Jakarta

Kebun Binatang Ragunan

Belajar sembari bertamasya merupakan sebuah kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan bersama keluarga. Kebun Binatang Ragunan merupakan salah satu objek wisata yang paling cocok untuk di kunjungi dalam rangka bertamasya sambil mengenal aneka jenis satwa.

Kebun Binatang Ragunan

Photo by wikimedia.org

Kebun Binatang Ragunan ialah salah satu objek wisata yang berada di daerah Jakarta yang menawarkan pemandangan beragam satwa. Berdiri pada tahun 1864 dan terletak di wilayah Cikini, Jakarta Pusat dengan cakupan luas lahan 10 hektar. Namun, di tahun 1964, obyek wisata satwa ini di pindahkan ke wilayah Ragunan, Jakarta Selatan serta di resmikan dengan nama Taman Margasatwa Ragunan di 22 Juni 1966 dengan luas area 140 hektar.

Dengan lokasi yang strategis membuat para pengunjung mudah menjangkaunya. Jika Dolaners singgah di Kebun Binatang Ragunan ini pada hari-hari libur tentu akan menyaksikan pemandangan berupa bus-bus serta kendaraan pribadi yang tersusun di area parkir Kebun Binatang Ragunan ini. Kendati memiliki peminat yang sangat banyak, namun area parkirnya cukup luas sehingga dapat menampung jumlah kendaraan yang masuk.

Ketika Dolaners masuk ke dalam area Kebun Binatang Ragunan Jakarta, mata Dolaners akan di manjakan dengan panorama ala alam bebas yang menyodorkan beberapa binatang dari kalangan reptil, unggas, mamalia, primata dan masih ada beberapa jenis binatang lain yang dapat Dolaners temui. Pada Kebun Binatang Ragunan ini juga terdapat beberapa area seperti Pusat Primata Schmutzer yang mana sebagai tempat pelestarian binatang. Pada area ini terdapat beberapa spesies primata seperti: siamang, kera putih, orang utan, simpanse serta gorilla. Apabila Dolaners berkunjung ketika libur Hari Nasional maka Dolaners akan disuguhi atraksi-atraksi yang menarik, seperti ular yang menari serta Dolaners juga dapat menunggangi gajah.

Tidak hanya itu saja, di wisata Kebun Binatang Ragunan ini juga menampilkan pemutaran film yang berhubungan dengan dunia binatang, sehingga dapat menambah pengetahuan dari Dolaners dan si buah hati. Tentu sangat seru dan mengasyikan jika berlibur sembari belajar dunia satwa. Nah, selamat berkunjung dan semoga bermanfaat.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Kebun Binatang Ragunan ini, yakni jika Dolaners berangkat dari kawasan Cawang, ambil arah menuju M.T Haryono – Pancoran – Gatot Subroto – Mampang Prapatan – Warung Jati Barat – Taman Margasatwa, maka Dolaners akan sampai di kawasan wisata ini.
Untuk dapat sampai ke Kebun Binatang Ragunan ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum, bisa Kopaja kode 19 / Kopaja kode 605A / Metromini kode 77.