Masjid Tiban Turen

Sebuah mahakarya tangan tangan terpilih yang menghasilkan kemegahan bangunan luar biasa yang mampu membuat setiap menikmatnya tak berhenti menyebut keagungan Tuhan Yang Maha Esa.

Masjid Tiban Turen Malang

Photo by blog.ub.ac.id

Masjid Tiban yang berada di Turen Malang merdadak fenomenal, hal ini karena selain memiliki kemegahan seperti kebanyakan masjid di negara Timur Tengah yang tiada duanya, masjid ini juga disebut sebut dibangun dengan bantuan jin. Di sebut demikian karena masyarakat tidak tahu menahu mengenai awal mula pembangunannya. Padahal masjid ini menang murni dibangun oleh orang biasa pada umumnya tepatnya para santri yang tinggal di pondok pesantren Salafiyah Bihaaru ini dan pembangunannya pun menggunakan biaya pribadi pihak pesantren.

Masjid Tiban Turen terdiri dari lantai 9 yang dapat anda jelajahi dengan menggunakan lift ataupun dengan melalui anak tangga yang telah disediakan. Pada lantai dasar Masjid Tiban Turen, pintu masuk dibuat berlorong dan dihiasi dengan lampu yang memberikan kesan tersendiri. Di sini Dolaners juga bisa berburu pernak pernik dan jajanan yang dijual oleh santri santri yang ada. Di lantai atas Masjid Tiban Turen, Dolaners bisa menikmati ragam jenis tanaman yang ditanam sendiri. Sedangka pada lantai sembilan, Dolaners dapat melihat pemandangan yang indah baik itu didalam komplek atau diluar kompleks pendok pesantren. Puas menjelajahi Masjid Tiban Turen hingga lantai sembilan, Dolaners bisa keluar dan juga bisa mendapatkan kaset cd yang berisikan tentang pondok Pesantren Biharu Bahri’Asali Fadlaailir Rahmah. Selain itu disalah satu tempat terdapat area yang digunakan khusus untuk satwa, seperti kera, burung cenderawasih, rusa, burung kakatua, ayam bekantan dan beberapa macam satwa lainnya.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Berlokasi di Jalan Wahid Hasyim, Gang Anggur, Desa Sananrejo, Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Untuk menuju ke Masjid Tiban Malang ini, akses jalan yang harus Dolaners lalui cukup panjang. Namun meski begitu, tak perlu khawatir karena kondisi jalannya sangat memadai alias sudah beraspal. Dari pusat Kota Malang, Dolaners bisa memulai perjalanan menuju ke Turen. Sampai di Turen, di pertigaan jalan, ketika akan melewati jalan menikung ke kanan, sudah ada petunjuk menuju ke lokasi wisata religi Masjid Tiban Malang atau yang bernama asli pondok “Pesantren Salafiyah Bihaaru Bahri ‘Asali Fadlaailir Rahmah”, dari sini Dolaners tinggal lurus mengikuti jalan, hingga bertemu dengan keramaian, tempatnya berada di kanan jalan.
Untuk bisa sampai di Masjid Tiban Turen, Dolaners bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Bagi yang ingin naik transportasi umum, maka dari ousat kota Malang, Dolaners harus menuju ke terminal Gadang, dengan naik angkutan umum berkode AG atau LG. Sampai di terminal Gadang, Dolaners meneruskan perjalanan dengan naik bus dengan tujuan Malang – Turen – Dampit. Dengan hanya membayar tarif Rp. 7.000,- , Dolaners bilang saja turun di Masjid Tiban Turen/ Masjid ajaib agar diturunkan ditempat yg stategis. Dari tempat pemberhentian ini, Dolaners bisa naik ojek untuk sampai ke Masjid Tiban Turen, ongkos naik ojeknya hanya Rp. 15.000,- saja. Ketika sampai di masjid Tiban Malang, mintalah nomor Bapak Ojeknya, hal ini dimaksudkan agar ketika pulang nanti, Dolaners bisa dijemput karena tidak ada angkutan dari masjid ini ke jalan besar.

Penginapan Disekitar