Hutan Pinus Imogiri

Hutan Nasional yang kini keberadaannya menjadi salah satu destinasi favorit di Yogyakarta. Kesejukan dan keindahan alam pepohonan sekitar menjadi daya utama para Dolaners ke Hutan Pinus Nganjir atau yang lebih dikenal dengan sebutan Hutan Pinus Imogiri. Selain hawa yang sejuk dan lingkungan yang terjaga, banyak spot unik untuk berfoto yang siap menghiasi akun Instagram Dolaners.

Hutan Pinus Imogiri Hutan Pinus Imogiri - Dolan Dolen

Photo by maioloo.com

Ingin berlibur dengan nuansa yang berbeda? Yuk, berkunjung ke Hutan Pinus Imogiri. Hutan pinus ini terletak berdekatan dengan Kebun Buah Mangunan atau tepatnya berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Hutan Pinus Imogiri ini sendiri memiliki keistimewaan yakni jika Dolaners berada di hutan ini maka akan merasakan seolah sedang berada di forks, yang merupakan tempat syuting film Twilight. Mengapa demian? Karena tanah yang dimiliki Hutan Pinus Imogiri ini berwarna coklat kemerahan dengan ditumbuhi banyak pohon pinus yang ketinggiannya bisa mencapai puluhan meter persis seperti di film kesukaan Dolaners tersebut. Kawasan hutan pinus ini memang kerap dijadikan sebagai tempat wisata anak muda. Tak heran jika Hutan Pinus Nganjir ini sangat dikenal di sosial media seperti Instagram. Apalagi ditambah dengan dibangunnya panggung terbuka yang bisa digunakan untuk ruang teater, sastra, hingga ruang pertunjukan musik di area terbuka yang sejuk. Panggung dan bangku-bangku penonton didesain setengah lingkaran. Semua fokus mengarahkan bangku-bangku pada panggung. Bahan bangku dan panggung semua diambil dari kayu pohon yang masih terlihat bentuk aslinya.

Inilah yang menjadikan kawasan panggung ruang terbuka hutan Imogiri Bantul Yogyakarta menjadi unik dan menarik. Selain kerap dijadikan sebagai salah satu destinasi anak muda, di kawasan Hutan Pinus Imogiri Yogyakarta ini terkenal keindahannya dan keunikannya sehingga tidak jarang hutan pinus ini dijadikan tempat untuk foto hunting suatu brand, hingga pernah dijadikan lokasi syuting dari salah satu film layar lebar dalam negeri. Hutan Pinus Imogiri ini akan terlihat sangat memukau apabila Dolaners berkunjung pada pagi hari. Dolaners akan bisa merasakan hawa segar hutan yang masih tertutup kabut tetapi di sela-sela kanopi pohon terpancar sinar matahari yang menembus sampai ke dasar tanah. Golden time untuk mengungjungi Hutan Pinus Imogiri Bantul ini sekitar pukul 06.00 – 10.00 WIB atau pukul 15.00 – 18.00 WIB. Namun tak ada salahnya jika datang pada siang hari, apalagi dari hutan pinus Imogiri ini juga tidak terlalu jauh dengan destinasi wisata menarik lainnya di wilayah Imogiri, Bantul.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Hutan Pinus Imogiri ini berlokasi di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Ketika Dolaners dari Jogja dan melewati ring road selatan dari arah gamping Dolaners harus mengikuti petunjuk jalan menuju ke arah Parangtritis menuju ke Kecamatan Dlingo. Setelah itu ikuti papan petunjuk ke arah Kebun Buah Mangunan. Ketika sudah sampai ke Kebun Buah tersebut lurus lagi sekitar 1 km mengikuti jalan yang beraspal halus. Jika jalan yang Dolaners tempuh benar maka Dolaners akan menemukan jalan yang menanjak. Mengingat aksesnya cukup sulit sebaiknya Dolaners berhati-hati dalam berkendara.
Berhubung tidak ada transportasi publik yang melayani rute hingga Kawasan Hutan Pinus Imogiri ini, maka Dolaners disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Perjalanan bisa ditempuh menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat.