Setidaknya Sekali Seumur Hidup, Datanglah ke 8 Wisata Alam di Semarang ini.

Semarang merupakan ibu kota dari provinsi Jawa Tengah. Kota ini juga termasuk salah satu kota wisata yang menjadi jujukan para Dolaners. Di Semarang ini memang tak kalah dengan Kota Yogja yang memiliki banyak wisata pantai. Semarang juga memiliki beraneka ragam wisata alam populer yang patut untuk diperhitungkan keindahannya. Mulai dari wisata pesisir hingga perbukitan ada di sini. Berikut adalah wisata alam terpopuler yang wajib Dolaners datangi ketika sedang berada di Kota Semarang ini.

1. Kolam renang tertinggi yang ada di kota Semarang, Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti merupakan sebuah kawasan wisata alam di Semarang yang berlokasi di Pegunungan. Di Umbul Sidomukti Semarang ini selain melihat pemandangan yang menyejukkan mata dan pikiran, Dolaners juga bisa menikmati beragam wahana seperti Outbond Training, Adrenalin Games, Taman Renang Alam, Camping Ground, Pondok Wisata, Pondok Lesehan, serta ada pula Meeting Room. Ada empat buah kolam yang bertingkat dan dapat Dolaners pilih sesuai kedalaman yang diinginkan. Airnya sangat dingin, jernih dan menyegarkan. Taman renang alam Umbul Sidomukti terletak di lereng gunung ungaran dengan ketinggian 1200 dpl, tentu saja sudah terbayang view yang akan Dolaners dapatkan ketika sedang berada disini.

Umbul Sidomukti Umbul Sidomukti Cover - Dolan Dolen

Umbul Sidomukti via wego.co.id

Flying fox dengan panjang lintasan 110 meter, dengan jarak ketinggian dari titik terendah lembah sekitar 70 meter. Flying fox ini menyeberangi lembah, jadi Dolaners seakan berpindah dari lereng bukit ke bukit di seberang dengan bergantung pada dua utas tali dan pengaman serta helm.

Alamat :
Desa Sidomukti, Kec. Bandungan, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Jam Buka :
07.00 – 17.00 WIB
Harga Tiket :
Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

2. Keindahan Rawa Pening yang Melegenda

Rawa Pening merupakan sebuah danau yang dijadikan tempat wisata alam di kota Semarang. Panorama di sekitar Kampoeng Wisata Rawa Pening ini cukup indah dan menyegarkan. Udara di sini memang cukup segar. Dolaners bisa melihat sawah hijau yang terbentang dan pegunungan di sekelilingnya. Beberapa wahana permainan seperti bebek air, ATV, becak mini, perahu karet, serta wisata perahu mengelilingi Danau Rawa Pening juga tersedia di sini.

Rawa Pening Rawa Pening Cover - Dolan Dolen

Rawa Pening via rixxono.wordpress.com

Setiap wahana permainan tersebut tentunya dikenakan biaya. Untuk becak air biayanya sekitar Rp. 15.000,- untuk 15 menit dan ATV biayanya sekitar Rp. 30.000,- untuk 15 menit. Selain itu Dolaners juga bisa berkeliling Rawa Pening ini dengan naik perahu, biaya yang dipatok sekitar Rp. 30.000,- saja.

Alamat :
Waduk Rawapening, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Jam Buka :
08.00 – 21.00 WIB
Harga Tiket :
Rp. 2.500,-

Lihat Detail

 

3. Pantai dengan rumput ilalangnya yang instagram-able, Pantai Cipta

Jika Dolaners sedang berada di kota Semarang dan kebetulan ingin berlibur ke pantai. Pantai Ciptalah jawaban yang tepat. Mengapa ? karena pantai ini masih belum banyak terjamah oleh para Dolaners, sehingga masih tergolong sepi. Dalam hal ini liburan Dolaners akan lebih serasa private. Di Pantai Cipta ini Dolaners akan disuguhi pemandangan indah khas pantai lengkap dengan rumput ilalang yang tumbuh liar dan menjulang tinggi di pinggir pantai. Bagi Dolaners yang memiliki hoby fotografi, tempat ini sangat wajib untuk dikunjungi. Berfoto di semak ilalang inilah yang menjadikan Pantai Cipta berbeda dengan beberapa pantai lain di Semarang.

Pantai Cipta Pantai Cipta Cover - Dolan Dolen

Pantai Cipta via yogyakarta.panduanwisata.id

Tak hanya asyik digunakan sebagai tempat refresing dan selfie di Semarang, tapi duduk santai sembari menikmati sunset di tepian pantai juga dapat menjadi salah satu alternatif menyenangkan kala senja mulai tiba.

Alamat :
Belakang terminal peti kemas dekat Pelabuhan Tanjung Mas Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

4. Curug Lawe dan Benowo, sepasang air terjun yang tak bisa terpisah

Salah satu potensi wisata alam yang dimiliki Gunung Unggaran adalah air terjun. Curug Lawe dan Benowo merupakan dua air terjun yang dapat Dolaners temukan dalam sekali perjalanan petualangan ketika berada di Semarang. Setibanya di lokasi wisata alam, air terjun yang pertama akan Dolaners temukan bernama Benowo sedangkana 1 KM disebelah kanannya terdapat Air terjun Lawe. Dari kejauhan sudah terdengar riak-ria air yang mengalir deras, ini karena di area jalan setapak menuju objek utama terdapat sungai. Bak kapas yang membelit bebatuan maka itulah yang tergambar saat melihat jeram-jeramnya dengan aliran air yang membentur bebatuan. Jika beruntung, Dolaners bisa menyaksikan elang dan lutung yang terbang berkeliling di atas langit curug benowo.

Curug Lawe dan Benowo Curug Lawe dan Benowo Cover - Dolan Dolen

Curug Lawe dan Benowo via slamsr.com

Jangan lupa untuk membawa kamera kesayangan Dolaners ketika berkunjung ke Curug di Semarang ini, karena disini terdapat banyak spot menarik yang wajib untuk di abadikan.

Alamat :
Desa Kalisidi, Kec. Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 4.000,-

Lihat Detail

 

5. Air terjun dengan ketinggian 100 meter, Air Terjun Kali Pancur

Di kawasan Semarang memang terdapat banyak wisata alam air terjun yang bisa Dolaners eksplore keindahannya. Salah satunya adalah Air Terjun Kali Pancur yang memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Air Terjun ini berada pada punggungan Gunung Telomoyo yang mengarah ke Danau Rawa Pening. Sepanjang punggungan gunung ini selain terdapat air terjun juga memiliki banyak tebing batu andesit dengan ketinggian bervariasi dari 20 meter sampai 100 meter. Di Lokasi ini banyak para pecinta alam melakukan panjat tebing dengan kemiringan hampir 90 derajat.

Air Terjun Kali Pancur Air Terjun Kali Pancur Cover - Dolan Dolen

Air Terjun Kali Pancur via hellosemarang.com

Selain dihiasi relief bebatuan alam serta sejumlah tumbuh–tumbuhan perintis, tebing air terjun itu juga dipenuhi goa kecil tempat berteduh bagi burung walet. Jadi bagi Dolaners yang berkunjung ke Air TerjunKali Pancur ini, Dolaners tidak akan bosan karena disini tidak hanya menyaksikan derasnya air yang terjatuh dari ketinggian saja.

Alamat :
Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Semarang, Jawa Tengah
Harga Tiket :
Rp. 4.000,-

Lihat Detail

 

6. Serius Indonesia punya “Brown Canyon” ?

Tidak banyak yang tau bahwa Kota Semarang memiliki sebuah kawasan yang sangat mirip dengan kawasan di luar negeri. Ya, Brown Canyon namanya. Jika Dolaners berada disini, Dolaners akan serasa sedang berada di luar Indonesia. Keindahan panorama alam yang eksotik membuat Brown Canyon ini menjadi salah satu obyek wisata dan tempat yang terbaik bagi para pecinta fotografi karena memang lokasinya sangat instagram able sekali. Tebing-tebing yang menjulang tinggi dipadu dengan adanya pohon-pohon di puncaknya membuat tempat ini sebagai pemandangan yang sangat menarik dan sayang untuk tidak dikunjungi. Ketika Dolaners berkunjung ke tempat ini Dolaners layaknya sedang berada di luar Negeri, hal ini karena panoramanya yang menakjubkan.

Brown Canyon Brown Canyon Cover - Dolan Dolen

Brown Canyon via semarangplus.com

Jika Dolaners berkunjung di siang hari di jam jam kerja, Dolaners akan bisa melihat kegiatan para pekerja tambang di lokasi ini, karena memang ini lokasi penambangan yang masih aktif. Jadi disarakan Dolaners lebih baik berkunjung di sore hari.

Alamat :
Jl. Raya Lamongan, Kec. Demak, Semarang, Jawa Tengah – Indonesia

Lihat Detail

 

7. Wisata pantai dengan margasatwanya sekaligus di Pantai Marina

Pantai Marina merupakan salah satu pantai terfavorite bagi Dolaners yang sedang berlibur di Kota Semarang. Di pantai ini, Dolaners bisa naik perahu keliling pantai, memancing atau sekedar sekedar santai beristirahat sambil menikmati keindahan pantai dan deburan ombak. Dari geladak kapal, Dolaners akan menikmati keindahan tersendiri yang ada di Pantai Marina tersebut sambil menyaksikan kawasan Pelabuhan Tanjung Mas dan hutan bakau yang terlihat dari kejauhan. Di pinggiran Pantai Marina, berjajar beberapa gazebo lengkap dengan kursi yang memang disediakan khusus bagi wisatawan untuk menikmati keindahan pantai dari dekat.

Pantai Marina Pantai Marina Cover - Dolan Dolen

Pantai Marina via tentangnusantara.com

Di sekitar Pantai Marina Semarang ini juga terdapat area khusus yang menjadi tempat hidup beberapa satwa seperti rusa dan kancil. Kawasan ini juga menyediakan fasilitas kolam renang yang cukup unik, letaknya persis di tepi pantai dengan tiket masuk Rp. 30.000,-

Alamat :
Jalan Yos Sudarso (Komplek PRPP), Semarang, Jawa Tengah, Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 5.000,-

Lihat Detail

 

8. Kawasan penghasil ikan kerapu, Pantai Tirang

Nama Pantai Tirang mungkin masih terdengar asing di telinga Dolaners. Padahal pantai ini memiliki banyak potensi keindahan yang dapat menarik wisatawan. Pantai Tirang memiliki kawasan mangrove yang indah, hijau dan asri. Selain mangrove, di pantai ini juga banyak terdapat terumbu karang. Luas terumbu karang ini kurang lebih 240,70 hektar. Ada juga padang lamun seluas 29,07 hektar.

Pantai Tirang Pantai Tirang - Dolan Dolen

Pantai Tirang via retsu69.blogspot.co.id

Pantai Tirang juga merupakan pantai dengan spot terbaik untuk memancing. Ikan terpopuler yang bisa Dolaners dapatkan disini adalah ikan kakap putih dan ikan kerapu. Lokasi Pantai Tirang ini sendiri terletak di ujung landasan pacu Bandara Ahmad Yani Semarang. Kurang lebih berjarak 5 Kilometer dari Pantai Marina.

Alamat :
Tugurejo, Tugu, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.