Candi Mendut

Dengan berbekal nuansa klasik serta sejarah yang kental, bangunan ini dapat di jadikan sebuah objek wisata yang menarik bagi keluarga. Edukasi akan sejarah, akan memberikan wawasan yang baik untuk si kecil nantinya.

Candi Mendut

Photo by wikipedia.org

Yogyakarta memang terkenal sebagai kota wisata yang bersejarah. Memiliki peninggalan candi-candi kuno yang klasik membuat nama kota ini melanglang buana hingga terdengar ke penjuru negara. Salah satu candi yang terkenal dari kota ini ialah Candi Mendut.

Dengan berbekal denah dasar yang membentuk segi empat, Candi Mendut memiliki tinggi bangunan secara keseluruhan mencapai 26,40 meter. Candi Buddha ini memiliki tubuh candi yang berpijak di atas batur dengan ketinggian sekitar 2 meter. Pada permukaan batur, ada selasar yang relatif lebar yang dilengkapi oleh langkan. Pada dinding kaki candi terdapat hiasan berupa 31 buah panel yang mengandung relief cerita, pahatan bunga serta sulur-suluran yang cantik. Atapnya sendiri tersusun atas 3 kubus yang dibuat semakin ke atas semakin meruncing atau kecil. Kubus-kubus tersebut dikelilingi oleh hiasan stupa berjumlah 48 stupa kecil.

Di dalam ruangan yang lumayan luas terdapat Tubuh Candi Mendut Yogyakarta yang memiliki 3 buah Arca Buddha. Yaitu, terletak menghadap pintu adalah Buddha Sakyamuni, merupakan Buddha yang sedang berkhotbah. Buddha ini di gambarkan dalam keadaan duduk dan dengan posisi tangan dharmacakramuda, yaitu sebuah sikap yang sedang mewejangkan ajarannya. Yang menghadap ke arah selatan, adalah Arca Bodhisattva Avalokiteswara, yang merupakan Buddha penolong manusia. Posisinya sedang duduk dengan kaki kiri yang terlipat serta kaki kanan yang menjuntai ke arah bawah.

Telapak kaki kanan bertumpu pada sebuah bantalan teratai kecil. Dan yang ketiga, Arca Maitreya yakni Bodhisatwa yang dianggap sebagai pembebas manusia, berposisi tengah duduk dengan tangan simhakarnamudra, hampir menyerupai vitarkamudra hanya saja jari-jarinya menutup. Arca-arca tersebut dilengkapi dengan “prabha” atau yang disebut juga sebagai dinar kedewaan yang mengiatri kepalanya. Candi Mendut Yogyakarta sangat cocok untuk Dolaners yang ingin mempertontonkan relief sejarah kepada buah hati.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke kawasan wisata Candi Mendut ini sangat mudah. Candi Mendut terletak 3 km arah timur dari candi Borobudur atau 1,5 km ke arah utara dari Candi Pawon. Saat Dolaners menuju Candi Borobudur pasti melewatinya dengan melihat papan menuju ke Candi Mendut. Dari jalan raya Dolaners sudah bisa melihat keberadaannya
Untuk sampai ke Candi Mendut, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa naik bus transjogja dengan jalur 2A atau bisa juga naik taxi.