Kampung Edukasi Watu Lumbung

Semakin istimewa pada saat hari Jumat, karena biasanya akan ada sajian musik akustik yang bisa dinikmati pada sore hingga malam hari. Bagi Dolaners yang punya hobi camping bisa menggunakan fasilitas area camping ground Watu Lumbung beserta tenda yang bisa disewa.

Kampung Edukasi Watu Lumbung

Photo by https://instagram.com/wahyuprawesti

Selain nama pantai, Watu Lumbung juga merupakan nama dari sebuh kampung atau kawasan wisata edukasi yang cukup ternama. Berlokasi di Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta tak sukit untuk menjangkau lokasinya. Karena berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir, untuk menuju ke Kampung Edukasi Watu Lumbung ini, Dolaners bisa menyusuri jalan Parangtritis lurus menuju ke arah Pantai sampai Jembatan Kretek. Dari Jembatan Kretek kita langsung ambil kiri, lalu jalan pelan-pelan dan ambil ke arah kanan kejalan menuju bukit. Sahabat sekalian perlu berhati-hati saat menaiki bukit, karena jalanannya yang menanjak dan minim penerangan. Tak hanya menyuguhkan panorama alam nan menawan, tempat wisata yang berjarak sekitar 4 kilometer dari Pantai Parangtritis ini juga menyelipkan nilai-nilai edukasi dengan cara unik dan asyik. Tak heran Dolaners bisa menemukan perpustakaan sederhana di Watu Lumbung Yogyakarta. Beberapa “ritual” seperti menanam pohon, membaca buku minimal 25 menit, melayani sesama pengunjung serta membantu memasak di dapur adalah cara unik yang dikonsep untuk menanamkan nilai-nilai edukasi. Tak cukup itu, disini Dolaners juga bisa melakukan “persembahan” berupa 3 buku layak baca untuk perpustakaan.

Semua ritual dan persembahan pun akan mendapatkan reward berupa makanan, minuman atau merchandise gratis. Mengunjungi Kampung Edukasi Watu Lumbung semakin syahdu di kala sore, saat matahari mulai bergeser ke arah barat dan sinarnya tak lagi terasa menyengat. Panoramanya yang sangat mempesona, membuat tempat yang satu ini tak luput dari jepretan karema setiap orang yang datang. Beberapa tempat kuliner unik seperti Lembayung, Kedai Wedangan, Kedai Susu, Pusat Sate Kiloan dan Alas Kuliner pun siap menyediakan makanan dan minuman khas ndeso sebagai teman untuk menikmati senja.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berlokasi tidak jauh dari Pantai Parangtritis dan Gumuk Pasir, untuk menuju ke Kampung Edukasi Watu Lumbung ini, Dolaners bisa menyusuri jalan Parangtritis lurus menuju ke arah Pantai sampai Jembatan Kretek. Dari Jembatan Kretek kita langsung ambil kiri, lalu jalan pelan-pelan dan ambil ke arah kanan kejalan menuju bukit. Sahabat sekalian perlu berhati-hati saat menaiki bukit, karena jalanannya yang menanjak dan minim penerangan.
Berbagai modal transportasi dapat digunakan untuk mencapai Kampung Edukasi Watu Lmbung. Dolaners yang tidak membawa kendaraan pribadi dapat berangkat dari terminal Giwangan dan naik bus umum dengan trayek Jogja – Parangtritis. Dari sini Solaners harus melanjutkan perjalanan dengan naik ojek untuk bisa sampai di Wisata Edukasi Watu Lumbung.