Embung Tambakboyo

Memiliki keistimewaan dari sisi lahannya yang luas dan hijau. Dolaners akan merasakan kelapangan dan kenyamanan udara yang segar jika berkunjung ke Embung Tambakboyo ini. Panas terik matahari akan hilang oleh hijaunya pepohonan yang ada di sekitar waduk.

Embung Tambakboyo

Photo by cermin-jayaperkasa.blogspot.co.id

Embung Tambakboyo merupakan sebuah waduk yang berada di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, Yogyakarta atau sekitar 1, 5 kilometer ke utara dari perempatan Ring Road Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Yogyakarta. Waduk yang luasnya 7,8 hektar dan volume tampungan sekitar 400.000 m3 ini memiliki wilayah yang cukup luas. Debit sungai pada musim kemarau sekitar 150 lt/det dengan kedalaman air rata-rata sekita 7 m. Air waduk Embung Tambakboyo ini berasal dari sungai Tambak Bayan dan sungai Buntung. Jalan inspeksi Embung Tambakboyo ini memiliki panjang 1.769 m dengan lebar 6 m. Fungsi utama dari awal pembangunan waduk ini sebernarnya adalah sebagai cadangan dan resapan air tanah untuk warga Bantul, Sleman, Yogyakarta. Namun lambat laun Embung Tambakboyo juga dijadikan sebagai tempat wisata air dan pemancingan yang mengasyikkan oleh warga Yogyakarta.

Bahkan saat ini Embung Tambakboyo semakin termasyur namanya sebagai salah satu tempat wisata baru yang ada di kawasan Yogyakarta. Selain hanya melihat keindahan waduk saja, di Wisata Embung Tambakboyo ini Dolaners bisa melakukan bayak hal menarik lainnya. Dolaners juga dapat melakukan olah raga air seperti mendayung kano, jet sky, dan sebagainya. Jika lapar, Dolaners dapat memancing ikan di waduk dan membakarnya di warung sekitar waduk lalu menyantapnya. Gimana, Dolaners sudah siap melihat kegagahan Embung Tambakboyo?


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Embung Tambakboyo berlokasi di Dusun Tambakboyo, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, tepatnya berada di hilir Sungai Tambakboyo dan Buntung. Untuk mencapai lokasi tersebut, dari perempatan ring road UPN Veteran Jogja, Dolaners tinggal masuk kearah utara, sekitar lima ratus meter, kemudian setelah bertemu perumahan Mataram Bumi Sejahtera (MBS), Dolaners masuk ke arah timur sedikit.
Jika menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa menuju ke terminal Giwangan, Yogyakarta, dari sini Dolaners cukup naik bus jalur 10 atau bus armada RAS. Kemudian turun di jalan desa menuju waduk. Setelah itu, Dolaners dapat berjalan kaki atau naik ojek menuju Waduk Embung Tambakboyo.