Curug Malela

Benang sutra halus yang berkilauan merupakan ungkapan yang pas untuk menyebut keidahan Air Terjun Curug Malela dari kejauhan. Sejauh mata memandang akan ditemui pemandangan hijau serta tebing yang membentuk kontur eksotis. Tak ketinggalan pula monyet ekor panjang yang menambah nuansa alami curug.

Curug Malela

Photo by tempatwisatadibandung.info

Air Terjun Curug Malela adalah eksotisme alam yang tersembunyi di kawasan Bandung, dikatakan demikian karena curug ini masih perawan alias jalur aksesnya belum dibuka. Perlu perjuangan memang untuk mencapai curug yang penuh pesoana ini, namun pesonanya yang sering disebut sebagai air terjun niagara mini mampu menyihir wisatawan untuk datang kembali.

Air Terjun Curug Malela memiliki ketinggian sekitar 60 m dan lebar curug mencapai 70 meter. Di sebelah kanan curug Dolaners juga dapat menyaksikan tebing putih yang menambah eksotisme curug malela. Tebing putih ini diperkirakan sisa air terjun yang telah mengering. Jika benar demikian tentunya Air Terjun Curug Malela bisa jadi merupakan air terjun terindah di Bandung. Jika beruntung, Dolaners juga dapat menyaksikan sekelompok monyet ekor panjang yang sering bermain di area curug atau sekedar numpang minum. Curug Malela merupakan curug tertinggi dari rangkaian tujuh air terjun sepanjang 1 kilometer. Curug Malela sendiri memiliki keunikan yang tak terdapat pada air terjun lain, yaitu air yang membelah menjadi 5 jalur saat jatuh. Keunikan lain dari curug ini adalah keberadaan batu batu besar yang mengapit curug, karena medan yang lumayan terjal inilah Dolaners harus benar benar hati hati ketika ingin menggapai air terjun. Curug Malela akan membentuk sebuah aliran sungai yang memungkinkan Dolaners untuk berenag dan bermain air. Dolaners juga dapat merasakan lembutnya air terjun yang jatuh dan tersibak oleh air. Air di Curug Malela juga tebilang bersih, hanya saja air akan sedikit berwarna kekuningan saat musim hujan akibat lumpur yang ikut terbawa air hujan.

Meskipun letaknya tersembunyi, sudah ada fasilitas yang dapat Dolaners gunakan di tempat wisata ini, antara lain tempat parkir luas, toilet serta kios makanan dengan suasana yang menenangkan.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Jika Dolaners ingin berkunjung ke wisata alam Curug Malela ini makan rute jalan yang wajib Dolaners lalui adalah dari Cimahi – Batujajar – Cihampelas – Cililin – Sindang Kerta – Gunung Halu – Buni Jaya – Curug Malela.
Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum untuk sampai ke Wisata Alam Air Terjun Curug Malela, maka jika dari Terminal Leuwipanjang, dari sini Dolaners bisa naik angkot jurusan Cimahi/Cililin. Sampai di Cililin Dolaners turun kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik bus jurusan Gunung Halu/ Buni Jaya.Sesampainya di Terminal Buni jaya, Dolaners melanjutkan perjalanan dengan kendaraan berupa ojek menuju desa Cicadas.Setelah sampai di Cicadas, maka Dolaners tinggal melanjutkan perjalanan ke lokasi Curug Malela dengan berjalan kaki.