Coban Pelangi

Coban Pelangi merupakan salah satu kawasan wisata air terjun yang berada di kabupaten Malang. Nama Coban Pelangi dibuat karena sebuah pelangi yang muncul dan terkena efek pembiasan dari sinar matahari terhadap air. Coban Pelangi mempunyai ketinggian kurang lebih 110 m yang dapat membuat air terjun Coban Pelangi ini menjadi sebuah kawasan wisata air terjun yang menjadi pilihan berwisata untuk para Dolaners.

Coban Pelangi

Photo by tourismkabupatenmalang.com

Suhu udara yang ada di Coban Pelangi berkisar sekitar 19- 23 derajad yang bisa membuat udara yang ada di Coban Pelangi ini sangat sejuk. Lokasi Coban Pelangi berada di ketinggian 1299,5 m dari kaki gunung semeru. Untuk Dolaners yang sudah terbiasa melakukan pendakian gunung semeru, pastinya para Dolaners sudah tidak asing lagi dengan wisata Air Terjun Coban Pelangi ini.

Jika dilaner ingin melakukan perjalanan ke Coban Pelangi, lokasi Coban Pelangi berada di desa poncokusumo dengan jarak sekitar 32 km dari kota Malang. Agar Dolaners dapat mencapai lokasi waktu yang dibutuhkan sekitar 3 jam untuk pengendara mobil pribadi atau kendaraan bermotor. Jika Dolaners melewati desa gubuk jarak yang dibutuhkan untuk mencapai coban pelabgi sekita 2 km. Untuk Dolaners yang ingin mendatangi Coban Pelangi ini, pertama melalui desa tumpang, lalu desa gubuk dengan banyak tikungan tajam untuk melaluinya.

Jika Dolaners sudah sampai di pertigaan jemplang, maka lokasi Coban Pelangi ini sudah dekat. Dan disebelah kanan dan kiri terdapat gapura yang ada tulisannya air terjun Coban Pelangi. Setelah Dolaners sampai dipintu masuk, dilanjutkan dengan berjalan kaki dan melewati jalan setapak yang yang berjarak sekitar 1,5 km dengan melewati sebuah jembatan dan jalanannyapun cukup menurun. Untuk tiket masuk ke lokasi Air Terjun Coban Pelangi dikenakan biaya seharga Rp.6000,- setiap orang.

Mungkin ini waktu yang paling tepat bagi Dolaners yang ingin berwisata di Coban Pelangi Malang adalah pada pagi sampai siang hari. Karena, jika lewat dari siang hari biasanya kabut akan muncul dan menutupi pemandangan. pada waktu musim penghujan, pelanginya tidak akan terlihat dan biasanya pengelola membatasi jam kunjungan sampai jam 4 sore, karena untuk antisipasi jika sewaktu-waktu air bah mengalir dari pegunungan dan akan membahayakan untuk para Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk menuju Coban Pelangi, arahkan perjalanan Dolaners menuju Tumpang, dilanjutkan menuju Desa Gubugklakah. Air terjun ini berada sebelum masuk pertigaan Jemplang (yaitu pertigaan menuju Gunung Semeru dan Gunung Bromo). Setelah melewati Desa Gubugklakah, di sebelah kanan jalan akan terlihat jelas gapura bertuliskan air terjun Coban Pelangi. Dari area pintu masuk Coban Pelangi yang berada di atas tebing setinggi sekitar 100 meter, perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang menurun dan melintasi jembatan. Jarak tempuh jalan ini sekitar 1, 5 km hingga lokasi air terjun berada.
Akses menuju wisata air terjun Coban Pelangi cukup mudah. Baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jjika Dolaners menggunakan angkutan umum, rutenya sama dengan tujuan Bromo atau Semeru dari arah kota Malang, pertama Dolaners menuju terminal Arjosari, lalu naik angkutan umum jalur TA menuju pasar Tumpang, dari pasar tumpang Dolaners bisa menumpang mobil sayur, truk, atau menyewa jeep. Setelah sampai di gapura Coban Pelangi, Dolaners hanya perlu berjalan sekitar 3 sapai 4 km menuju ke air terjun Coban Pelangi.

Penginapan Disekitar