Curug Lawe dan Benowo

Meskipun lokasi kedua curug masih terbilang tersembunyi dan baru. Namun tempat wisata ini sudah cukup nge-hits dikalangan wisatawan domestik khususnya warga Semarang. Curug lawe dan Benowo berada dalam kawasan perkebunan cengkeh di lereng pegunungan. Letaknya yang tersembunyi di dalam hutan akan menambah kesan hijau dan alami.

Photo by slamsr.com

Di Kota Semarang tepatnya di kawasan gunung Ungaran terdapat tempat wisata yang menarik berupa air terjun. Tak tanggung-tanggung, air terjun di lokasi wisata tersebut ada dua yang letaknya tak begitu jauh. Sekali berkunjung, dua lokasi cantik yaitu Curug Lawe dan Benowo akan Dolaners dapatkan. Dolaners akan melakukan perjalanan melalui tanjakan dan turunan untuk menuju lokasi wisata Curug Lawe dan Benowo. Bagi pecinta alam hal ini akan menjadi tantangan dan merasa lelah namun perasaan itu akan terhapus oleh perpaduan warna cantik hijaunya dedaunan coklat kayu dan ranting basah di sekitarnya yang memanjakan mata yang memandang. Dolaners akan melewati sebuah jembatan yang terbentang di atas derasnya air irigasi.

Di atas jembatan itu biasanya para pengunjung berfoto-foto sebelum nantinya menuju ke Curug Lawe dan Benowo. Sebab spot tersebut sangat menarik dan memiliki background yang cantik untuk Dolaners berfoto. Beberapa menit setelah dari jembatan tersebut dolaner akan menemui tanda yang menunjukkan percabangan antara Curug Lawe dan Curug Benowo. Diasarankan Dolaners mengambil arah ke Benowo dulu sebab perjalanan menuju ke curug tersebut lebih menantang karena lebih curam, licin dan trek yang naik turun. Di Curug Benowo, Dolaners akan menemukan keindahan curug atau air terjun yang begitu deras. Bahkan dapat berbasah-basahan di bawah terpaan air terjun curug Benowo yang begitu derasnya mengalir. Namun Dolaners juga harus tetap berhati-hati sebab banyak bebatuan licin di sekitar Curug Benowo. Seusai menikmati keindahan Curug Benowo Dolaners bisa langsung mengarahkan perjalanan menuju ke Curug Lawe yang tak jauh dari Benowo.

Hanya butuh sekitar setengah jam perjalanan untuk menuju Curug Lawe sebab ada jalan penghubung antara kedua curug tersebut. Sesampai di Curug Lawe akan terlihat begitu indahnya lengkungan tebing Curug Lawe yang diselimuti air yang menjuntai ke bawah dengan begitu derasnya. Pemandangan yang indah. Namun di curug lawe Dolaners harus lebih waspada sebab di sana kerap terjadi ada tanaman atau pepohonan roboh dari atas tebing. Maka bagi Dolaners yang menyukai wisata alam, obyek wisata Curug Lawe dan Benowo di Kota Semarang bisa jadi pilihan. Tak perlu biaya mahal dan jauh-jauh, Dolaners sudah dapat menikmati dua keindahan alam yang mempesona dalam satu waktu.

AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Curug Lawe dan Benowo ini yakni jika dari Alun Alun Ungaran ke arah Mapagan (Jalan ke arah gunungpati), setelah menemukan gapura “Selamat datang Kampus Di Sekaran Gunungpati” maju lagi sekitar 1.700 m, di sisi kanan jalan ada Makam Darul Mukminin Siplaosan Sumurgunung belok kiri masuk ke Jalan Dukuh Sumur Gunung, Terus saja sampai di posko, dimana kendaraan atau mobil diparkir untuk melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki. Dari posko ini perjalanan harus ditempuh dengan jalan kaki selama kurang lebih 2 jam melalui jalan yang medannya bisa dikatakan tidak terlalu mudah.
Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke wisata alam Curug Lawe dan Benowo, maka jika dari semarang kota yakni naik angkutan umum berkode BRT Semarang – Ungaran (turun di terminal sisemut), kemudian naik angkutan jurusan gunungpati turun di sumur gunung, dari sini Dolaners bisa naik ojek sampai ke POS Curug Lawe dan Benowo.