Goa Kreo

Perjuangan ekstra keras untuk mencapai mulut Goa Kreo dengan melintasi anak tangga yang curam dan banyak. Namun perjalanan Dolaners tidak akan berlalu begitu saja karena ada terbayar oleh nuansa alam yang asri dan air terjun disebelah utara Goa yang akan menyambut pada Dolaners. Air tersebut bersumber dari mata air yang tidak akan kering dan selalu jernih meski musim kemarau sekalipun.

Goa Kreo

Photo by putrinadhiafeb.blogspot.co.id

Sebuah tempat wisata yang dahulu konon menjadi tempat Sunan Kalijaga bertapa kini menjadi salah satu destinasi wisata kota Semarang yakni Goa Kreo. Goa ini berada di kawasan hutan dengan luas area sekitar 5 hektar di lembah Sungai Kreo dan perbukitan Gunung Krincing. Jika Dolaners ingin beranjak menuju Goa Kreo ini jika dari Tugu Muda berjarak sekitar 13 km kearah selatan tepatnya di dukuh Talun Kacang, kelurahan Kandri, kecamatan Mijen.

Menurut cerita Goa Kreo ini sebagai bekas tempat bersejarah bagi Sunan Kalijaga ketika mencari kayu jati untuk mendirikan Masjid Agung Demak. Sang sunan berjumpa dengan kawanan kera yang lalu dimintanya menjaga kayu jati tersebut. Sekitar obyek wisata ini terdapat sungai nan berbatu berair jernih, hamparan sawah yang luas dan pepohonan rindang pada tebing yang curam sehingga membuat Dolaners betah menikmati udara pegunungan yang bersih. Terdapat banyak daya pikat yang dihasilkan Goa Kreo Semarang ini namun diantara banyak hal tersebut ada 2 daya tarik yang akan membuat para Dolaners kepincut. Daya pikat tersebut antara lain air terjun yang berukuran kecil namun memiliki air yang jernih. Di tempat ini Dolaners bisa bermain air sambil menikmati udara bebas yang sejuk dan kaya oksigen. Selain itu terdapat Goa yang menjadi tempat tinggal kera liar yang berjumlah puluhan yang bertingkah dengan bebasnya. Dolaners juga bisa menyaksikan aksi kera yang lucu dan terkadang jinak.

Dolaners bisa mengunjungi Goa Kreo di Semarang ini ketika jam operasionalnya yakni mulai jam 6 pagi hingga jam 6 sore. Dengan pesona yang ditawarkan obyek wisata ini yakni berupa wisata alam, wisata religi dan wisata edukasi nuansa berlibur para Dolaners akan semakin lengkap. Apalagi ditambah arena bermain anak berupa ayunan , perosotan dll.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Goa Kreo ini cukup mudah, yakni dari pusat Kota Semarang, atau tepatnya Simpang Lima, ambillah jalan menuju bundaran Kalibanteng. Sampai di lampu merah Kalibanteng, belok kiri. Kurang lebih 45 menit kemudian sampailah Dolaners di Goa Kreo.
Untuk dapat sampai ke Goa Kreo, Dolaners dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika Dolaners menggunakan kendaraan umum, maka dari terminal Terboyo, pilih bus jurusan Gunungpati. Cukup naik bis satu kali saja. Sering-sering tengok ke kanan jalan, dan cari plang bertuliskan Goa Kreo. Tidak susah mencari Goa Kreo ini, karena aksesnya yang hanya mengikuti jalan lurus.