Menara Air Tirtanadi

Merupakan peninggalan sejarah pemerintahan kolonial Belanda dengan Nomor Bangunan No. 3D-036 dan tahun penyelesaian 1908. Memiliki nama resmi Menara Air di Jalan Pandu, atau yang biasa disingkat dengan menara air. Namun lebih dikenal sebagai Menara Air Tirtanadi.

Menara Air Tirtanadi

Photo by youtube.com

Berwisata bangunan bersejarah di kota Medan, tak lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Menara Air Tirtanadi. Letaknya yang strategis, memudahkan akses transportasi menuju ke Menara Air Tirtanadi. Menara Air ini sekarang telah resmi menjadi milik PDAM Tirtanadi, letaknya berada di persimpangan Jl. Sisingamangaraja No. 1, tidak jauh dari Taman Sri Deli dan juga Istana Maimun. Bahkan dari kejauhan menara yang memiliki tinggi 42 meter dan berat mencapai 330 ton ini sudah dapat Dolaners lihat. Menara air yang diberi nama Tirtanadi ini pada jamannya menjadi bangunan penanda kota Medan. Inilah icon kota Medan yang sebenarnya.

Dahulu Menara Air Tirtanadi tidak hanya berfungsi sebagai landmark, tetapi juga sangat berguna untuk mengalirkan air bersih ke seluruh pelosok kota Medan. Selain gaya arsitek bangunannya yang unik, menara ini juga menyimpan sejarah dari jaman kolonial Belanda, hingga sekarang. Hunting foto adalah satu kegiatan wajib yang tak boleh dilewatkan ketika Dolaners sedang napak tilas sejarah di Menara air Tirtanadi Medan ini. Gimana, Dolaners punya rencana mau liburan di kota Medan? Jangan lupa untuk memasukkan Menara Air Tirtanadi ke dalam list destinasi wisata yang akan dikunjungi ya!


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Letaknya yang strategis, memudahkan akses transportasi menuju ke Menara Air Tirtanadi. Menara Air ini sekarang telah resmi menjadi milik PDAM Tirtanadi, letaknya berada di persimpangan Jl. Sisingamangaraja No. 1, tidak jauh dari Taman Sri Deli dan juga Istana Maimun. Bahkan dari kejauhan menara yang memiliki tinggi 42 meter dan berat mencapai 330 ton ini sudah dapat Dolaners lihat.
Jika Dolaners menggunakan angkutan umum untuk sampai ke kawasan Menara Air Tirtanadi ini, Dolaners bisa menggunakan angkutan umum atau bentor dari Lapangan Merdeka, yang kemudian turun di depan Istana Maimun atau turun depan Taman Sri Deli.