Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Sebuah museum dengan arsitektur khas rumah adat Sasak dibagian atapnya lengkap dengan koleksi uniknya ditambah dengan perawatan dengan baik dan nyaman membuat siapapun semakin tertarik menikmati beragam koleksi yang ditampilkannya.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat

Photo by triptrus.com

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat adalah sebuah museum yang terkenal dengan koleksi terlengkapnya. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat ini diresmikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 23 Januari 1982. Museum Negeri Nusa Tenggara Barat memiliki kurang lebih 7.000 bahan sebagai koleksi arkeologi, geologi, keramik, budaya, sejarah dan juga biologi.

Koleksi yang paling unik dan menarik yang ada di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat tersebut adalah sebuah naskah lama. Naskah tersebut ditulis pada daun lontar dengan menggunakan aksara Jawa kuno, turunan aksara Bali dan Jawa atau Jejawan, Arab serta Arab Melayu. Naskah kuno tersebut berisi hal-hal yang berkenaan dengan filsafat, astronomi, adat istiadat, hukum, sastra, sejarah serta agama. Sedangkan penggunaan bahasa dalam tulisannya adalah bahasa Melayu, Sasak, Bugis, Bima, Jawa dan Jawa Madya. Pada penyusunan teks naskah kuno tersebut ternyata juga ada campuran dari budaya Jawa. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya sebuah tradisi penulisan dengan menggunakan macapat Jawa. Disamping itu, ada juga tembang-tembang seperti maskumambang, dandanggula, pangkur, durma dan asmarandana. Itulah ciri-ciri budaya dengan khas budaya Jawa.

Koleksi unik lain yang bisa Dolaners temui di Museum Negeri Nusa Tenggara Barat adalah dokumen-dokumen sejarah yang salah satunya terdapat perjanjian sang Sultang dengan Belanda, beragam keris yang dipakai untuk pelengkap upacara serta sejumlah keramik asal Cina. Ada juga koleksi yang berupa benda-benda yang diyakini bisa mengusir roh-roh jahat disekitar, pengawetan buaya muara serta sekumpulan alat untuk berburu seperti perangkap burung puyuh dan pendiwai. Jika Dolaners mengunjungi Nusa Tenggara Barat jangan lewatkan untuk mengunjungi museum unik yang satu ini agar wisata Dolaners menjadi lebih lengkap lagi.

Museum Negeri Nusa Tenggara Barat telah menanti dikunjungi dengan segala keunikan yang ditawarkannya, kehangatan dan suasana yang nyaman akan didapatkan di museum terkenal ini.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju ke Museum Negeri Nusa Tenggara Barat ini cukup mudah ditempuh. Dolaners hanya perlu mengarahkan kendaraan menuju ke kawasan Jl. Majpahit, diteruskan hingga lampu merah seruni, kemudian belok ke arah selatan menuju ke Jl. Panji Tilar, tidak sampai 5 menit Dolaners sudah bisa menemukan lokasi museum ini.
Jika Dolaners ingin berkunjung ke Museum Negeri Nusa Tenggara Barat ini, bisa menggunakan transportasi pribadi maupun umum. Baik roda 2 maupun roda 4. Untuk Dolaners yang menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa naik taxi, ojek, angkutan umum dan turun di lampu merah Seruni, kemudian berjalan kaki ke arah selatan. Tak sampai lima menit, Dolaners sudah bisa menemukan papan nama ‘Museum Negeri Nusa Tenggara Barat’ lengkap dengan penunjuk lokasi museum.