Candi Plaosan

Ternyata arsitektur unik dari candi tersebut memang didukung dari sejarah yang melatar belakanginya. Candi tersebut dahulu dibangun pada masa Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Hindu yang telah menikah dengan Pramodyawardani putri dari Raja Samaratungga dinasti Syailendra yang beragama Budha.

Candi Plaosan

Photo by wikimedia.org

Candi Plaosan merupakan salah satu candi yang menawan yang ada di Kota Yogyakarta. Candi ini merupakan candi yang letaknya tak jauh dari lokasi Candi Prambanan. Jadi jika Dolaners berkunjung ke Candi Prambanan sempatkan berkunjung pula ke Candi Plaosan yang tak kalah menarik. Candi ini memiliki keunikan yang terbagi dalam dua kelompok kompleks yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor. Ketika datang berkunjung ke Candi Plaosan Dolaners akan melihat berbagai hal yang menakjubkan dari bangunan tersebut. Kedua candi hanya berjarak sekitar 100 meter. Bila dari kejauhan kedua candi terlihat seperti candi kembar. Uniknya, kedua candi memiliki teras yang berbentuk persegi dengan dinding yang mengelilinginya, serta adanya tempat bertapa dengan bentuk gardu di sisi barat dan stupa di sisi lainnya.

Candi Plaosan Kidul sesuai namanya, Dolaners akan mendapati posisi candi berada di sisi selatan dan Candi Plaosan Lor berada pada posisi utara. Berbeda dengan candi plaosan kidul, candi plaosan lor merupakan candi utama dan masih banyak candi yang masih berdiri tegak. Sedangkan candi di sisi selatan sudah banyak yang runtuh. Selain itu, Dolaners akan menjumpai adanya halaman tengah Dari keseluruhan kompleks Candi Plaosan Yogyakarta ini terdapat stupa perwara dan candi perwara dengan jumlah stupa sebanyak 116 dan 58 candi perwara (pendamping). Kedua hal tersebut menunjukkan arsitektur Candi Plaosan merupakan perpaduan corak Hindu-Budha. Terlihat dari stupa yang jadi corak candi peninggalan Budha dan candi perwara yang biasanya memiliki tampilan ramping adalah corak candi Hindu.

Jika Dolaners dapat berkunjung ke Candi Plaosan, Dolaners akan tahu rupanya tempat ini memiliki sejarah yang begitu menarik. Candi Plaosan ini ternyata dibangun oleh dua insan yang saling mencintai dengan latar belakang agama yang berbeda.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Agar mudah mencapai lokasi ini bila Dolaners datang dari Yogyakarta sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi. Dengan mengikuti Jalan Solo sampai di Kecamatan Prambanan, Dolaners akan menemukan lampu merah yang ketiga ( sebelah timur Kantor Pos /kalau ke selatan menuju stasiun Prambanan ) selanjutnya belok kekiri menuju Manisrenggo Klaten ). Selanjutnya ikuti jalan tersebut sampai perempatan (Kantor Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Jawa Tengah ) berada disisi kiri /barat jalan. Selanjutnya arahkan pandangan ke arah Timur atau sebelah kanan dimana Candi Plaosan berdiri megah menanti kedatangan Dolaners.
Untuk sampai ke Candi Plaosan, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum Dolaners dari kota Jogja silakan naik bus Trans Jogja atau bus antar kota jurusan Jogja – Solo, turun di Candi Prambanan. Dari Candi Prambanan bisa naik ojek menuju Candi Plaosan.