Coban Kethak

Batu berbentuk kepala singa yang mengeluarkan deras dan kencangnya air tejun setinggi 15 meter, seolah bertambah gagah dengan suaranya yang memecah kesunyian hutan belantara.

Coban Kethak

Photo by kasembon.com

Coban Kethak merupakan tempat wisata yang berlokasi di Desa Pait, Kecamatan Kasembon, Kabupaten Malang. Nama ‘kethak’ sendiri sebenarnya diambil karena memang dahulu tempat ini adalah kawasan perbukitan tempat tinggal kera kera. Untuk mencangkaunya pun tidaklah sulit, Dolaners hanya perlu melewati rute jalur Batu – Kediri. Dari arah kota wisata Batu, Dolaners terus menuju ke barat melewati 2 kecamatan yaitu Pujon dan Ngantang. Tak akan kesulitan mencari Coban Kethak karena lokasinya berada persisi di pinggir jalan umum yang dilalui bus kota. Dari area parkir yang berada agak menjorok di samping jalan raya, trek menuju air terjun bisa ditempuh kurang lebih 3 menit dengan berjalan kaki. Meskipun agak jauh dibandingkan tempat wisata di Malang lainnya, sensasi air terjun atau coban disini memberikan pemandangan unik tak terlupakan.

Dengan haya membayar tiket masuk seharga Rp. 5.000,- , selama berada di kawasan wisata alam Coban Kethak, Dolaners akan disuguhi pemandangan alam yang sungguh mempesona. Coban Kethak berada pada aliran Sungai Lanang yang mengalir ke arah Kediri – Jombang. Air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 15 meter ini menyuguhkan keindahan panorama alam yang sangat menawan. Uniknya, bebatuan di bawah siraman air terjun ini seperti menggambarkan kepala seekor singa yang gagah. Hal ini lah yang menjadikan Coban Kethak ini jua disebut sebagai Coban Singo Edan. Disini Dolaners juga bisa memuaskan hobby fotografi. Sengaja di tata sedemikian rupa indah agar terlihat menarik, wisata alam air terjun Coban Kethak menghadirkan yang tak dihadirkan di tempat lain. Fasilitas umum bagi setiap pengunjung juga sudah tersedia, seperti lahan parkir yang luas, pos pantau, gazebo, ruang bilas, kamar mandi yang bersih.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berlokasi di kawasan Pait Kasembon, perbatasan antara Kabupaten Malang dengan kabupaten kediri. Akses lokasi menuju ke wisata alam Coban Kethak tak sulit dilalui. Hanya berjarak sekitar 70 km dari Kota Malang, Dolaners hanya perlu melewati rute jalur Batu – Kediri. Dari arah kota wisata Batu, Dolaners terus menuju ke barat melewati 2 kecamatan yaitu Pujon dan Ngantang. Tak akan kesulitan mencari Coban Kethak karena lokasinya berada persisi di pinggir jalan umum yang dilalui bus kota. Dari area parkir yang berada agak menjorok di samping jalan raya, trek menuju air terjun bisa ditempuh kurang lebih 3 menit dengan berjalan kaki. Meskipun agak jauh dibandingkan tempat wisata di Malang lainnya, sensasi air terjun atau coban disini memberikan pemandangan unik tak terlupakan.
Untuk bisa sampai ke lokasi wisata alam Coban Kethak, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribdadi maupun transportasi umum. Bagi yang menggunakan transportasi umum, maka dari terminal Landungsari kota Malang bisa naik bus jurusan Malang – Kediri atau Malang – Jombang. Tak perlu khawatir tersesat, Dolaners tinggal bilang saja berhenti di tempat wisata Coban Kethak, maka supir akan mengantar Dolaners tepat di depan pintu gerbang wisata alam ini. Karena memang lokasinya yang berada di pinggir jalan umum, sehingga memudahkan Dolaners menjangkaunya.