Brown Canyon

Padas keruk bekas penggalian tanah dengan beberapa tanah tinggi menjulang menjadi saksi bisu dalam proses pembangunan kota Semarang yang semakin maju. Galian dengan bukit tanah yang tinggi menjulang mengingatkan pengunjung akan keindahan Grand Canyon Amerika. Dibelakang bukit dengan back ground hijaunya rumput dan ilalang dipadu tebing coklat menjadi spot yang menarik untuk diabadikan dalam jepretan camera.

Brown Canyon

Photo by semarangplus.com

Panorama keindahan Brown Canyon menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata dengan spot fotografi terbaik di Semarang. Panorama eksotik dengan tebing yang tinggi menjulang dengan perpaduan pohon-pohon yang tersemat dibagian atasnya membuat tempat ini semakin sayang dan menarik untuk dilewatkan. Hijaunya rerumputan berpadu coklatnya tebing dengan bentuk unik menjadikannya surga ditengah panasnya kota yang penuh industri ini.

Merupakan tantangan tersendiri bagi Dolaners yang hendak mengunjungi Brown Canyon, karena lokasinya yang jauh dari jantung kota Semarang yakni di Rowosari Meteseh Tembalang. Selain itu untuk menjangkau tempat tersebut Dolaners harus banyak bersimpangan dengan truk besar yang memuat material pasir, batu padas dan tanah urug. Dolanerspun harus siap-siap masker ketika hendak menempuh perjalanan tersebut karena sepanjang jalan debu-debu dari muatan truk akan menghampiri Dolaners. Untuk mendapat spot dan suasana terbaik sebaiknya Dolaners mengunjungi Brown Canyon ini diluar jam operasional. Karena penambangan material di tempat ini masih aktif beroperasi. Namun jika terpaksa datang ketika jam operasional maka bawalah masker dan kacamata untuk melindungi wajah dan mata dari debu yang berterbangan. Namun jangan khawatir ya Dolaners, karena perjuangan untuk mencapai Brown Canyon Semarang ini akan sesuai dengan panorama yang dihadirkan.

Brown Canyon sebenarnya bukan merupakan obyek wisata namun sebuah proyek galian C yang telah berusia puluhan tahun. Sehingga jangan heran jika disana sini ada banyak pekerja yang mencari rejeki dengan alat berat untuk mencari tanah urug, batu padas dan pasir. Tempat nan mempesona ini dahulunya berupa bukit hijau bisa akan tetapi karena materialnya ditambang selama puluhan tahun hingga secara tidak sengaja membentuk sebuah tempat wisata layaknya Green Canyon.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju Brown Canyon dari Semarang timur bisa melewati jalan Fatmawati menuju RSUD Kota Semarang (Ketileng), kemudian mengambil arah kiri (arah perum Klipang) dan menuju lokasi Klipang Golf. Setelah sampai Klipang Golf, lanjutkan perjalanan Dolaners dengan melewati jembatan besi. Setelah jembatan besi ketiga (jembatan dengan sungai yang besar) akan ada pertigaan ke arah selatan (belok kanan). Lurus saja kurang lebih 2 KM, maka Dolaners akan melihat keindahan Brown Canyon Semarang.
Untuk menuju ke Brown Canyon Dolaners bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Namun yang perlu diingat hingga saat ini belum ada transportasi umum yang bisa mengantar Dolaners sampai ke Brown Canyon ini, jadi Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat indah ini.