Coban Siuk

Panorama khas pegunungan di kanan kiri, ditambah derasnya Guyuran air terjun setinggi 90 meter seolah mampu memecah keheningan suasana alam yang masih belum banyak terjamah, Coban Siuk namanya.

Coban Siuk

Photo by rekesan58.blogspot.co.id

Coban Siuk merupakan wisata air terjun yang berada di Desa Taji, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Untuk meuju ke Coban Siuk, akses jalan yang perlu Dolaners lalui terbilang cukup mudah. Dolaners hanya perlu memulai perjalanan menuju arah ke arah wisata Coban Jahe. Namun bedanya, di pertigaan yang Dolaners temukan sebelum masuk ke kawasan Coban Jahe, ambilah arah kanan dengan jalan aspal menanjak tegak. Jika bingung, Dolaners bisa bertanya pada penduduk sekitar arah ke Desa Taji. Setelah sampai di kawasan air terjun ini, Dolaners akan masuk sejauh 1 km sebelum menemukan kesegaran air terjun Coban Siuk. Untuk yang menggunakan sepeda motor, maka bisa terus menaiki kendaraan hiingga mendekati air terjun. Dan yang mengendarai mobil, harus di parkir agak jauh dari lokasi air terjun, karena memang di kawasan wisata Coban Siuk, belum ada lahan untuk parkir mobil.

Nama Siuk sendiri diambil dari nama seseorang wanita yang bernama Mbok Siyok, yang sebelumnya pernah mengelola dan memelihara Tanah dan Hutan di sekitar Coban Siuk. Air terjun dengan ketinggian yang hampir mencapai 90 meter ini mengeluarkan debit air yang cukup besar. Selain menikmati wisata alam air terjun yang indah, di obejk wisata alam Coban Siuk ini, Dolaners juga bisa menikmati segarnya air dengan cara bermain main air yang ada di tepian kolam bawah air terjun. Dolaners juga bisa mengunjungi gua peninggalan Jepang yang ada di sekitar kawasan objek wisata alam satu ini. Tak hanya itu, di tengah perjalanan menuju air terjun, Dolaners juga bisa menemukan coban lain setinggi 12 meter sebagai pemanasan.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk meuju ke Coban Siuk, akses jalan yang perlu Dolaners lalui terbilang cukup mudah. Dolaners hanya perlu memulai perjalanan menuju arah ke arah wisata Coban Jahe. Namun bedanya, di pertigaan yang Dolaners temukan sebelum masuk ke kawasan Coban Jahe, ambilah arah kanan dengan jalan aspal menanjak tegak. Jika bingung, Dolaners bisa bertanya pada penduduk sekitar arah ke Desa Taji. Setelah sampai di kawasan air terjun ini, Dolaners akan masuk sejauh 1 km sebelum menemukan kesegaran air terjun Coban Siuk. Untuk yang menggunakan sepeda motor, maka bisa terus menaiki kendaraan hiingga mendekati air terjun. Dan yang mengendarai mobil, harus di parkir agak jauh dari lokasi air terjun, karena memang di kawasan wisata Coban Siuk, belum ada lahan untuk parkir mobil.
Perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Coban Siuk Malang ini. Sehingga jika Dolaners ingin berlibur ke wisata alam yang satu ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Coban Siuk dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Penginapan Disekitar