Denpasar

Gunung Catur

Puncak kaldera tertinggi gunung purba di pulau bali yang disandang oleh gunung catur tak lantas menjadikannya sebagai gunung yang sulit ditaklukkan. Medannya yang telah dibangun tangga batu padas serta tersedianya berbagai fasilitas pendakian membuat gunung catur bersahabat bagi pendaki pemula.

Gunung Catur

Photo by travelling-bali.com

Gunung catur merupakan gunung dengan puncak kaldera tertinggi dari sederetan gunung yang ada di jalur tengah pulau bali. Berada di ketinggian 2096 mdpl membuat kawasan gunung catur diselimuti oleh kabut tebal serta udara yang dingin. Puncak Gunung Catur sering disebut sebagai puncak mangu atau pucak mangu, hal ini dikarekan di puncak gunung ini terdapat sebuah pura yang bernama pura pucak mangu. Hingga saat ini pura ini masih difungsikan sebagai upacara adat dan juga tempat sembahyang bagi warga sekitar. Fasilitas pendakian gunung catur juga tebilang lengkap, Dolaners dapat memarkir kendaraan dengan aman di titik awal pendakian dengan aman, ada gazebo buat berteduh, san juga tong sampah yang tersedia di jalur pendakian.

Sepanjang perjalanan mendaki, Dolaners akan deitemani oleh monyet monyet nakal. Tak jarang monyet monyet ini akan mengambil barang dari dalam tas, jadi pastikan tas Dolaners aman ya. Saat akan memasuki daerah puncak Gunung Catur, Dolaners akan dihadapkan dengan dua pohon sejajar yang berhimpit. Penduduk sekitar menyebut pohon ini sebagai pohin kembar. Konon katanya, pohon ini adalah gerbagng menuju puncak mangu, ditempat ini Dolaners harus sangat menjaga sopan santun, karena mulai wilayah ini nuansa adat bali sangat kental.

Tak berapa lama setelah itu Dolaners akan sampai di pucak mangu. Pucak mangu adalah pura megah pusat pesona dari Gunung Catur Bali. Dari atas sini Dolaners bisa menyaksikan keindahan danau beratan dan juga gugusan gunung diwilayan begudul. Hawa yang sejuk juga akan membuat Dolaners betah berlama lama di kawasan ini. Sayangnya kebersihan gunung catur kurang terjaga, banyak sampah sisa pendakian maupun sisa upacara di pucak mangu berserakan. Padahal pihak pengelola Gunung Catur Bali telah menyediakan tempat sampah yang lebih dari cukup.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Untuk mencapai puncak Gunung Catur Dolaners bisa melalui dua jalur. Jalur pertama masuk dari kawasan wisata Bedugul, tepatnya dimana sebuah situs bernama Goa Jepang berada. Sepanjang jalur menuju puncak terdapat lima buah pos/shelter untuk beristirahat atau berteduh dari hujan yang lumayan sering turun di gunung ini. Hati-hati, banyak pacet mengintai. Sedangkan jalur kedua bisa ditempuh melalui desa Pinggan. Desa Pinggan berada di sisi timur gunung di kecamatan Kintamani, Bangli. Jalur yang rapat tumbuhan tropis, udara lembab, trek variatif landai di awal hingga curam menjelang puncak cukup menantang selama pendakian. Namun saat menuruni gunung kembali ke pos awal kita akan disuguhi pemandangan yang luar biasa indah.
Bagi Dolaners yang ingin berlibur dan mecoba mendaki Gunung Catur disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Karena hingga saat ini belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke tempat ini.