Pagoda Buddhagaya Watugong

Tempat yang paling terkenal di Pagoda Vihara Buddhagaya Watugong ini adalah Pagoda Metta Karuna (Avalokitesvara) yang terdapat Budha Rupang dengan ukuran besar didalamnya. Pagoda ini memiliki ukuran 15x 15 meter bentuk segidelapan dan mempunyai bagunan dengan 7 tingkat dengan tinggi tidak kurang 45 meter yang mengandung filosofi bahwa seorang pertapa akan menggapai kesucian pada level ke 7.

Pagoda Buddhagaya Watugong

Photo by yogyakarta.panduanwisata.id

Semarang memang salah satu jujugan destinasi wisata yang layak Dolaners sambangi. Karena tempat wisatanya yang unik, menarik dan menyuguhkan keindahan yang tiada duanya. Kota yang terkenal dengan tahu baksonya ini menyimpan obyek wisata religi berupa tempat ibadah salah satunya adalah Pagoda Buddhagaya Watugong. Bangunan ini merupakan vihara sebagai tempat sembahyang bagi para pemeluk agama budha.

Dolaners bisa melihat Patung Dewi Welas Asih (Dewi Kwan Im) yang terpapang dengan jelas pada tingkat kedua hingga keenam pagoda dan menghadap 4 arah mata angin dengan maksud supaya Dewi tersebut mampu memancarkan rasa kasih sayangnya keseluruh penjuru mata angin. Patung Amitaba sebagai guru besar para manusia dan dewa terdapat pada tingkat ketujuh. Stupa dengan butiran mutiara atau relik memancar dari Sang Budha menghiasi pada puncak pagoda yang berada di tingkat ketujuh. Selain itu Sang Buddha dan Dewi Welas Asih jug berada di depan pagoda dan duduk di bagian bawah pohon Bodi.

Bagi Dolaners yang hendak menginap di Vihara Buddhagaya Watugong ini terdapat cottage di kompleks vihara. Terdapat bangunan Dhammasala yang terdiri dari dua lantai yakni ruang aula yang luas, serbaguna dan dengan panggung pada bagian depannya berada di lantai dasar serta untuk ruang Dhammasala berada di lantai atas. Disekitar dinding pagar bangunan ini terlukis relief yang mengisahkan tentang paticasamupada yang begitu jelas dan mudah dipahami.

Tanpa membutuhkan kecermatan yang sangat Dolaners bisa langsung mengetahui bahwa seluruh kompleks Vihara Pagoda Buddhagaya Watugong yang berasrsitektur Tiongkok ini sangat rapi tertata ditambah lingkungan yang indah dan asri menjadikan tempat ini nyaman dan wajib disambangi para Dolaners saat di kota Semarang. Dolaners yang seagama bisa beribadah di Vihara Buddhagaya Watugong atau sekedar mengusir kelelahan dan mencari udara segar disini.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan menuju ke Pagoda Buddhagaya Watugong ini sangat mudah, yakni dari pusat Kota Semarang, Dolaners dapat mencapai Vihara Buddhagaya dengan perjalanan selama 45 menit dengan mobil ke arah Ungaran, atau jalan menuju Solo – Jogja. Karena letaknya yang berada di pinggir jalan besar dan tepat di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Vihara Buddhagaya dapat diakses dengan mudah.
Untuk menuju ke Pagoda Buddhagaya Watugong ini Dolaners bisa menggunakan kendaraan umum mapun kendaraan pribadi. Dolaners bisa naik taxi, ojek atau angkutan umum. Untuk angkutan umum, pilihan transportasi paling gampang untuk menuju ke Watugong adalah BRT ( Bus Rapid Transportation – “busway” nya kota Semarang ), yani di halte BRT di depan SMA 3 Semarang. Ambil jurusan Sisemut Ungaran, bus nya berwarna merah. Kemudian Dolaners bisa turun di halte BRT “Mega-something”. Disambung jalan kaki dari halte BRT ke Pagoda Vihara Buddhagaya Watugong sekitar 15 menit. Kemudian Dolaners akan sampai ke lokasi tujuan.