Pantai Kesirat

Pantai Kesirat adalah pantai tebing yang elok dengan pemandangan yang indah langsung menuju birunya laut. Pantai tak berpasir dan berombak, hanya berupa tebing hijau dengan sebuah pohon tua di pinggiran tebing. Itulah Pantai Kesirat yang elok.

Photo by yukpiknik.com

Dolaners bisa membayangkan bahwa lokasi wisata ini bukanlah seperti pada umumnya pantai yang dihiasi hamparan pasir putih di tepian pantai. Pantai Kesirat merupakan pantai dengan tebing-tebingnya yang tinggi sebagai pembatas antara birunya laut dengan daratan.Memang dulunya lokasi wisata ini hanya menjadi tujuan para pemancing. Kegiatan memancing dapat dilakukan di atas tebing yang tingginya antara 15 hingga 30 meter. Namun seiring watu lokasi tersebut menjadi tujuan wisata yang menarik. Sebab Dolaners dapat menikmati pemandangan yang menawan dari atas tebing yang langsung memandang jauh ke depan laut biru yang begitu luas.

Pemandangan ini akan sangat indah dinikmati ketika sore hari menjelang malam. Di mana semburat warna jingga dari sang mentari yang akan kembali ke peraduan memantulkan sinar yang cantik di perairan Pantai Kesirat. Di pantai ini terdapat sebuah pohon tua yang disebut dengan pohon Keben yang menjadi identitas Kota Yogyakarta. Pohon ini dapat Dolaners jumpai di halaman Keraton Yogyakarta. Uniknya, pohon Keben ini hanya satu-satunya pohon yang dapat Dolaners lihat di tebing Pantai Kesirat. Letak pohon ini berada di ujung tebing. Tebing-tebing di Pantai Kesirat berupa padang hijau yang ditumbuhi oleh rerumputan dan tak ada satu pun pohon perindang di sana. Di pantai tebing ini Dolaners bisa melakukan camping dengan mendirikan tenda.

Bagi Dolaners yang memiliki hobi rock fishing atau memancing dari tebing, bisa juga jadikan lokasi wisata ini sebagai pilihan. Lobster bisa jadi salah satu hasil pancingan Dolaners di sini. Jika Dolaners hendak menikmati keindahan yang menawan di Pantai Kesirat, maka waktu yang tepat adalah sore hari untuk dapat menikmati sunset dengan suasana yang dingin tak lagi tersengat penasnya mentari.

Tak lengkap bila kunjungan Dolaners ke Jogja tak singgah ke Pantai Kesirat Yogyakarta ini. Pantai yang elok dengan jajaran tebing yang hijau terhamapar dengan pemandangan biru laut yang begitu luas. Sungguh menakjubkan.

AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses menuju Pantai Kesirat ini jika dari pusat kota Yogyakarta Dolaners akan melewati Wonosari – Pertigaan Lanud Gading – ambil kanan ke arah Kecamatan Playen – Kecamatan Paliyan – Hutan Sodong – Pertigaan setelah Telaga Namberan ambil kanan – Panggang – Balai Desa Girisekar – Sesampainya di Pohon Beringin besar ambil kanan ke arah Pantai Gesing – Pasar Pandhem ke arah kanan – Lurus sekitar 200 meter ada masjid di kiri jalan. Nah dari masjid tinggal masuk ke kiri saja melewati cor semen. Lurus ikuti jalan cor semen hingga menemukan pertigaan Pos Kamling. Dari pertigaan ambil lurus hingga menemukan jalan bercabang lalu ambil kanan. Dari sini cari jalan setapak yang melewati semak belukar. Dan Pantai Kesirat sudah mulai terlihat. Perlu Dolaners ketahui Jalan menuju Pantai Kesirat cukup berliku dengan akses yang terbilang seadanya. Untuk mencapai lokasi tebing bibir pantai pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak.
Dari pusat kota Yogyakarta ke lokasi pantai ini membutuhkan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Tidak ada angkutan umum yang menuju ke lokasi pantai. Jadi Dolaners harus menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.