Jakarta

Museum Nasional Indonesia

Objek wisata edukatif yang menawarkan beragam ornamen sejarah merupakan suatu tempat yang sangat asyik dan seru untuk di kunjungi. Dengan fasilitas yang memadai serta pernak-pernik dari hasil kisah masa lalu akan memberikan pemandangan yang sangat klasik dan berbeda.

Museum Nasional Indonesia

Photo by wikimedia.org

Museum Nasional Indonesia merupakan salah satu tempat yang menampung sejarah dan budaya dari bangsa Indonesia, selain memiliki nilai edukatif yang sangat berfungsi bagi Dolaners dan keluarga, museum yang satu ini menawarkan nuansa hangat nan elegan. Sangat tidak membosankan apabila Dolaners kunjungi. Museum yang berada di kawasan Jakarta Pusat ini memiliki konsep tata ruang yang unik dan modern namun berbalut dengan suasana yang klasik. Sehingga sangat nyaman apabila digunakan sebagai tempat wisata untuk keluarga Dolaners.

Museum Nasional Indonesia menyimpan benda-benda peninggalan sejarah bangsa Indonesia seperti: prasasti, arca-arca kuno, kerajinan tangan serta benda-benda lainnya yang memiliki unsur sejarah. Koleksi dari museum ini di klasifikasikan ke dalam bentuk etnografi, perunggu, prasejarah, keramik, tekstil, numismatik, relik sejarah serta beberapa benda berharga lain. Pada tahun 2001 koleksi yang berada di Museum Nasional Indonesia menunjukkan angka 109.342 buah dan pada tahun 2006 koleksinya mencapai jumlah yang melebihi dari 140.000 buah, namun sayangnya semua koleksinya tidak dipertontonkan secara keseluruhan, hanya sepertiganya saja.

Terdapat beberapa koleksi menarik yang di pamerkan oleh Museum Nasional Indonesia ini, antara lain: patung Bhairawa yang menjadi patung tertinggi dengan ukuran 414 cm, Arca Buddha Dipangkara yang di buat dari perunggu, arca Hindu tertua di Nusantara yakni Wisnu Cibuaya dan beberapa koleksi unik nan menarik lainnya.

Museum Nasional Indonesia ini dikenal juga sebagai museum Gajah. Dikenal demikian karena demi mengenang patung gajah yang di hadiahkan oleh Raja Chulalongkorn yang berasal dari Thailand, yang lalu di pajang di bagian depan Museum Nasional Indonesia ini. Dengan kelengkapan koleksi yang berada di Museum Nasional Indonesia ini Dolaners dapat menambah wawasan Dolaners sendiri, dan menginformasikan kepada buah hati bahwa Indonesia memiliki sebuah kekayaan sejarah dan budaya.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Museum Masional Indonesia ini, yakni jika Dolaners berangkat dari kawasan Grogol ambil arah S. Parman – Tomang Raya – Kyai Caringin – Balikpapan – Suryopranoto – Harmoni – Veteran – Medan Merdeka Utara, maka Dolaners akan sampai di Monas. Dari sini Dolaners hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke museum.
Untuk dapat sampai ke Museum Nasional Indonesia ini, Dolaners bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum, baik roda dua maupun roda empat atau lebih. Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum bisa menggunakan Bus Trans Jakarta Koridor I (Blok M – Kota) dan berhenti di halte Monumen Nasional. Dari sini Dolaners hanya perlu berjalan kaki untuk sampai ke museum.