Jakarta

Kota Tua Jakarta

Obyek wisata yang penuh dengan edukasi sejarah ini, akan membawa Dolaners kembali menuju masa lampau yang kaya akan sejarah. Edukasi sejarah mengenai Kota Batavia ini juga akan melengkapi imajinasi buah hati yang memang memerlukan konsumsi mengenai berita sejarah.

Kota Tua Jakarta

Photo by anekatempatwisata.com

Sesekali mari berkeliling sisi lain dari kota Jakarta, jika biasanya Jakarta di kenal dengan hiburan mall, restoran megah nan mewah, maka Dolaners dapat mencari suasana yang berbeda dengan singgah di Kota Tua Jakarta. Dengan mengunjungi tempat yang satu ini, dapat memperkaya pengetahuan bagi Dolaners dan si buah hati. Nuansa klasik yang bergaya sejarah pun akan Dolaners jumpai.

Kota Tua Jakarta merupakan sebuah tempat wisata yang di susun dengan beberapa area, yaitu area Peninggalan Belanda, Taman Fatahillah, Cafe Batavia, Museum Sejarah Jakarta serta Museum Wayang. Setiap zona mempunyai aneka karya yang berbeda, sehingga Dolaners dan keluarga tidak akan merasa bosan apabila mengunjungi satu per satu zonanya. Zona peninggalan Belanda atau yang disebut juga sebagai Oud Batavia ini merupakan area mini yang terbentang dari utara dan barat Jakarta. Jika Dolaners mulai masuk kawasan Kota Tua Jakarta, Dolaners akan menjumpai panorama berupa gedung-gedung tua milik Belanda tempo dulu, yang didirikan pada abad ke-19 dan 20.

Zona yang kedua di Kota Tua Jakarta ialah Taman Fatahillah. Taman ini di penuhi oleh gedung-gedung tua yang kini dipergunakan sebagai Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan keramik, serta Kantor Pos Indonesia. Terdapat juga bangunan seperti Cafe Batavia yang dapat di kunjungi setelah lelah mengelilingi kota tua. Di Taman ini, Dolaners dapat berkeliling menggunakan sepeda kayuh yang dapat Dolaners sewa di tempat persewaan yang berada di sekitar area ini, Dolaners juga akan di suguhi oleh atraksi-atraksi dari para seniman serta atraksi lain berupa kuda lumping. Jarak zona satu dengan zona yang lainnya berdekatan, sehingga Dolaners tidak perlu mengeluarkan tenaga yang ekstra untuk sampai ke zona yang dituju.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke kawasan Kota Tua Jakarta ini, yakni jika Dolaners berangkat dari kawasan Monas Jakarta, maka ambil arah ke Medan Merdeka Barat – Majapahit – Harmoni – Gajah Mada – Pintu Besar Selatan – Pintu Besar Utara, maka Dolaners akan sampai di Kota Tua.
Untuk dapat sampai ke kawasan Kota Tua Jakarta ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum, bisa naik bus transjakarta, angkot, kopaja, taxi, atau ojek.