Jembatan Plunyon

Satu satunya bangunana yang masih kokoh berdiri hingga sekarang, setelah pada tahun 2010 terjadi letusan Gunung Merapi yang maha dahsyat. Bangunan Jembatan Plunyon ini tetap tegak tak bergeming meski diterjang awan panas. Padahal seperti yang Dolaners tahu alam disekelilingnya telah berubah wujud.

Jembatan Plunyon Kali Kuning

Photo by potograpero.com

Jembatan Plunyon dan kali kuning bagai dua mata uang yang tak dapat dipisahkan. Kini setiap Dolaners yang datang ke wisata Gunung Merapi sudah dapat dipastikan akan mengunjungi Jembatan Plunyon ini. Dolaners berbondong bondong berburu foto di atas jembatan yang melegenda ini. Selain menikmati panorama dan hunting foto, di kawasan Desa ini Dolaners juga bisa berkeliling melihat sisa jejak erupsi gunung merapi.

Tak hanya itu, Dolaners juga bisa mencicipi aneka hidangan kuliner tradisional yang dijajakan oleh beberapa warung makan yang ada di sekitar kawasan Desa Umbulharjo ini. Jembatan Plunyon sendiri berlokasi di lereng selatan dari Gunung Semeru yang masuk pada kawasan Dusun Plunyon, Desa Umbulharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Dari pusat kota Jogja, Dolaners tinggal menuju ke jalan kaliurang menuju kali urang, sebelum pos tiket masuk kali urang ada papan petunjuk ke arah kali kuning/lava tour/golf merapi sekitar km 22 belok ke kanan setelah beberapa meter belok ke kanan, ada pertigaan belok kiri menuju Kali adem.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi

Dari pusat kota Jogja Dolaners tinggal menuju ke jalan kaliurang menuju kali urang, sebelum pos tiket masuk kali urang ada papan petunjuk ke arah kali kuning/lava tour/golf merapi sekitar km 22 belok ke kanan setelah beberapa meter belok ke kanan, ada pertigaan belok kiri  menuju Kali adem.

Ada 2 akses untuk menikmati Jembatan Plunyon, Kali Kuning ini :

  1. Dolaners lewat bawah, ada papan petunjuk yang mengarahkan kita ke kali kuning / jembatan pluyon, dari jalan menuju kali adem belok kiri melalui jalan kecil dengan kondisi jalan berbatu-batu dan menanjak.
  2. Dolaners lewat atas, bedanya jika dari atas relatif lebih jauh untuk menuju jembatan kali kuning dan sungai nya. tapi sama-sama menyenangkan kok.

Hingga saat ini belum ada transportasi umum yang bisa mengantar Dolaners langsung ke kawasan area Jembatan Plunyon ini. Jadi Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadai untuk samapi di kawasan desa ini. Baik kendaraan roda 2 maupun roda 4 bisa menjangkau sampai ke Desa Kalikuning ini.