Coban Rais

Deras dan dinginnya guyuran air setinggi 20 meter dijamin mampu memberikan rasa segar bagi tubuh setelah lelah di perjalanan, ditambah lagi nuansa alam yang masih hijau berpadu dengan sejuknya udara khas pegunungan seolah menjadi obat mujarab.

Coban Rais

Photo by mbolangmania.com

Coban Rais merupakan salah satu wisata air terjun yang berlokasi di Malang Raya, tepatnya berada di Dusun Dresel, desa Oro-oro ombo, Kota wisata Batu. Lokasinya yang relatif di dekat kota batu menjadikan coban rais ini salah satu wisata murah meriah yang sering dikunjungi wisatawan untuk mengisi hari libur. Dolaners hanya cukup menuju ke arah objek wisata Batu Night Spectacular. Dari sini, Dolaners lurus menuju kearah kota wisata batu. Sampai di pertigaan pertama, Dolaners tinggal belok kiri dan lurus mengikuti jalan yang cukup naik turun sampai di kantor BATU TV. Dari sana sudah semakin dekat dengan lokasi tujuan. Dolaners hanya tinggal lurus sedikit sampai menemukan loket masuk wana wisata Coban Rais. Nuansa alam yang masih hijau berpadu dengan sejuknya udara khas pegunungan seolah memberikan rasa tenang dan nyaman bagi setiap Dolaners yang datang ke Coban Rais. Lika liku dan rasa lelah selama diperjalanan dijamin akan terbayarkan begitu Dolaners menyaksikan air terjun Coban Rais yang indah dan menawan di hadapan Dolaners.

Air Terjun Coban Rais mempunyai ketinggian mencapai 20 meter dengan curahan dan terjunan air yang deras, namun sangat jernih dan menyegarkan. Selain menikmati pemandangan alam sekitar, di wisata alam Coban Rais, Dolaners juga bisa merasakan kesegaran air terjunnya yang jernih dengan bermain air atau mandi di kolam yang ada di bawah air terjun. Tak hanya itu, banyak kegiatan lain yang bisa dilakukan di area wisata ini, yakni seperti diantaranya berkemah, mengelilingi semua area wisata dan menyusuri hutan yang masih alami dengan berbagai jenis pepohonan dan kicauan burung-burung hutan yang menjadikan suasana tenang dan damai. Jangn lewatkan pula aktivitas berburu foto, apalagi jika sedang beruntung, Dolaners bisa menyaksikan pelangi mucul di kawasan air terjun ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke wisata alam Coban Rais terbilang mudah. Dari kota Malang, Dolaners cukup menuju ke arah objek wisata Batu Night Spectacular. Dari sini, Dolaners lurus menuju kearah kota wisata batu. Sampai di pertigaan pertama, Dolaners tinggal belok kiri dan lurus mengikuti jalan yang cukup naik turun sampai di kantor BATU TV. Dari sana sudah semakin dekat dengan lokasi tujuan. Dolaners hanya tinggal lurus sedikit sampai menemukan loket masuk wana wisata Coban Rais. Dari loket pembayaran, Dolaners masih harus berjalan kaki untuk menuju ke Air Terjun Coban Rais ini. Perjalanan yang harus ditempuh adalah sejauh kurang lebih 2 km. atau dengan estimasi waktu 45 menit – 1 jam perjalanan kaki. Namun tak perlu khawatir akan bosan, karena selama berjalan kaki, Dolaners akan disuguhi pemandangan alam yang aduhai cantik sekali.
Disarankan agar Dolaners menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju ke wisata alam Coban Rais, namun jika terpaksa menggunakna transportasi umum maka tidak perlu khawatir karena Dolaners hanya perlu naik angkutan umum berkode AL atau ADL dari terminal Arjosari kota Malang menuju terminal Ladung Sari. Dari terminal Ladung Sari dilanjutkan menumpang angkutan pedesaan jurusan Batu yang melewati kawasan Oro-oro Ombo. Dari desa ini, Dolaners yang merasa mampu dan memiliki fisik kuat ,maka bisa meneruskan perjalanan dengan berjalan kaki, namun jika merasa kelelahan bisa naik ojek untuk menuju ke pintu masuk Wana Wisata Air Terjun Coban Rais dan Bumi Perkemahan Sumber Darmi.

Penginapan Disekitar