Gunung Ungaran

Tak hanya sekedar mendaki saja, selama diperjalanan coba pandang dan perhatikan pemandangan di sekelilingnya, Dolaners akan disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indah. Spot alam seperti perkebunan teh dan perkebunan kopi menjadi teman mendaki. Tak hanya itu kawasan hutan seperti Hutan Dipterokarp Bukit, Hutan Dipterokarp Atas, Hutan Montane, dan Hutan Ericaceous atau hutan gunung juga menjadi salah satu spot yang pantas untuk diabadikan dengan bidikan kamera kesayangan.

Puncak Gunung Ungaran

Photo by hidupmulaisekarang.blogspot.co.id

Gunung Ungaran merupakan salah satu gunung wisata yang namanya sudah sangat terkenal. Jika weekend tiba, para Dolaners berbondong bondong untuk berwisata ke gunung yang satu ini. Lokasi Gunung Ungaran Semarang bisa ditempuh melalui tiga arah. Pertama, dari Gedung Songo yang terletak di desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Akses rutenya yakni dari Kota Ungaran – Bandungan – Gedong Songo yang kemudian mengikuti jalur pendakian. Kedua, dari arah Jimbaran atau Sidomukti, dengan melewati kebun kopi yang disambung dengan mengikuti jalur pendakian. Ketiga, dari arah Medini atau Promasan. Melewati bumi perkemahan Gonoharjo, Kecamatan Boja, Kabupaten kendal, yang dilanjutan dengan melewati kebun teh dan kemudian mengikuti jalur pendakian. Hingga kini pengelola terus menambah fasilitas guna menunjang kebutuhan setiap wisatawan yang datang. Jalur pendakian menuju puncak Gunung Ungaran pun semakin dibenahi hingga menjadikan Dolaners nyaman, walau untuk pendaki pemula sekaipun. Sepanjang perjalanan, dijamin Dolaners akan menemukan banyak spot keindahan yang akan membuat decak kagum. Tentu saja, tak lain dan tak bukan, spot yang paling dicari dalam sebuah pendakian pastilah puncak Gunung Ungaran. Puncak dengan ketinggian 2050mdpl ini mempunyai 3 pucuk tugu dan sebuah tiang bendera. Spot ini menjadi semakin padat dan ramai ketika para Dolaners berkumpul menunggu sang surya terbit dari ufuk timur. Puas mendaki Gunung Ungaran, Dolaners bisa sekaian mampir ke beberapa tempat wisata ternama yang ada di kawasan ini, seperti Candi Gedongsongo, Curug/air terjun Semirang, Curug Lawe, Pemandian air panas.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi

LokasiGunung Ungaran bisa ditempuh melalui tiga arah. Pertama, dari Gedung Songo yang terletak di desa Darum, Kelurahan Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Propinsi Jawa Tengah. Akses rutenya yakni dari Kota Ungaran – Bandungan – Gedong Songo yang kemudian mengikuti jalur pendakian.

Kedua, dari arah Jimbaran atau Sidomukti, dengan melewati kebun kopi yang disambung dengan mengikuti jalur pendakian.

Ketiga, dari arah Medini atau Promasan. Melewati bumi perkemahan Gonoharjo, Kecamatan Boja, Kabupaten kendal, yang dilanjutan dengan melewati kebun teh dan kemudian mengikuti jalur pendakian. Waktu pendakian rata-rata setiap jalur memakan waktu pendakian 4 jam. Untuk turun hanya memakan waktu 1 sampai 2 jam saja. Jika Dolaners ingin maksimal menikmati keindaan Gunung Ungaran secara lebih, disaranan untuk memilih jalur naik dan jalur turun menggunakan jalur yang berbeda. Seperti mendaki melalui jalur Promasan, dan turun melalui jalur Gedong Songo.

Bagi Dolaners yang ingin berlibur ke Wisata Gunung Ungaran disarankan untuk membawa kendaraan pribadi. Karena hingga saat ini belum ada angkutan umum yang bisa mengantarkan Dolaners sampai ke tempat ini.