Sudah Pernah ke Mataram Belum? Yuk Ngintip Kekayaan Potensi Alamnya yang Masyhur!

Berada di Pulau Lombok, pulau yang notabene sudah mendapat pengakuan bahwa menyimpan sejuta keindahan, tentu saja menjadikan Kota Mataram memiliki keuntungan yang tak ternilai. Seakan menjadi tempat yang komplite dengan beragam pariwisata, Kota Mataram ini sering menjadi jujugan bagi para Dolaners. Beragam potensi wisata alam ada disini, yang paling terkenal adalah wisata pantainya. Yuk mengintip kekayaan potensi wisata alam di Mataram terpopuler yang bisa Dolaners kunjungi selama berada disana.

1. Taman Air Mayura yang menyejukan mata

Taman Air Mayura di mataram ini sangat asri di mana terdapat banyak pepohonan dan tanaman lain yang masih terawat, seperti contohnya banyak pohon manggis yang masih suka berbuah dan bisa Dolaners nikmati bila sedang banyak buahnya. Suasana di taman ini memang dapat menenangkan pikiran Dolaners sambil bersantai-santai menikmati pemandangan yang asri jauh dari ramainya Kota Mataram. Ada lagi yang akan menarik perhatian Dolaners yaitu Bale Kambang atau juga banyak yang menyebutnya dengan nama Gili Kencana, yang merupakan sebuah bangunan mirip pendopo terbuka yang letaknya di tengah kolam dan disambungkan oleh jalan kecil dari pinggir ke tengah kolam. Letak bale ini sering menarik perhatian wisatawan yang betah berlama-lama di tengah bale karena suasana tenang dengan suara gemericik air.

Taman Air Mayura Taman Air Mayura - Dolan Dolen

Taman Air Mayura via photobucket.com/user/Kekunaan/library/

Taman Air Mayura Mataram ini juga sering dijadikan tempat pemotretan pre wedding, hal ini karena banyak spot menarik disini.

Alamat :
Jl. Purbasari, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

2. Yuks jogging di Pantai Loang Baloq

Mataram memang memiliki banyak destinasi pantai ayng bagitu indah. Di Pantai Loang Baloq Mataram, Dolaners bisa menikmati wisata di pantai dilengkapi dengan fasilitas taman air beserta jogging track. Tidak hanya itu, di tempat ini kamu juga bisa berwisata religi. Dolaners bisa jogging sore mengelilingi sebuah taman air yang cukup luas. Jogging track yang nyaman dengan jarak yang lumayan juga untuk satu putaran. Atau Dolaners bisa bermain sepeda air bebek yang terdapat di taman air.

Pantai Loang Baloq Pantai Loang Baloq - Dolan Dolen

Pantai Loang Baloq via lombok.biz

Sedangkan yang berminat wisata religi atau ziarah makam, bisa juga ke area makam. Cukup menyebrang jalan, area makam ini berhadapan dengan lokasi taman dan Pantai Loang Baloq. Ada beberapa makam tokoh di dalam komplek makam ini. Seperti Syeikh Gaus Abdur razak. Beliau adalah seorang tokoh penyebar agama Islam di Lombok.

Alamat :
Tanjung Karang, Sekarbela, Mataram, Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Lihat Detail

 

3. Wisata kuliner dulu ke Pantai Gading

Pantai Gading Mataram merupakan sebuah pantai yang tergolong dibuka oleh dinas pariwisata di Nusa Tenggara Barat ini. Pemerintah sengaja menata ulang pantai ini agar bisa menjadi salah satu destinasi unggulan di Kota Mataram. Beragam kegiatan bisa Dolaners lakukan ketika sedang berkunjung ke Pantai Gading ini, seperti bermain air, berenang, memancing, serta bermain pasir. Yang unik setelah Pantai Gading Mataram ditata dan dibuat lebih rapi, dibuat tulisan dengan huruf besar warna merah “PANTAI GADING”, ya sama seperti yang ada di Pantai Losari di Makassar. Sejak saat itu spot ini jadi spot wajib Dolaners yang sedang berkunjung ke Pantai Gading.

Pantai Gading Pantai Gading - Dolan Dolen

Pantai Gading via mataramkita.blogspot.co.id

Tak hanya itu saja di sepanjang pantai ini banyak terdapat kios kios pedagang makanan/minuman, mulai dari sate ikan, plecing, urap, mihun, mie rebus, es kelapa, jagung bakar/rebus, sampai seafood ada disini.

Alamat :
Jl. Lingkar Selatan, Mataram, Nusa tenggara Barat – Indonesia

Lihat Detail

 

4. Pantai Ampenan yang penuh dengan sejarah masa lalunya

Pantai Ampenan merupakan sebuah pantai yang berada di kawasan Kota Tua Ampenan, Mataram. Pantai ini dahulu merupakan sebuah pelabuhan bernama Pelabuhan Ampenan. Semasa masih menjadi pelabuhan, Pantai Ampenan merupakan tempat bersandarnya kapal-kapal baik dari dalam dan luar negeri. Namun, sejak dua tahun terakhir, Pemerintah Kota Mataram gencar melakukan penataan terhadap kawasan yang dahulunya sebagai Pelabuhan Ampenan Mataram. Kini pantai ini menjadi salah satu objek wisata menarik yang patut disambangi di Kota Mataram. Pantai ini juga sangat ramai di akhir pekan. Bahkan di bulan bulan tertentu Dolaners bisa mencoba surfing di Pantai Ampenan Mataram, tepatnya di kawasan pantai paling pojok kiri, pas di muara Sungai Jangkok Mataram.

Pantai Ampenan Pantai Ampenan - Dolan Dolen

Pantai Ampenan via triptrus.com

Di sepanjang pantai ini juga banyak terdapat kios kios pedagang makanan/minuman, mulai dari sate ikan, plecing, urap, mihun, mie rebus, es kelapa, jagung bakar/rebus, sampai seafood ada disini.

Alamat :
Jalan Pabean, Kec. Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Lihat Detail

 

5. Taman Narmada dengan danau cantik di tengahnya

Taman Narmada adalah salah satu tempat berlibur favorite yang bisa Dolaners kunjungi. Di bagian bawah dari taman Narmada Lombok ini terdapat tiga kolam yang yang mendapat air dari sumber mata air jernih dan wujudnya seperti danau yang indah.

Taman Narmada Taman Narmada - Dolan Dolen

Taman Narmada via loveindonesia.com

Di Taman yang asri ini beragam kegiatan bisa Dolaners lakukan, seperti bersantai menikmati kegiatan taman sembari menghirup udara segar, berkunjung ke Pura Kelasa dengan menaiki puluhan anak tangga, mengunjungi Balai Loji, Balai Teran, Telaga Padmawangi, dan Hakaman Bencingah. Bahkan Dolaners bisa melakukan aktivitas outbond seperti flying fox.

Alamat :
Jl. Ahmad Yani, Narmada, Lombok Barat, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia
Harga Tiket :
Wisatwan Domestik : Rp. 4.000,-
Wisatawan Mancanegara : Rp. 10.000,-

Lihat Detail

 

6. Pantai Tanjung Karang dengan Pura Agungnya

Pantai Tanjung Karang, merupakan salah satu pantai yang berada di Pulau Lombok tepatnya di Kota Mataram. Yang menjadi pantai ini istimewa adalah letaknya yang menghadap tempat ke gunung Agung Bali, sehingga setiap kali sore hari Daolaners yang datang bisa melihat keindahan panorama sunset yang menarik diufuk senja.

Pantai Tanjung Karang Pantai Tanjung Karang - Dolan Dolen

Pantai Tanjung Karang via cobadeh-ch.blogspot.co.id

Setiap harinya Dolaners yang datang ke Pantai Tanjung Karang ini cukup banyak, apalgi jika weekend tiba. Begitu Dolaners memasuki pantai yang masuk wilayah kelurahan Kekalik, Kota Mataram ini, Dolaners akan melewati semak belukar dan pohon Pandan liar yang banyak tumbuh disana selain pohon kelapa.

Alamat :
Kelurahan Tanjung Karang, Ampenan, Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

 

7. Pantai Penghulu Agung yang unik

Mataram memang mempunyai banyak wisata pantai yang memiliki keunikan tersendiri. Salah satunya adalah Pantai Pehulu Agung. Secara administrasi pantai ini terletak di kawasa Ampenan Selatan. Di Pantai Penghulu Agung ini Dolaners bisa bermain air, mandi, berenang, mancing, bermain pasir layaknya di pantai pantai lain. Yang lebih menarik disini Dolaners bisa melihat nelayan yang baru datang dari melaut, dan juga bisa membeli hasil tangkapan mereka yang berupa seafood.

Pantai Penghulu Agung Pantai Penghulu Agung - Dolan Dolen

Pantai Penghulu Agung via oneyrizky.blogspot.co.id

Tak lupa pula Dolaners juga bisa mengabadikan setiap moment, karena disini banyak spot spot menarik untuk di potret.

Alamat :
Ampenan Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

Lihat Detail

 

8. Wooooo…. ada Kangkung Sepanjang Kali Jangkok loh!

Kali Jangkok yang membelah Kota Mataram dengan daerah-daerah kecil di sekitarnya ternyata memiliki banyak keunikan tersendiri. Selain berfungsi sebagai aliran air dan irigasi, Kali Jangkok juga terkenal dengan menjamurnya tumbuhan sayur jenis kangkung yang ditanam oleh masyarakat Mataram dan sekitarnya. Kangkung yang tumbuh di sepanjang aliran sungai ini telah lama dikenal sebagai kangkung yang memiliki cita rasa gurih dan renyah. Jika Dolaners menelusuri kawasan pinggiran Kali Jangkok pada pagi hari, maka dengan sangat mudah Dolaners menemui petani-petani yang sedang memetik kangkung untuk dijual atau dibawa pulang ke rumah.

Kali Jangkok Kali Jangkok - Dolan Dolen

Kali Jangkok via hpgrumpe.de

Karena keunikan bentuk dan citarasa ini juga lah yang membuat kangkung Kali Jangkok menjadi terkenal di belahan Nusantara. Dari kangkung inilah, makanan khas Pulau Lombok dibuat. Kangkung adalah bahan dasar utama dalam pembuatan dan penyajian kuliner khas Sasak yaitu Plecing Kangkung.

Alamat :
Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat – Indonesia

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.