Embung Nglanggeran

Dolaners bisa menikmati senja di tepi Embung Nglanggeran tanpa terhalang pepohonan atau perbukitan. Sinar mentari sore yang keemasan akan menerpa permukaan embung. Mentari yang turun perlahan akan membias di air sehingga menciptakan refleksi yang indah.

Photo by Yanuar Wisnu

Mau tau apa aja yang baru di Jogja? Ini nih yang lagi hits di social media. Adalah Embung Nglanggeran, embung sendiri adalah sebutan orang Jawa bagi kata telaga. Sebenarnya Embung Nglanggeran merupakan sebuah telaga buatan yang difungsikan untuk mengairi perkebunan buah yang ada di sekitar Gunung Api Purba Nglanggeran. Namun karena keelokannya, kini selain sebagai sumber pengairan, Embung Nglanggeran juga mempunyai fungsi ganda sebagai objek wisata. Embung Nglanggeran sendiri terletak di pinggang daripada Gunung Api Purba Nglanggeran. Lokasi embung dulunya merupakan sebuah bukit yang kemudian dipotong dan dijadikan telaga buatan. Untuk mencapai lokasi Embung Nglanggeran Dolaners harus mendaki puluhan anak tangga yang berkelok-kelok. Namun begitu tiba di puncak, mata akan disuguhi sepaket pemandangan yang sangat menakjubkan. Saat melayangkan pandang ke sekitar, mata Dolaers akan dimanjakan dengan pemandangan gugusan batu raksasa yang membentuk Gunung Nglanggeran.

Di sisi lain Dolaners juga bisa memandang lembah menghijau hingga batas horison. Di kawasan Embung Nglanggeran Yogyakarta ini terdapat gazebo yang bisa digunakan untuk beristirahat. Sore hari adalah waktu terbaik untuk mengunjungi tempat ini karena panorama yang akan ditampilkan begitu memukau. Selain kala senja, Dolaners juga bisa datang di pagi hari untuk menikmati pemandangan yang mempesona. Jangan lupa pula untuk mengabadikan setiap moment yang ada di Embung Nglanggeran, Yogyakarta ini.

AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
  1. Rute dari Jogja (Barat) ke Embung Nglanggeran :

Jogja – Jalan Wonosari – Bukit Hargodumilah atau Bukit Bintang – Perempatan Timur Radio GCD FM Patuk ke kiri – Desa Ngoro-oro – Pertigaan setelah UPT Puskesmas Patuk II ke kanan – Pendopo Kalisong  lurus saja ikuti jalan aspal – Pertigaan setelah SDN Nglanggeran ke kiri – ikuti papan petunjuk menuju Kebun Buah Nglanggeran di tikungan dan pertigaan – Kebun Buah Nglanggeran – Gerbang Masuk Embung Nglanggeran – 10 menit perjalanan jalur berbatu – Perkiran Embung Nglanggeran.

1. Rute dari Wonosari (Timur) ke Embung Nglanggeran :

Wonosari – Bundaran Siyono – Tugu Batas Kota Wonosari – Lanud TNI AU Gading – Rest Area Bunder – Pertigaan Sambi Pitu memutar ke kanan – sekitar 50 KM akan ada pertigaan, ke kiri, masuk ke Padukuhan Widoro Wetan – Balai Padukuhan Nglanggeran Wetan – Pertigaan ke kanan – Kebun Buah Nglanggeran – Gerbang Masuk Embung Nglanggeran – 10 menit perjalanan jalur berbatu – Perkiran Embung Nglanggeran.

Perlu diketahui hingga saat ini belum tersedia angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners langsung sampai ke Embung Nglanggeran ini. Sehingga jika Dolaners ingin berlibur ke kawasan ini, Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi. Wisata Embung Nglanggeran dapat diakses menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil.