Pantai Jogan

Terdapat air terjun yang langsung mengalir ke laut menjadikan Pantai Jogan salah satu pantai unik yang berada di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Dengan ketinggian sekitar 10 meter, Dolaners dapat menikmati dan mengabadikan momen bahagia bersama pasangan, keluarga, sahabat maupun teman di Air Terjun Jogan.

Pantai Jogan

Photo by swaragamafm.com

Pantai Jogan berlokasi di sebelah barat Pantai Nglambor dan Pantai Siung atau di sebelah timur Pantai Timang yakni sekitar 70 km dari pusat kota Yogyakarta, tepatnya berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Karakteristik Pantai Jogan berbeda dengan pantai-pantai lain yang ada di Gunungkidul. Karateristik unik dari Pantai Jogan ini adalah terdapat air terjun yang langsung mengalir ke laut. Air terjun tersebut memiliki ketinggian sekitar 10 meter. Untuk bisa menikmati guyuran air terjun tersebut Dolaners harus turun kebawah dengan melewati turunan yang lumayan licin dan basah, namun tenang karena sekarang sudah ada kayu kayu untuk berpegangan dan menopang tubuh. Dolaners harus melewati sedikit tantangan yaitu melewati karang yang dihuni oleh ribuan bayi kepiting yang berwarna transparan berukuran sekitar 5 mm.

Penduduk sekitar sudah basa mengambil bayi kepiting tersebt untuk dimasak untuk menjadi teman makan nasi hangat. Setelah sampai ke bawah, Dolaners bisa menikmati keramahan air terjun tersebut dengan percikan air dan guyuran bagai tirai yang terbuat dari air yang sejuk menyegarkan. Diguyur segarnya air terjun di perbukitan karst membuat Dolaners seakan tak percaya bahwa di Gunungkidul dimana terdapat banyak kegersangan yang sebenarnya mempunyai banyak sekali sumber air yang tersembunyi di perut bumi. Selain itu Pantai Jogan ini nyaris tidak memiliki pasir pantai sebagai pembatas wilayah antara daratan dan lautan. Namun sebaliknya, pantai ini berbatasan langsung dengan tebing. Sepanjang jalan masuk ke Pantai Jogan akan terlihat sungai kecil yang mengalir, itu adalah cikal bakal dari air terjun Jogan. Air sungai tersebut berasal dari perbukitan karst yang ada di Gunungkidul. Saat musim hujan, air terjun ini akan terlihat semakin cantik karena debit air yang mengalir menjadi lebih besar.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
  1. Rute dari Solo ke Pantai Jogan :
    Praci – Kecamatan Rongkop/Baran – Nglindur – Pertigaan sebelum Pasar Ngrancah (di tengah ada Tugunya) belok kanan – Pasar Jepitu – pertigaan Winangun – belok kiri arah Pantai Jogan – Pos retribusi masuk pantai Jogan, Nglambor, Siung – ikuti jalan kemudian belok kanan – Pantai Jogan.
  2. Rute dari Klaten ke Pantai Jogan :
    Semanu – Giripanggung – Sumberwungu, Klayu, Gude, Blekonang – Winangun Pantai Siung. Bisa juga dari Giripanggung – Cuelo ke selatan – Winangun/ nangun – Pos retribusi masuk pantai Jogan, Nglambor, Siung – ikuti jalan kemudian belok kanan – Pantai Jogan.
  3. Rute dari Yogyakarta ke Pantai Jogan :
    Yogyakarta – Piyungan – Wonosari – ke selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km – ada pertigaan di Desa Mulo (50m setelah kolam renang) – kiri Jurusan Mentel – Bintaos – Tepus – Pertigaan Winangun/Nangun belok kanan lurus – ada pertigaan belok kanan menuju Pantai Jogan – Pos retribusi masuk pantai Jogan, Nglambor, Siung – ikuti jalan kemudian belok kanan – Pantai Jogan.
Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa naik bus yang berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Dolaners naik bus jurusan Jogja-Wonosari, setelah sampai di Wonosari ganti angkutan jalur Wonosari-Tepus. Dari terminal Tepus, Dolaners hanya bisa menggunakan jasa ojek sewaan untuk bisa sampai ke Pantai Jogan ini.