa.

Masjid Agung Semarang Masjid Agung Semarang Cover - Dolan Dolen

Masjid Agung Semarang via flickr.com/photos/dzaia-bs

Tidak hanya itu saja ada juga lantai menara paling atas yang menjadi tempat paling favorite pengunjung. Dari sini Dolaners bisa menikmati pemandangan kota Semarang dengan ditemani semilir angin yang sejuk. Sungguh wisata religi yang patut untuk Dolaners kunjungi.

Alamat :
Jagalan, Semarang Tengah, Sambirejo, Gayamsari, Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Lihat Detail

 

4. Wow… Pagoda Buddhagaya Watugong, seperti sedang berada di Thailand

Vihara Buddhagaya merupakan tempat beribadah sekaligus berwisata bagi Dolaners yang kebetulan sedang mampir di kawasan Banyumanik, Semarang. Didalam Vihara ini terdapat Patung Dewi Kwan Im yang besar sekali, disini juga Dolaners dapat melakukan Ciam Si yaitu bertanya kepada Dewi Kwan Im dengan menggunakan peralatan yang sudah disediakan disana. Jika pertama Dolaners melempar sepasang batu, dan apabila posisi batu pada saat jatuh dengan posisi terbuka 1 artinya diijinkan bertanya, namun apabila tertutup berarti tidak diijinkan sedangkan apabila batu posisinya terbuka semua saat jatuh berarti dapat diulang kembali.

Pagoda Buddhagaya Watugong Pagoda Buddhagaya Watugong Cover - Dolan Dolen

Pagoda Buddhagaya Watugong via yogyakarta.panduanwisata.id

Di sana Dolaners juga bisa mendengar sejarah awal mula dibangunnya Vihara ini dari sang penjaga Vihara. Tidak lupa di area Pagoda ini Dolaners bisa mengabadikan setiap moment dengan spot spot menarik yang sayang untuk dilewatkan.

Alamat :
Pudakpayung, Banyumanik, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Jam Buka :
07.00 – 21.00 WIB

Lihat Detail

 

5. Menguji nyali di Lawang Sewu Semarang

Berlibur di Kota Semarang, kurang afdol rasanya jika belum menginjakkan kaki sekaligus merasakan atmosfir Lawang Sewu. Mendengar nama Lawang Sewu, mungkin yang terbersit adalah wisata misterinya. Karena memang di lawang sewu ini sering dijadikan tempat untuk syuting film horor. Bagi Dolaners yang ingin berjuji nyali, Dolaners bisa mengunjungi penjara bawah tanah yang terdapat di area lawang sewu ini.

Lawang Sewu Semarang Lawang Sewu Semarang Cover - Dolan Dolen

Lawang Sewu Semarang via swaralakbok.wordpress.com

Namun tidak hanya wisata mistisnya saja, ada beberapa spot yang sangat bagus untuk berfoto di Lawang Sewu. Salah satunya di lantai 2 pada sebuah teras yang langsung menghadap ke Tugu Muda. Dolaners akan mendapatkan sebuah angle foto berbackground museum Mandala Krida, Wisma Perdamaian dan Tugu Muda akan kelihatan sangat indah. Sangat menarik dan layak untuk dicoba. Tak heran jika di Lawang Sewu ini sering dijadikan tempat untuk pengambilan foto pre wedding.

Alamat :
Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Jam Buka :
07.00 – 21.00 WIB
Harga Tiket :
Dewasa : Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

6. 9 candi di atas bukit, Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo merupakan sebuah kompleks peninggalan dari kerajaan Hindu di zaman dahulu. Di namanakan Gedong Songo karena memang dalam satu kompleknya terdapat 9 candi. Candi ini terletak di kawasan perbukitan Unggaran. Selain tentunya berwisata sejarah, di kawasan wisata Candi Gedong Songo ini Dolaners juga bisa melakukan beragam kegiatan alam terbuka seperti out bound, berkemah ataupun mandi air panas, karena di komplek ini juga disediakan pemandian air panas yang bersumber dari panas bumi.

Candi Gedong Songo Candi Gedong Songo Cover - Dolan Dolen

Candi Gedong Songo via visualmemori.wordpress.com

Dolaners juga bisa naik kuda sambil berkelilingi menikamti suasana yang ada di kawasan Candi Geding Songo ini.

Alamat :
Desa Candi, Kec. Bandungan, Banyukuning, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Jam Buka :
06.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket :
Wisatawan Domestik : Rp. 7.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 35.000,-

Lihat Detail

 

7. Tempat beribadah yang penuh dengan sejarah, Klenteng Sam Po Kong

Kota Semarang memang tidak bisa dipisahkan dari sejarah masyarakat Tionghoa nya. Tak heran jika di kota ini terdapat beberapa tempat ibadah masyarakat Tionghoa yang masih digunakan hingga sekarang. Klenteng Sam Poo Kong selain merupakan tempat ibadah dan ziarah juga merupakan tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi. Tempat ini dikenal juga dengan sebutan Gedong Batu. Di halaman yang cukup luas di depan kelenteng, terdapat sejumlah patung, termasuk patung Laksamana Cheng Ho, yang cukup menarik untuk dinikmati. Di sinilah Dolaners bisa menyaksikan atraksi-atraksi kesenian berupa tari tarian, barongsai atau bentuk kesenian lain digelar untuk memperngati hari hari bersejarah yang berhubungan dengan Cheng Ho atau budaya China.

Klenteng Sam Po Kong Klenteng Sam Po Kong Cover - Dolan Dolen

Klenteng Sam Po Kong via wisatadisemarang.com

Selain melihat kemegahan bangunan klenteng, Dolaners juga bisa berfoto dengan kostum khas Tionghoa. Dengan menbayar Rp. 80.000,- untuk menyewa kostum dan bisa berfoto di lokasi yang Dolaners inginkan.

Alamat :
Jl. Simongan Raya No.129, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 3.000,-

Lihat Detail

 

8. Masjid Layur yang masih mempertahankan arsitektur Jawa-nya

Selain Masjid Agung yang terkenal dengan arsitekturnya yang menyerupai Masjidil Haram di Mekkah. Kota emarang juga masih memiiliki masjid lain yang tak kalah bersejarah. Salah satunya adalah Masjid Layur. Tidak seperti masjid kebnayakn yang bergaya arab, Masjid Layur ini memiliki memiliki lebih banyak unsur lokal. Lantai bangunan setangkup tersebut dinaikkan dan hanya dapat dicapai dengan tangga yang terdapat pada sisi muka. Walaupun sudah dimakan usia namun masjid ini masih kokoh dan masih digunakan oleh masyarakat sekitar untuk beribadah. Sampai sekarang masjid ini masih terus dirawat oleh yayasan masjid setempat sebagai upaya pelestarian sejarah dan sebagai masjid tua kebanggaan Kota Semarang.

Masjid Layur Semarang Masjid Layur Semarang - Dolan Dolen

Masjid Layur Semarang via faizrahmaan.com

Secara menyeluruh Masjid Layur masih asli seperti pertama kali dibuat, hanya ada sedikit perbaikan seperti penggantian genteng dan penambahan ruang untuk pengelola pada sisi kanan kompleks masjid.

Alamat :
Jalan Layur, Kelurahan Dadapsari, Semarang Utara, Jawa Tengah – Indonesia

 

9. Kompleks Instagram-able ala ala luar negeri, Kota Lama Semarang

Bagi Dolaners yang mempunyai hoby fotografi, Kota Lama Semarang wajib untuk Dolaners kunjungi. Pertama-tama Dolaners bisa mengunjungi Stasiun Tawang yang masih nampak megak dengan kubah besar di tengahnya. Di depannya terdapat Polder Air Tawang yang berfungsi sebagai pusat pengendali banjir dan penampungan air sebelum dialirkan ke laut. Di seberangnya terdapat Pabrik Rokok Praoe Lajar yang merupakan pabrik rokok indie yang beroperasi sejak jaman pemerintahan Belanda sampai sekarang. Bangunannya pun masih terawat sampai saat ini.

Kota Lama Semarang Kota Lama Semarang Cover - Dolan Dolen

Kota Lama Semarang via klikhotel.com

Tidak jauh dari situ terdapat gedung Marabunta dengan ciri khas semut besar di kedua atapnya. Gedung ini dulunya merupakan gedung pertunjukan. Ada juga gedung Marba yang terdapat di salah satu sudut area Kota Lama ini dengan ciri khas warna merah marun di dinding luarnya. Dari situ sudah nampak Gereja Blenduk yang sudah berusia lebih dari 2,5 abad. Berjalan ke arah Barat Dolaners akan menemui Jembatan MBerok yang dulunya merupakan salah satu pintu gerbang untuk masuk ke kawasan gedung-gedung “Belanda” ini.

Alamat :
Jl. Letjen Suprapto, Semarang Utara, Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Lihat Detail

 

10. Berkunjung ke Museum Ronggowarsito, museum terlengkap di Semarang

Museum Ronggowarsito merupakan sebuah museum yang bisa dibilang terlengkap di Kota Semarang. Di Museum ini Dolaners bisa menemukan aneka jenis wayang wayangan. Selain itu, Dolaners juga akan menemukan lukisan alam semesta, bebatuan meteroit, zaman prasejarah, peradaban Hindu-Budha serta perjuangan kemerdekaan semasa perjuangan fisik dan diplomasi. Terdapat sebuah ruangan yang disana Dolaners bisa menemukan ragam keris peninggalan dari Jawa Tengah.

Museum Ronggowarsito Museum Ronggowarsito - Dolan Dolen

Museum Ronggowarsito via 1001wisata.com

Tak sampai disitu saja, Dolaners bisa mengunjungi wahana 3 dimensi. Hanya dengan Rp. 10.000, Dolaners dapat menonton film prasejarah berdurasi sekitar 20 menit. Dolaners juga bisa memilih film yang akan Dolaners tonton seperti film tentang pembuatan candi borobudur, proses terjadinya gunung melutus, penemuan candi, dsb, tergantung dari permintaan pengunjung.

Alamat :
Jl. Abdul Rahman Saleh No.1, Semarang Bar., Kota Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Jam Buka :
08.00 – 16.00 WIB
Harga Tiket :
Dewasa : Rp. 4.000,-
Anak anak : Rp. 2.000,-

Lihat Detail

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.