Pantai Jonggring Saloko

Keunikan yang membedakan Pantai Jonggring Saloko dengan pantai lainnya adalah terdapat karang berlubang di pinggir pantai yang menyemburkan air laut karena hantaman ombak.

Pantai Jonggring Saloko

Photo by realline.wordpress.com

Pantai Jonggring Saloko merupakan salah satu pantai di kawasan Malang Raya yang berlokasi di Desa Mentaraman, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang atau berjarak sekitar 69 km dari arah kota Malang. Selain panorama alamnya yang mengesankan, Pantai Jonggring memiliki keunikan tersendiri. Satu hal yang unik yang ada di Pantai Jonggring Saloko Malang ini, yaitu semburan air laut yang biasa di sebut “Brosh” karena memang suara yang di hasilkan oleh semburan itu berbunyi “brooossh”. Semburan air itu terjadi karena hantaman keras dari ombak yang menghantam karang berlubang yang berada di pinggiran pantai, semburan itu bisa mencapai ketinggian 10 meter.

Selain keunikan “fenomena nggebros”, ada satu tempat menarik berupa sungai kecil yang dapat Dolaners saksikan di Pantai Jonggring Saloko. Sungai kecil dengan aliran menuju ke laut ini memiliki air yang masih tawar rasanya. Padahal hanya berjarak beberapa meter dari bibir Pantai. Area ini sering digunakan sebagai tempat camping oleh para pengunjung. Namun karena pantai yang satu ini tergolong pantai selatan yang terkenal dengan ombaknya yang besar, Dolaners tidak diperkenankan untuk berenang meskipun hanya di bibir pantai. Istimewanya lagi, segala keindahan tersebut bisa Dolaners dapatkan secara gratis, karena memang untuk masuk ke kawasan wisata alam Pantai Jonggring Saloko ini tidak dipungut biaya. Hanya saja untuk menjangkau lokasinya, sedikit dibutuhkan tenaga ekstra dan waktu perjalanan yang tak sebentar.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses untuk menuju Pantai Jonggring Saloko masih tergolong sulit untuk dilalui. Dolaners disarankan untuk menggunakan sepeda motor. Dari pusat kota Malang, arahkan kendaraan Dolaners menuju Donomulyo. Dari sini, lanjutkan perjalanan ke arah Desa Mentaraman. Sesampainya di Desa Mentaraman, Dolaners masih harus menempuh perjalanan sekitar 1 jam dengan jalan yang berbatu untuk mencapai lokasi Pantai Jonggring Saloko. Namun jalur yang berbatu, terjal dan berkelok-kelok tersebut akan terbayar lunas dengan pemandangan amazing yang disuguhkan oleh Pantai Jonggring Saloko ini.
Perlu diketahui bahwa hingga saat ini belum ada transportasi umum yang bisa mengantar Dolaners sampai ke Pantai Jonggring Saloko. Jadi Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Akses jalnnya bisa dilalui kendaraan roda dua maupun roda empat, namun lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua (sepeda motor).

Penginapan Disekitar