Museum Kota Makassar

Bangunan didominasi oleh warna putih, sedangkan atapnya berwarna merah marun menjadi ciri khas utama dari Museum Kota Makassar yang diresmikan pada 7 Juni 2000.

Museum Kota Makassar Museum Kota Makassar - Dolan Dolen

Photo by photobucket.com/user/baek2/library

Sekitar 500 meter dari pusat Kota Makassar, tepatnya di Jalan Balaikota, terdapat museum yang mengoleksi berbagai benda bersejarah dari Kota Makassar. Gaya bangunan art deco langsung terasa sejak memasuki kawasan museum. Museum Kota Makassar terdiri dari dua lantai. Lantai pertama berisi berbagai lukisan klasik peninggalan Belanda. Terdapat pula peta benteng Makassar. Menaiki tangga yang terbuat dari kayu Dolaners akan tiba di lantai dua Museum Kota Makassar. Sama seperti di lantai satu, koleksi di lantai dua juga didominasi foto-foto dokumentasi. Koleksi lain yang ada di lantai ini adalah sebuah meja yang pernah digunakan oleh Walikota Ujung Pandang. Selain itu, juga terdapat berbagai lambang kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan.

Jika Dolaners ingin menyaksikan koleksi dari negara dan dinasti yang berbeda, Dolaners bisa melihat keramik Cina dan Jepang masa Dinasti Ming abad ke 14-17 yang dibawa para pelaut Makassar dari negeri asalnya. Tak hanya itu, bagi Dolaners yang ingin mencari spot foto prewedding juga bisa menjadikan bangunan Museum Kota Makassar ini sebagai latar viewnya. Namun, tetap harus meminta izin terlebih dahulu kepada pihak terkait yakni pihak keamanan dan pengurus museum. Gimana seru kan liburan ke museum? Sambil refresing, sambil nambah ilmu juga. Jadi tunggu apa lagi, buruan ajak sahabat sahabatmu dateng ke Museum Kota Makassar.


AKTIFITAS

Kuliner
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Museum Kota Makassar ini sangat mudah. Dolaners hanya perlu mengarahkan kendaraan ke kawasan Jalan Balaikota tepatnya No. 11. Sekitar 500 meter dari titik pusat kota Makassar. Jika dari Bandara Sultan Hasanuddin, maka hanya berjarak 25 kilometer saja.
Museum ini terletak di Jalan Balaikota No. 11, sekitar 500 meter dari titik pusat Kota Makassar atau sekitar 25 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Dolaners Dapat menjangkau Museum Kota Makassar dengan angkutan umum, taksi, maupun fasilitas pengantaran hotel.