Museum Geologi Bandung

Sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup serta ilmu pengetahuan mengenai sejarah kehidupan menjadi daya tarik utama dari Museum Geologi Bandung yang terbagi atas dua lantai dimana setiap lantai memiliki ruang tersendiri.

Museum Geologi Bandung

Photo by anekatempatwisata.com

Bandung memang seperti tidak pernah kehabisan tempat wisata. Satu lagi tempat wisata sejarah yang dapat Dolaners temukan di Kota Kembang ini. Letaknya masih berada satu kawasan dengan Gedung Sate. Dari tol pasteur (cimahi/pasteur/lembang) – lanjut Jl. Dr junjunan – Jalan layang pasupati – Jl. Surapati – belok kanan Jl. Sentot Alybasah – belok kanan menuju ke Jl. Diponegoro. Nah dari sini, Dolaners tinggal mencari Jl. Diponegoro no. 57, letaknya ada di sebelah kiri jalan, tidak sampai 1 KM dari Jl. Sentot Alibasyah tadi. Ya, Museum Geologi Bandung namanya. Museum Geologi Bandung merupakan sebuah museum dengan koleksi kerangkan purbakala. Museum ini terbagi atas dua lantai dimana setiap lantai memiliki ruang tersendiri. Ruang tengah atau Ruang Orientasi berisi peta geografis Indonesia dalam bentuk relief yang tepat berada sejajar dengan pintu masuk museum. Ruang barat dikenal dengan istilah Ruang Geologi karena pada ruangan ini akan ditampilkan berbagai macam koleksi mengenai bumi, tata surya, fosil-fosil sejarah manusia menurut evolusi Darwin, keadaan geologi tanah Jawa, Maluku, Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara dan Irian Jaya. Sedangkan di ruang timur Museum Geologi Bandung merupakan ruangan yang menggambarkan mengenai sejarah pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup.

Di ruangan ini banyak dipamerkan fosil-fosil makhluk purbakala, misalnya fosil gajah, badak, kerbau, hominid, dan lain lain. Untuk lantai duanya hampir serupa dengan lantai pertama. Karena kelengkapan koleksinya inilah, Museum Geologi Bandung sering kali dijadikan objek tujuan study tour banyak sekolah-sekolah mulai dari sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas hingga perguruan tinggi, baik yang berasal dari kota Bandung dan sekitarnya, juga seluruh daerah di indonesia. Hal ini tentunya karena koleksi yang ada di Museum Geologi Bandung dinilai sangat berguna untuk ilmu pengetahuan serta dunia pendidikan tentang nilai-nilai sejarah kehidupan manusia dengan alam sekitarnya.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Museum Geologi Bandung ini cukup mudah, hal ini dikarenakan letaknya cukup strategis dan berada di jalan ramai lalu lintas. Jika Dolaners berpatokan dari jakarta jalan Tol gatot subroto,gelora – tol cikampek – masuk tol cipularang (sadang,purwakarta,bandung) – tol padalarang/cileunyi) – keluar memasuki tol pasteur (cimahi/pasteur/lembang) – lanjut Jl. Dr junjunan – Jalan layang pasupati – Jl. Surapati – belok kanan Jl. Sentot Alybasah – belok kanan menuju ke Jl. Diponegoro. Nah dari sini, Dolaners tinggal mencari Jl. Diponegoro no. 57, letaknya ada di sebelah kiri jalan, tidak sampai 1 KM dari Jl. Sentot Alibasyah tadi.
Untuk dapat sampai ke Museum Geologi Bandung ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang harus menggunakan transportasi umum, maka dapat menggunakan angkutan umum dengan no. 10 yang bewarna kuning – hijau, dengan rute Stasiun Hall – Sadang Serang. Setelah naik, tinggal bilang kepada sopirnya untuk diturunkan di tepat pertigaan Masjid besar Pusdai. Setelah turun, silahkan Dolaners menaiki angkutan kota bernomor 05 yang berwarna hijau – hitam dengan rute Cicaheum – Ledeng dan pastilah Dolaners akan melewati Museum Geologi Bandung.