Bukit Paralayang Parang Endog

Dengan ketinggian sekitar 900 Mdpl, bukit yang berada di sebelah timur Parangtritis ini seakan menjadi spot hidden untuk menikmati pemandangan pantai Parangtritis lengkap dengan laut selatan yang terlihat luas dan lebar. Bukit Bukit Paralayang Parang Endog juga dikenal dengan nama Bukit Gupit di Yogyakarta.

Bukit Paralayang Parang Endog

Photo by jurnalsabtumalam.wordpress.com

Pingin tahu bagaimana cara menikmati keindahan Pantai Parangtritis yang terkenal akan fenomena sunsetnya? Gini nih caranya. Dolaners bisa menikmati keindahan alam dari atas bukit gagah yang disebut Bukit Paralayang Parang Endog. Bukit yang satu ini menawarkan view yang sangat epic dengan Pantai Parangtritis sebagai bingkai yang menonjol. Tak sekedar tertegun sembari menikmati ciptaan Tuhan Yang Maha Esam, bagi Dolaners para pecinta olahraga ekstrime paralayang di Yogyakarta maka Bukit Paralayang Parang Endog ini juga mungkin sudah tidak asing lagi di telinga. Bukit Paralayang Parang Endog Parangtritis atau yang biasa disebut Bukit Gupit Giricahyo ini memang menjadi lokasi favorite bagi mereka yang sedang berlatih paralayang. Tempat ini memang sangat cocok untuk dijadikan lokasi kegiatan olahraga paralayang, bahkan pernah digunakan sebagai tempat penyelenggaraan event bertaraf nasional yaitu Jogja Air Show 2014.

Bukit ini sendiri masuk ke dalam wilayah Desa Giricahyo, Gunungkidul Di Bukit Paralayang Parangtritis Dolaners juga bisa menemukan beragam situs peninggalan bersejarah seperti Candi Gembirowati, Sendang Beji dan Pasanggrahan Gembirowati. Ada pula Goa Lengse yang juga tak kalah fenomenal. Abadikan momen indah bersama para sahabat dengn berfoto selfie yang berlatar belakang pantai selatan yang sangat tersohor itu, dijamin hasil foto Dolaners bakalan ajib banget. Jadi tunggu apalagi, buruan ajakin para sahabat kamu buat hunting foto di Bukit Paralayang Parang Endog ini. Atau bisa juga buat kamu yang merencanakan akan mengikat janji suci, yuks pemotretan foto prewedding disini, dijamin hasilnya bakal luar biasa amazing bangetttt!!


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Terletak di sisi timur pantai Parangtritis dan menjadi satu objek wisata favorit bagi wisatawan lokal dan mancanegara. Bukit Paralayang Parang Endog masuk dalam wilayah Desa Giricahyo Gunungkidul. Sedangkan Pantai Parangtritis sendiri masuk dalam wilayah Bantul. Untuk menuju ke destinasi wisata bukit ini Dolaners bisa mengambil Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS). Jalan ini menjadi penghubung antara jalan Bantul atau disebut jalan Parangtritis menuju ke pantai di Gunung Kidul. Jarak dari Pantai Parangtritis menuju ke Bukit Paralayang Parang Endog hanya sekitar 3 kilometer.
Berbagai moda transportasi dapat digunakan untuk mencapai Bukit Paralayang Parang Endog. Dolaners yang tidak membawa kendaraan pribadi dapat berangkat dari terminal Giwangan dan naik bus umum dengan trayek Jogja – Parangtritis. Dari sini, Dolaners tinggal meneruskan perjalanan denga naik ojek.