Terbentur Biaya Untuk Berlibur ke Raja Ampat? Kepulauan Derawan, Dijamin Tak Kalah Indah

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memeng kaya akan potensi wisata alamnya. Tak terhitung berapa banyak pulau yang ada di negeri tercinta ini, saking banyaknya sampai sampai ada puluhan ribu yan belum diberi nama. Dari kota Sabang hingga Merauke berjajar pulau pulau dengan keunikan dan keindahan masing masing yang dimiliki. Bahkan ada sebuah wisata kepulauan yang namanya sudah sangat tersohor hingga mancanegara dan disandingkan dengan beberapa wisata terbaik yang ada di dunia. Ya, Raja Ampat. Mendengar namanya, tentu sudah tidak asing. Kemegahan alam yang dihadirkan di wisata kepulauan tersebut sungguh menggambarkan surga yang nyata. Eits, tapi kini kita tidak sedang akan membicarakan Raja Ampat ya. Melainkan sebuah wisata kepulauan lain yang keindahannya tak kalah dengan Raja Ampat. Penasaran wisata apa itu? Dan dimana letaknya?

Perkenalkan, ini dia Kepulauan Derawan, si cantik dari Pulau Kalimantan

Kepulauan Derawan Kepulauan Derawan - Dolan Dolen

Kepulauan Derawan via vacadii.id

Kepulauan Derawan merupakan sebuah wilayah yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur yang sekarang masuk kedalam wilayah Kalimantan Utara. Secara geografis, Kabupaten Berau terletak di semenanjung utara perairan laut yang terdiri dari beberapa pulau. Nah, berbicara soal Kepulauan Derawan, sedikitnya ada empat pulau yang terkenal di kepulauan ini, yakni Pulau Maratua, Derawan, Sangalaki, dan Kakaban yang kesemuanya memiliki keistimewaan menarik untuk diulik. Seluruh wilayah konservasi laut ini luasnya mencapai sekitar 1,27 juta hektare. Gimana sudah siap liburan dan menjelajahi Kepulauan Derawan?

 

Sebelum mengangkat tas ransel, kamu harus punya ancang ancang tentang gimana caranya bisa sampai di Kepulauan indah yang satu ini

Dermaga Kepulauan Derawan Dermaga Kepulauan Derawan - Dolan Dolen

Dermaga Kepulauan Derawan via sayabackpacker.wordpress.com

Salah satu hal terpenting yang perlu Dolaners tahu sebelum memutuskan untuk berlibur ke sebuah tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya adalah bagaimana akses menuju ke tempat tersebut? Nah, kali ini Dolaners bakal kita kasih tahu ‘gimana sih caranya bisa sampai di Kepulauan Derawan?’.

Pertama Dolaners bisa menggunkan transportasi udara dari tempat asal Dolaners masing masing menuju ke Balikpapan yang berlokasi di Kalimantan Timur , tak perlu khawatir karena saat ini telah banyak penerbangan dengan rute tersebut. Setelah sampai di Balikpapan, Dolaners akan meneruskan penerbangan dengan menggunakan pesawat kecil untuk bisa sampai di Tanjung Redap yang ada di Kabupaten Berau. Dan dari Tanjung Redap ini, perjalanan tinggal dilanjutkan menggunkan speed boat hingga sampai ke Kepulauan Derawan. Gampang kan rutenya?

 

Beningnya air dan putihnya pasir siap menyambut kedatangamu

Beningnya Air di Kepulauan Derawan Beningnya Air di Kepulauan Derawan - Dolan Dolen

Beningnya Air di Kepulauan Derawan via intaninchan.wordpress.com

Dari kejauhan sudah terlihat sebuah pulau cantik yang siapa menunggu kedatangan Dolaners. Kepulauan Derawan, sebuah surga tropis yang sempurna. Hangatnya sinar mentari yang berkolaborasi dengan hamparan panorama pantai serta silaunya pasir halus yang berwarna putih sudah tertata di depan pelupuk mata. Lambaian pohon kelapa serta jernihnya air laut yang sedikit berwarna hijau dan kemudian berubah menjadi biru semakin menyemarakkan kedatangan Dolaners di pulau cantik yang satu ini. Di kawasan Pulau Derawan ini menjadi tempat bersarangnya kura kura hijau yang berjenis langkah, tak hanya itu, disini juga menjadi habitat berkembang biaknya penyu bersisik. Jika beruntung, kedatangan Dolaners akan disambut dengan banyak penyu yang berjalan lucu menuju ke laut setelah menetas di pasir setiap harinya.

 

Surga bawah laut yang dihadirkan Kepulauan Derawan sungguh menggoda untuk dijelajahi

Bawah Laut Kepulauan Derawan Bawah Laut Kepulauan Derawan - Dolan Dolen

Bawah Laut Kepulauan Derawan via ngulon.com

Kepulauan Derawan memang disebut sebut memiliki keindahan bawah laut yang tak kalah dengan Raja Ampat. Kehidupan bawah laut disini tidak bisa diragukan lagi keindahannya. Di Kepulauan Derawan ini banyak terdapat spesies hewan air yang tidak dapat Dolaners temukan di tempat lain. Disini Dolaners bisa menemukan kura-kura raksasa, lumba-lumba, ikan pari, duyung, barakuda, serta ubur-ubur stingless. Yang unik, taman bawah laut di Kepulauan Derawan ini memiliki spesies Ikan Hiu Derawan yang berharga karena jarang Dolaners temukan di tempat lain. Dengan kekayaan bawah lautnya inilah, maka tak heran jika kemudian kawasan Kepulauan Derawan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata menyelam terbaik di dunia.

 

Ratusan jenis karang yang terhampar di dasar air bisa kamu lihat dari permukaan loh!

Tak hanya terkenal dengan eneka spesies bawah lautnya yang mengagumkan, Kepulauan Derawan juga tersohor karena memiliki keistimewaan lain. Ya, di taman bawah laut dari Derawan ini Dolaners bisa menemukan beraneka ragam jenis karang yang berbeda dan berwarna warni. Tahukah kamu berapa jumlah jenis karang tersbut? Jumlahnya sekitar 460 jenis karang. Jumlah ini merupakan jumlah terbanyak kedua setalah yang dimiliki Raja Ampat. Dan untuk spesies jenis ikannya dikabarkan, Kepulauan Derawan memiliki sekitar 870 jenis ikan, dari mulai kuda laut kerdil hingga ikan pari manta raksasa semua ada di Kepulauan Derawan. Jika beruntung, sekelompok ikan pari manta ini bisa Dolaners temukan sedang makan bersama di sekitar permukaan perairan Derawan ini, tak tanggung tanggung jumlah mereka perkelompok bisa mencapai hingga 50 ekor. Yang spesial, jika Dolaners sedang berada di Pulau Kakaban, Dolaners akan menemukan sebuah danau ubur ubur raksasa dengan spesies yang paling bergama di dunia. Disini juga ada empat spesies unik ubur-ubur stingless yang dapat berenang terbalik loh! Dan itu sangat langkah sekali. Tak heran jika Pulau Kakaban kini sedang dipertimbangkan untuk bisa menjadi nominasi Situs Warisan Dunia UNESCO.

 

Tahukah kamu, perlu waktu 10 hari untuk bisa menjelajahi spot snorkeling di Kepulauan Derawan secara satu per satu ? Saking banyaknya spot ya

Snorkeling Kepulauan Derawan Snorkeling Kepulauan Derawan - Dolan Dolen

Snorkeling Kepulauan Derawan via blog.airyrooms.com

Kepulauan Derawan memang terkenal dengan istana bawah lautnya yang indah. Kepulauan ini memiliki banyak spesies unik yang dilindungi, seperti diantaranya kepiting kelapa, ikan paus, lumba-lumba, dan duyung. Jika ingin melihat bagaimana bentuk kepiting kelapa, Dolaners bisa pergi ke dekat Pulau Kakaban dan Maratua, sementara paus dan lumba-lumba di bulan bulan tertentu dapat Dolaners lihat di sekitar Pulau Semama, Sangalaki, Kakaban dan Maratua. Dan untuk spesies duyung, mereka berenang di sekitar Pulau Panjang dan Semama. Yang unik adalah kuda laut kerdil yang dapat Dolaners temukan di sekitar Pulau Semama dan Derawan. Karena hampir di semua tempat memiliki keunikan masing masing inilah yang menjadikan Kepulauan Derawan memiliki banyak spot favorite untuk menyelam. Bayangkan ada 28 titik penyelaman terbaik di sini. Dan untuk bisa menjelajahinya satu per satu, Dolaners butuh waktu hingga 10 hari lamanya.
Tak perlu bingung mencari tempat bermalam, di Kepulauan Derawan sudah dibangun resort untuk menginap.

Berlibur ke Kepulauan Derawan, Dolaners tak perlu bingung akan bermalam dimana dan mencari penginapan kemana. Karena kini pemerintah sedang gencar gencarnya menjadikan Kepulauan Derawan ini sebagai salah satu wisata andalan, maka pembangunan fasiltas pun semakin di utamakan. Sebagai contoh fasilitas komunikasi di Kepulauan Derawan ini sudah sangat memadai, jaringan 3G sudah masuk ke kawasan ini. Tak hannya itu untuk masalah akomodasi juga sangat terpenuhi. Beragam resort telah berdiri, yang unik ada beberapa penginapan berjenis bungalow berupa rumah bergaya kalimantan yang langsung menghadap ke hamparan panorama laut yang cantik. Tak hanya itu, Dolaners juga bisa menyewa kapal yang telah didesain sebagai tempat tinggal. Kapal kapal tersbut biasanya disewa untuk perjalanan jauh.

 

GALERI FOTO KEPULAUAN DERAWAN

Sudah puas kan liburan kamu di Kepulauan Derawan ini, jangan lupa ya selalu jaga alam Indonesia dengan tidak membuang samaph sembarangan sekecil apapun itu. Dan jangan lupa juga buat upload foto liburan kamu di akun sosial media. Buat apa? Selain bikin kamu makin ngehits, hal tersbut juga bisa digunkan sebagai media promosi potensi wisata yang dimiliki Indonesia. Gimana, sudah bangga menjadi orang Indonesia?

dolandolen

Dolaners

Situs terlengkap dan terupdate untuk berbagi informasi mulai dari acara, belanja, kuliner, pariwisata dan penginapan di seluruh Nusantara.