Denpasar

Museum Bali

Pulau Bali seolah menjadi pulau wisata yang paling sempurna dengan menawarkan berbagai jenis wisata. Wisata pantai, wisata budaya, wisata edukasi hingga wisata sejarah semua ada di pulau yang cantik nan eksotik ini. Salah satu wisata sejarah yang terkenal di pulau Bali adalah Museum Bali Denpasar.

Museum Bali

Photo by balihellotravel.com

Mendengar kata museum mungkin Dolaners akan langsung berfikiran pada barang barang kuno dan sering dikaitkan dengan tempat study tour siswa SMA. Sebaiknya segera singkirkan pikiran tersebut jika museum yang Dolaners dengar namanya berada di kawasan Bali. Berbeda dengan museum pada umumnya, museum dikawasan Bali cenderung menyuguhkan benda benda bersejarah dengan nilai seni dan budaya Bali. Museum dengan corak budaya yang sangat kental dapat Dolaners temukan pada Museum Bali Denpasar.

Museum Bali Denpasar adalah salah satu museum di Denpasar Bali yang akan mengajak Dolaners untuk mengenal sejarah peradapan manusia khususnya peradaban masa lalu dengan corak budaya Bali. Museum Denpasar Bali juga disebut dengan nama museum negeri propinsi Bali Denpasar. Disebut demikian karena Museum Bali ini berada dalam naungan pemerintah provinsi Bali. Tepat di depan museum, Dolaners juga dapat menikmati hamparan rerumputan hijau lapangan puputan. Di tengah lapangan akan tersaji dengan megah patung Catur Muka Brahma. Suasana seperti ini akan membuat Dolaners menghilangkan kesan membosankan yang selama ini melekat pada kata museum.

Di dalam Museum Bali Dolaners dapat menyaksikan berbagai koleksi etnogarfi seperti peralatan yang digunakan pada zaman prasejarah, peralatan upacara agama, peralatan upacara adat dan juga sejarah perkembangan seni budaya Bali. Karena menyajikan perkembangan budaya Bali secara runtut, maka Dolaners dapat membandingkan perkembangan budaya Bali dari waktu ke waktu. Tak hanya memperlihatkan detail sejarah kebudayaan Bali, Museum Bali ini juga menyisipkan gaya arsitektural khas Bali pada setiap detail bangunannya. Arsitektural dan juga ornamen pada museum seolah mengingatkan Dolaners akan kemegahan dan juga nilai seni budaya Bali. Demi kenyamanan pengunjung, pengelola Museum Bali juga telah menyediakan areal parkir dan juga toilet yang bersih.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju Museum Bali ini cukup mudah. Hal ini karena Museum Bali terletak di lokasi strategis di pusat kota Denpasar, tepatnya di jalan Mayor Wisnu. Pada bagian sebelah selatan museum terdapat Pura Jagatnatha, sedangkan lapangan Puputan Badung dan Patung Empat Wajah (Patung Catur Muka) berada di depan Museum Bali. Bila menggunakan kendaraan bermotor, jarak tempuh menuju Museum Bali memerlukan waktu kira-kira kurang lebih 45 menit lebih kurang 13 km perjalanan dari Bandara Ngurah Rai.
Selain menggunakan kendaraan pribadi atau taksi, Dolaners juga bisa mnggunakan angkutan umum maupun ojek untuk menuju ke Museum Bali Denpasar ini. Jika menggunakan angkutan umum, Dolaners cukup naik angkutan kota yang menuju ke kawasan Denpasar.