Candi Sambisari

Berkunjung ke Candi Sambisari akan menambah kesan petualangan dan menambah wawasan sejarah Dolaners nantinya. Candi mungil dengan lokasi yang unik berada di bawah permukaan tanah bisa jadi salah satu destinasi wisata Dolaners selama berlibur di Yogyakarta.

Candi Sambisari

Photo by onthelpotorono.wordpress.com

Letak Candi Sambisari tak jauh dari pusat Kota Yogyakarta. Berada di Desa Sambisari, Kecamatan Kalasan, Sleman. Lokasinya sangat mudah ditemukan, memang bukan lokasi wisata yang populer seperti candi-candi lain di Yogyakarta. Namun candi ini mempunyai keunikan yang patut Dolaners kunjungi sebagai salah satu lokasi yang bagus untuk berpetualang dan belajar sejarah.

Candi Sambisari adalah salah satu candi dengan corak agama Hindu. Candi ini memiliki keunikan yaitu lokasi candi yang berada di bawah permukaan tanah, tepatnya 6,5 kilometer di bawah permukaan. Jadi jika dari kejauhan Dolaners tak akan tampak candi bahkan saat memasuki puntu masuk lokasi wisata tersebut. Dolaners akan dapat melihatnya setelah mendekat kira-kira beberapa meter dari loket tiket masuk, maka akan tampak hamparan lokasi candi berada di bawah Dolaners.

Di sekitar lokasi wisata Candi Sambisari juga terdapat taman yang rindang yang berada di atas candi sejajar dengan daerah pemukiman penduduk. Sehingga Dolaners dapat menikmati keindahan candi secara keseluruhan dari atas. Taman tersebut juga begitu rindang dan sejuk karena banyak pohon rindang yang sengaja di tanam di sekitarnya.

Candi Sambisari memiliki empat bangunan inti yang terdiri satu candi induk dan 3 candi perwara yang letaknya berada di depan (sebelah barat) candi induk. Candi perwara merupakan candi pendamping. Pada bagian luar candi induk terdapat hiasan berupa patung singa dalam mulut makara. Saat Dolaners memasuki candi induk maka akan menjumpai dua buah arca yakni Lingga dan Yoni. Dolaners juga akan menjumpai tiga arca lain yaitu arca Ganesha, DEwi Durga, dan Agastya.

Sedangkan pada ketiga candi perwara terdapat arca Padmasana dan pada ketiga candi tersebut tidak terdapat atap seperti halnya candi induk. Di sekeliling Candi Sambisari terdapat delapan lingga patok yang berada pada posisi punjuru mata angin. Semua keindahan ini bisa Dolaners lihat secara keseluruhan dari taman yang letaknya 6,5 meter di atas candi. Dolaners akan melihat keunikan bangunan tersebut, seperti melihat miniatur candi.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke kawasan wisata Candi Sambisari ini sangat mudah, yakni dari arah Jogja Dolaners silakan berkendara ke jalan raya Jogja – Solo sampai kilometer 10 di mana terdapat papan penunjuk jalan menuju candi di utara jalan. Dari tepi jalan besar ini silakan berkendara sekitar 2 km ke arah utara.
Untuk sampai ke Candi Sambisari, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan umum, Dolaners bisa naik bus jurusan Jogja – Solo sampai kilometer 10 di mana terdapat papan penunjuk jalan menuju candi. Dari tepi jalan besar ini, perjalanan sekitar 2 km lagi dapat ditempuh dengan ojek.