Sembuhkan Luka Hati di Pulau Bira Atas Pahitnya Kekecewaan Cinta

Tak ada habisnya memang berbicara soal ragam pulau yang ada di Indonesia. Pantas memang jika ibu pertiwi kita tercinta ini, Indonesia di sebut sebagai negara kepulauan. Dari kota Sabang di bagian paling barat hingga kota Merauke di timur terbentang puluhan ribu pulau. Di sini lah bisa dikatakan bahwa hal ini menjadikan Indonesia memiliki potensi pariwisata yang besar. Bukan tidak mungkin bila pengelolaan pariwisata di Indonesia diutamakan maka Indonesia bisa mengalahkan negara pariwisata lain. Bahkan digadang gadang bahwa pariwisata di Indonesia merupakan miniatur dari wisata yang ada di dunia. Nah kali ini, kita bakal ngasih kamu rekomendasi wisata ke salah satu pulau di Indonesia. Mau tau kemana kita bakal pergi? Yuks mari dolen bersama para Dolaners.

Perkenalkan si perawan dari Kepulauan Seribu di Jakarta, Pulau Bira.

Pulau Bira Kepulauan Seribu Pulau Bira Kepulauan Seribu - Dolan Dolen

Pulau Bira Kepulauan Seribu via panoramio.com/user/3388579

Salam kenal dari Pulau Bira, sebuah pulau yang masuk dalam keluarga kepulauan seribu di Jakarta. Pulau Bira memiliki luas sekitar 14 hektare. Tergolong sebagai pulau kosong yang tak memiliki masyarakat penghuni tetap menjadikan Pulau Bira masih tergolong sebagai pulau perawan. Karena masih tergolong gugusan Kepulauan Seribu, maka secara administratif Pulau Bira termasuk dalam wilayah Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu yang berada di provinsi DKI Jakarta. Jadi kalau Dolaners berfikir bahwa di kota metropolitan seperti Jakarta, kita hanya bisa melihat macet dan gedung gedung tinggi pencakar langit, maka Dolaners salah besar. Di kota sesibuk Jakarta, kamu para Dolaners juga bisa kok menikmati wisata alam yang tak kalah dengan kota kota lain. Apalagi saat ini pemerintah sedang gencar gencarnya membangun infrastruktur untuk mengembangkan Pulau Bira akar lebih dikenal di mancanegara.

 

Tak gampang untuk bisa menginjakkan kaki di Pulau Bira, butuh perencanaan yang matang.

Dermaga Pulau Bira Dermaga Pulau Bira - Dolan Dolen

Dermaga Pulau Bira via untung09.wordpress.com

Datang untuk berlibur ke suatu tempat yang belum pernah kita datangi memang tak boleh asal berangkat. Harus memiliki perencanaan yang matang, ntar itu dari segi akomodasi, transportasi, bagaimana keadaan cuaca disana, bahkan mungkin samapai kapan waktu terbaik untuk berkunjung ke sana. Begitu juga jika para Dolaners ingin berlibur ke Pulau Bira, meski letaknya berada di provinsi DKI Jakarta yang merupakan kota besar dengan segala fasilitasnya yang gampang didapat, namun Dolaners tetap harus memiliki pengetahuan tentang Pulau Bira di Kepulauan Seribu. Dan salah satu faktor terpenting yang harus Dolaners tahu adalah How to get there?

Berangkat dari kota Jakarta Dolaners bisa menuju ke Pelabuhan Muara Angke Jakarta. Dari pelabuhan sini lah pertualangan menyenangkan Dolaners dimulai. Perjalanan tak terlupakan akan Dolaners tempuh. Untuk bisa menuju ke Pulau Bira ini Dolaners perlu naik perahu bermotor yang memang sehari hari mengantarkan para wisatawan berkunjung ke kawasan Kepulauan Seribu. Perahu bermotor ini mampu menampung sekitar 200 penumpang sekaligus sekali jalan. Biaya yang harus Dolaners bayarkan untuk naik perahu bermotor ini juga tergolong sangat murah, yakni hanya sekitar Rp. 20.000,- saja. Dolaners akan menempuh perjalanan kurang lebih 2 hingga 3 jam. Namun, tak perlu khawatir merasa bosan selama diperjalanan. Hal ini dikarenakan Dolaners akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang indah nan menyejukkan mata, sembari melewati beberapa pulau seperti Pulau Pramuka, Pulau Air, Pulau Macan.

 

Kamu akan dibuat jatuh cinta begitu melihat putihnya pasir dan birunya air laut Pulau Bira.

Air Laut Pulau Bira Air Laut Pulau Bira - Dolan Dolen

Air Laut Pulau Bira via eagleadventure.weebly.com

Dari kejauhan sebelum sampai, Dolaners sudah bisa melihat sebuah pulau indah dengan hamparan pasir putihnya dan birunya air laut yang mengelilingi pulau cantik tersebut. Ya, itu dia Pulau Bira. Riak ombak kecil seakan melambaikan tangan tanda selamat datang. Dan begitu Dolaners menginjakkan kaki di Pulau Bira ini, atmosfir kenyamanan akan semakin terasa. Putiran pasir halus berwarna putih yang terkena telapak kaki seakan membuat kegelian terendiri. Sembari mencelupkan tangan ke areal pinggir pulau dan menikmati kesegaran air yang dibilaskan ke wajah. Saking beningnya air, Dolaners bisa memanfaatkannya layaknya sebagai cermin. Bayangan tubuh yang terpantul di air seolah sedang bertaka ‘aku sangat betah berada di surga kecil ini’.

 

Berkenalan dengan biota laut Pulau Bira bakal jadi pengalaman indah yang tak terlupakan seumur hidup kamu.

Berlibur kesuatu pulau sudah pasti kegiatan yang ditunggu adalah bermain di pantainya. Begitu juga ketika berada di Pulau Bira. Pulau yang memiliki keindahan khas yang tak kalah dengan pulau pulau cantik di Indonesia bagian barat maupun timur ini memiliki semua keindahan khas pulau pada umunya. Salah satunya adalah keindahan bawah lautnya. Beningnya air yang seperti kaca akan mampu membuat sinar matahari menembus sampai ke dasar. Ombaknya yang tenang menjadikan Pulau Bira cocok dijadikan tempat snorkeling dan diving. Ya, memang dua kegiatan favorite ini menajdai hal yang sayang untuk dilewatkan. Keindahan alam bawah lautnya yang berwarna warni sangat cantik. Ikan ikan yang berlarian dan bermain petak umpet diantara hamparan tumbuhan laut menjadi bonus bagi setiap Dolaners yang menyelam. Selain menyelam dan berenang, duduk manis di tepi dermaga sembari menikmati keindahan alam sekitar juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

 

Mumpung masih sepi dari serbuan pengunjung, buruan abadikan moment indahmu di Pulau Bira. Berfoto layaknya di pulau pribadi, instagrammu dijamin bakal banjiri likers.

Keindahan Pulau Bira Keindahan Pulau Bira - Dolan Dolen

Keindahan Pulau Bira via untung09.wordpress.com

Belibur memang saat yang paling menyenangkan dalam hidup. Selain senang mandapatkan pengalaman dan pelajaran baru, yang tak kalah menyenangkan adalah bisa hunting foto. Ya, berburu foto memang sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan di zaman sekarang. Apalagi jika berfoto di tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya, wah.. dijamin memory kamera bisa sampek full. Nah, berada di Pulau Bira ini salah satunya. Ketika disini dijamin kegiatan yang paling banyak Dolaners lakukan adalah berfoto. Bagaimana tidak, pulaunya masih sangat jarang dikunjungi alias masih sepi, panorama pun mendukung, udah fix banget buat foto foto. Cerahnya langit, birunya air, hijaunya pepohonan heningnya suasana seakan berkolaborasi menjadi backgroud yang bernilai seni tinggi. Berpose cantik menggunakan sunglasses lengkap dengan topi pantai layaknya sosialita yang sedang berada di pulau milik pribadi. Tinggal upload di instagram, udah deh. Dalam hitungan menit dijamin kamu bakal diserbu para likers. Ciyee, ada artis baru nih.

 

Tak perlu heboh mendirikan tenda, di sini sudah ada resort untuk bermalam loh!

Penginapan Pulau Bira Penginapan Pulau Bira - Dolan Dolen

Penginapan Pulau Bira via untung09.wordpress.com

Meski tergolong pulau yang kecil dan tidak memiliki masyarakat penghuni tetap, namun Pulau Bira sudah dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang bisa Dolaners gunakan untuk bermalam. Penginapan yang berada dekat dengan bibir pantai sehingga bisa langsung melihat panorama birunya air laut menjadi salah satu favorite di Pulau Bira ini. Dan uniknya lagi ada sebuah penginapan yang dilengkapi dengan fasilitas lapangan golf lengkap dengan sembilan hole-nya. Bagaimana modern banget kan Pulau Bira ini? Jadi kini Dolaners gak perlu susah payah bawak tenda cari rumah buat camping disini. Setelah lelah beraktivitas seharian di Pulau Bira, udah deh.. tinggal bobok nyenyak di penginapan yang nyaman ini. Sembari di temani suara deburan ombak, dijamin tidur Dolaners bakal nyenyak.

 

Puas melepas kegundahan hati di Pulau Bira, jangan lupa bawa pulang kembali sampahmu. Jangan ditinggal disana bersama kenangan kisah kasih mu yang terhempas di tengah jalan ya!

Sunrise Pulau Bira Sunrise Pulau Bira - Dolan Dolen

Sunrise Pulau Bira via untung09.wordpress.com

Berlibur memang bisa jadi merupakan kegiatan ampuh yang bisa membuat Dolaners menjadi lupa bagaimana rasanya dikecewakan oleh si dia yang kita cintai. Tak perlu khawatir, Pulau Bira adalah tempat yang tepat guna membuang rasa sakit di hati Dolaners. Ketika berada di pulau eksotik satu ini gunakan kesempatan ini sebaik baiknya untuk memulihkan luka Dolaners. Buang jauh jauh semua kenangan yang berhubungan dengan dia. Eits, tapi ingat cuman buang kenangan loh ya, bukan buang sampah! Jangan sekali kali kamu mengotori alam ini dengan sampah. Satu sampah saja akan merusak keindahan yang sudah diciptakan Tuhan untuk kita. Jangan lupa untuk selalu menjaga alam agar alampun tetap selalu tersenyum kepada kita.

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.