Gubug Makan Mang Engking

Dengan saung-saung dan bangunan yang didominasi dengan bambu, kolam dengan ikan-ikan dan pemandangan sawah atau pegunungan menjadi ciri khas utama Gubug Makan Mang Engking di Ungaran, Semarang. Bukan sekedar menawarkan aneka kuliner bercitarasa lezat, Dolaners juga akan merasakan sensasi berwisata di area pedesaan yang kini jarang dapat dinikmati di berbagai tempat.

Gubug Makan Mang Engking Ungaran Gubug Makan Mang Engking Ungaran - Dolan Dolen

Photo by safiamita.blogspot.co.id

Gubug Makan Mang Engking merupakan salah satu rumah makan yang cukup terkenal yang berada di Ungaran, kabupaten Semarang. Berlokasi di Jalan Diponegoro No 249 Ungaran, akses menuju ke lokasi ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika Dolaners berangkat dari arah Solo, Dolaners tinggal mengikuti jalan menuju Semarang. Dari Semarang, Dolaners bisa menuju ke kawasan Ungaran dan langsung masuk jalan tol. Keluar jalan tol, Dolaners masuk ke kawasan Jalan Diponegoro, Unggaran. Dari sini Dolaners tinggal lurus saja mengikuti jalan hingga menemukan Gubug Makan Mang Engking, yang lokasinya sendiri terletak di pinggir jalan utama Semarang-Solo-Yogyakarta. Rumah Makan yang satu ini menawarkan aneka hidangan khas Sunda. Restoran waralaba ini menempati lahan seluas 1,7 hektare dan dapat menampung hingga 500 orang yang terbagi menjadi dua bagian utama. Bagian atas restoran adalah gaya kolonial dengan teras taman yang dapat menampung hingga 350 orang. Dan bagian bawah, terdapat gubuk gubuk makan di atas kolam yang dikelilingi oleh sawah hijau. Bungalow dirancang dalam gaya tradisional rumah Jawa dengan bambu dan atap jerami.

Selain menikmati makanan lezat khas Gubug Makan Mang Engking Semarang, di sini Dolaners juga bisa menikmati pemandagan sembari menghirup udara segar dari sawah sekitar restoran. Pemandangan Gunung Unggaran yang menakjubkan dapat Dolaners saksikan dari sudut manapun di restoran ini. Rumah Makan yang didesain asri dengan dipenuhi dinding bambu, atap dari daun nipah sejenis jerami serta lantai kayu merupakan paduan Sundha, Yogyakarta dan Bali khas sebagai khas Gubung Mang Engking. Jangan lupa membawa kamera kesayangan. Karena selain sebagai tempat makan, Gubug Makan Mang Engking juga memiliki panorama yang sangat apik untuk dijadikan lokasi hunting foto, bahkan pengambilan foto prewedding sekalipun. Tak berhenti sampai disitu, Gubug Mang Engking juga fasilitas play ground untuk anak-anak, hotspot dan musolah. Ada yang unik dari Restoran Gubug Makan Mang Engking Ungaran, di tempat ini terdapat sebuah kandang yang berisi sepasang macan benggala yang gagah.


Kuliner
Akomodasi
Tips Kuliner
Tips BerwisataAkses Transportasi
Gubug Makan Mang Engking (GMME) berlokasi di Jalan Diponegoro No 249 Ungaran. Akses menuju ke lokasi ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika Dolaners berangkat dari arah Solo, Dolaners tinggal mengikuti jalan menuju Semarang. Dari Semarang, Dolaners bisa menuju ke kawasan Ungaran dan langsung masuk jalan tol. Keluar jalan tol, Dolaners masuk ke kawasan Jalan Diponegoro, Unggaran. Dari sini Dolaners tinggal lurus saja mengikuti jalan hingga menemukan Gubug Makan Mang Engking, yang lokasinya sendiri terletak di pinggir jalan utama Semarang-Solo-Yogyakarta.
Jika Dolaners menggunakan transportasi umum untuk sampai ke Gubug Makan Mang Engking ini, Dolaners bisa naik bus dengan ukuran sedang yang memiliki jurusan Semarang – Ambarawa atau Semarang – Salatiga. Bus ini akan mengantarkan Dolaners sampai di depan Resto Mang Engking di Ungaran. Atau untuk lebih praktis, Dolaners bisa menggunakan jasa taxi.