Candi Ijo

Candi Ijo adalah salah satu candi bercorak Hindu peninggalan Kerajaan Mataram. Candi ini berada di lereng bukit padas Gunung Ijo. Sehingga nama candi ini juga diambil dari nama gunung tempat candi tersebut dibangun.

Candi Ijo

Photo by youtube.com

Candi Ijo merupakan candi tertinggi di Yogyakarta, bukan karena bangunan fisik candi yang sangat tinggi. Namun penobatan Candi Ijo sebagai candi tertinggi di Yogyakarta karena posisi candi yang berada pada ketinggian 375 meter di atas permukaan air laut. Letaknya yang sangat tinggi akan menyuguhkan keindahan alam yang luar biasa untuk dinikmati apalagi ketika matahari akan tenggelam. Kompleks candi berada di atas hamparan rumput hijau yang begitu luas.

Kompleks candi ini terdiri atas candi utama, candi perwara dan candi pengapit. Candi utama dan tiga candi perwara yang berjajar di depannya telah selesai di pugar. Candi utama menghadap ke arah barat. Namun saat Dolaners berkunjung ke Candi Ijo Yogyakarta, maka akan terlihat reruntuhan candi yang masih dalam proses penggalian dan pemugaran, letaknya berada di sebelah barat kompleks candi.

Menariknya, pada bangunan inti kompleks Candi Ijo memiliki bentuk persegi. Saat memasukinya Dolaners akan menjumpai arca sepasang lingga dan yoni yang disangga oleh ular sendok. Di mana lingga dan yoni merupakan perlambang bersatunya Dewa Shiwa dan Parwati. Namun tak hanya arsitektur bangunan Candi Ijo yang begitu menarik dan mengagumkan dapat Dolaners nikmati ketika berkunjung ke sana. Ada hal yang tak kalah menarik di sana yang akan membuat Dolaners berdecak kagum. Ketika Dolaners berkunjung ke candi ini pada waktu sore, maka dapat menikmati sunset dari ketinggian bukit Ijo. Dapat melihat indahnya siluet bangunan candi dengan balutan langit jingga di atas bukit Ijo.

Sungguh suatu pengalaman yang luar biasa bila Dolaners dapat menikmatinya. Mengingat pemandangan yang begitu menawan dapat dinikmati secara gratis di Candi Ijo. Tentu semua akan terasa mengesankan bukan. Berwisata ke Candi Ijo Yogyakarta tak hanya mendapat pengetahuan mengenai sejarah candi tersebut, akan tetapi juga dapat menikmati keindahan alam kala mentari akan pulang ke peraduan.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke kawasan wisata Candi Ijo Yogyakarta ini sangat mudah, yakni dari Yogyakarta, jarak candi Ijo sekitar 28 km ke arah timur. Dolaners dapat menempuh rute menuju Candi Prambanan. Dari Candi Prambanan menuju kearah selatan atau jika dari Solo menuju ke arah kiri. Arah untuk menuju candi Ijo berada di jalan raya yang menghubungkan Yogyakarta dan Piyungan. Setelah berjalan sekitar 15 menit Dolaners akan dapat menemukan papan nama arah ke candi Ijo yang selanjutnya Dolaners akan dibawa ke kompleks candi Ijo yang terletak di Bukit Ijo.
Untuk sampai ke Candi Ijo Yogyakarta, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa naik bus transjogja dengan jalur 1A atau 1B menuju ke Candi Prambanan. Dari Candi Prambanan menggunakan ojek atau taxi menuju kearah selatan atau jika dari Solo menuju ke arah kiri.