Coban Tundo 3

Layaknya oase di balik rimbunnya perkebunan kopi, wisata alam Coban Tundo 3 mampu meredakan dahaga setiap Dolaners yang haus akan petualangan berlibur yang menyenangkan dan mengesankan.

Coban Tundo 3

Photo by maringetrip.com

Air Terjun atau yang biasa disebut dengan Coban Tundo 3 sebenarnya adalah ‘kakak tertua; dari rangkaian Coban Tundo yang berada di Desa Sidoasri, Kecamatan Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Di kawasan ini terdapat tiga susunan air terjun, Coban Tundo 1 (paling atas), Coban Tundo 2 (tengah), Coban Tundo 3 (paling bawah). Kawasan air terjun yang terletak di Kebun Kopi ini memiliki pesona yang luar biasa indah. Tak heran banyak para Dolaners yang rela datang dari jauh dan menempuh perjalanan yang penuh lika liku, trek yang terjal dan sempit hanya untuk dapat menyaksikannya pesona yang dihadirkan di wisata alam satu ini. Tak ada yang menyangka menyangka memang, bahwa dibalik rimbunnya kebun kopi, seolah tersimpan oase yang menyegarkan. Selain menikmati wisata alam air terjun yang indah, di Objek Wisata Alam Coban Tundo 3 ini, Dolaners juga bisa menikmati segarnya air dengan bereneng. Airnya yang bening memang selalu berhasil mengajak siapa saja menceburkan diri ke dalamnya. Jangan khawatir, untuk yang tidak bisa bereneng, Dolaners bisa menyewa ban yang memang sudah banyak ditawarkan oleh warga sekitar.

Bagi Dolaners yang suka tantangan, bisa loncat dari ketinggian dan melayang menuju ke kolam (cekungan) air di bawah Coban Tundo 3 ini. Sensasinya menang tarasa menegangkan, namun dijamin akan merasa ketagihan untuk mencoba kembali. Untuk bisa sampai ke tempat seindah Coban Tundo. dibutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari perkampungan dan 5 menit berjalan kaki untuk dapat sampai ke lokasi air terjun. Sebaiknya menggunakan sepeda motor manual dan sangat tidak disarankan matic, mengingat trek yang akan Dolaners lalui berupa tanjakan. Namun bagi yang tidak berani mengendarai sendiri, maka bisa menggunakan jasa ojek dengan membayar sekitar Rp. 30.000,- untuk pulang pergi. Harga tiket masuk yang ditawarkan di objek wisata alam Coban Tundo ini sendiri terbilang sangat murah, yankni hanya Rp. 5.000,-.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi

Untuk bisa menuju ke objek wisata alam Coba Tundo 3, ada beberapa alternatif pilihan jalur perjalanan yang bisa Dolaners lewati, yakni :

Jalur Kota Malang – Sukodono, Dampit – Sidoasri : Dari Kota Malang, Dolaners bisa ambil jalur ke arah Kec. Dampit melalui Turen. Setelah sampai di sekitar pasar Dampit cari arah ke Sukodono yang berjarak sekitar 1 jam perjalanan. Dolaners akan melalui area Dampit Selatan yang sejuk karena dikelilingi perkebunan kopi dan kakao. Jalanan beraspal relatif bagus. Setelah sampai di bundaran Balai Desa Sukodono, ada penunjuk arah ke Coban Tundo.

Jalur Kota Malang – Klepu – Sidoasri : Bagi yang gemar petualangan, jalur ini bisa jadi pilihan. Tapi perlu diingat, jalur Klepu (Sumbermanjing Wetan) cukup berat dan paling jauh. Klepu bisa masuk dari pertigaan sebelum SPBU Sumbermanjing, ambil jalan lurus. Dolaners akan melalui beberapa desa serta jalan makadam (berbatu) di kawasan PTPN XII. Sering-seringlah bertanya kepada warga, karena terdapat banyak percabangan jalan menuju Tambakasri/Sidoasri. Nilai plus dari jalur ini adalah pemandangan selama di perjalanan sangat indah.

Jalur Kota Malang – Kedung Banteng – Sidoasri : Jalur ini relatif lebih dekat daripada Klepu. Masih di jalur arah Pantai Sendang Biru, masuk melalui perempatan (Pos ojek) Kedung Banteng – Desa Sitiarjo – Sidoasri – Tambakasri. Jalanan beton dua jalur akan Dolaners lalui hingga masuk Desa Sidoasri.

Perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke Coban Tundo 3 Malang ini. Sehingga jika Dolaners ingin berlibur ke wisata alam yang satu ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Coban Tundo 3 dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi, baik roda dua maupun roda empat.

Untuk yang menggunakan kendaraan roda empat, begitu memasuki gerbang jalur setapak, mobil sudah tidak bisa melanjutkan perjalanan. Kendaraan harus diparkir di depan rumah warga yang memeng dijadikan sebagai lahan parkir. Perjalanan bisa Dolaners lanjutkan dengan menggunakan jasa ojek yang akan mengantar jemput sampai ke Coban Tundo 3, dengan biaya sekitar Rp. 30.000,- hingga Rp. 50.000,-.

Untuk yang menggunakan kendaraan roda dua, maka bisa meneruskan perjalanan sampai ke tempat parkir di dekat Coban Tundo 3. Tidak disarankan menggunakan motor matic, dan pastikan bahan bakar terisi penuh. Satu lagi, keterampilan berkendara Dolanersakan diuji di sini, melewati jalur sempit di tengah perkebunan kopi yang sesekali berada di tepian tebing curam.

Penginapan Disekitar