Masjid Amirul Mukminin

Lebih dikenal dengan nama Masjid Terapung dengan keunikannya yang dibangun di atas permukaan laut dan berada tepat di sebelah timur laut Pantai Losari.

Masjid Amirul Mukminin

Photo by nationalgeographic.co.id

Lagi lagi Pantai Losari, tak hanya menyuguhkan pemandangan sunset yang menawan hati, namun pantai yang istimewa satu ini juga menghadirkan sebuah masjid yang sangat unik. Masjid Terapung disebutnya. Nama asli dari Masjid ini sebenarnya adalah Masjid Amirul Mukminin, lebih dikenal dengan nama Masjid Terapung karena memang lokasinya berada di sebelah timur laut daripada Pantai Losari. Masjid yang di sebut sebut sebagai masjid terapung pertama yang ada di Indonesia ini mampu menampung kurang lebih 500 jamaah salam satu waktu sekaligus. Selain keunikannya yang ‘terapung’, akan keistimewaan lain yang dihadirkan Masjid Amirul Mukminin di Makassar ini, keunikan lainnya adalah masjid amirul mukminin berlantai tiga berdiameter 45 meter dengan dua kubah berdiameter 9 meter yang terletak di bawahnya. Sehingga hal ini menjadikan setiap Dolaners yang datang dapat sekaligus bersantai dan beristirahat dengan ditemani hembusan angin Pantai Losari dan menikmati keindahan panoramanya. View akan menjadi lebih istimewa saat detik detik matahari mulai tenggelam. Apalagi jika dilihat dari lantai tiga Masjid Amirul Mukminin ini.

Berada disini, Dolaners akan dibuat tersadar betapa besar kuasa Allah. Puas menikmati keistimewaan Masjid Amirul Mukminin, Dolaners bisa beranjak berwisata kuliner. Di sepanjang Pantai Losari ini selain menjajakan berbagai macam hidangan laut banyak warung yang menjajakan berbagai macam makanan dan jajanan khas Makassar. Jadi berlibur ke Pantai Losari, jangan lewatkan berkunjung ke Masjid Terapung pertama di Indonesia ya! Ingat, namanya Masjid Amirul Mukminin!


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju Masjid Amirul Mukminin yang berada di kawasan Pantai Losari sangatlah mudah. Bila Dolaners dari Bandar Udara Hasanuddin tinggal menggunakan bus damri menuju kawasan somba opu, kemudian turun di selther somba opu, lalu jalan kaki menuju Pantai Losari. Maka hanya membutuhkan waktu kurang lebih 45 menit, sedangkan jika dengan mengendarai kendaraan bermotor, dan bila dari pelabuhan Soekarno-Hatta hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit.
Untuk dapat sampai ke Masjid Amirul Mukminin yang berada di kawasan Pantai Losari ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang ini menggunkana transportasi umum, maka bisa menggunakan taxi, ojek atau bahkan bus damri maupun angkutan umum berkode L yang menuju ke Pantai Losari.