Pantai Mangrove

Jembatan yang menghubungkan pantai dan hutan mangrove menjadi spot favorit para Dolaners untuk mendokumentasikan keindahan ekowisata yang dipenuhi oleh ratusan pohon. Selain menikmati kesejukan dan keasrian ekowisata mangrove, menu andalan hasil tangkapan nelayan di Pantai Mangrove berupa ikan bakar segar dapat dinikmati di kala senja.

Mangrove Kampung Nipah Mangrove Kampung Nipah - Dolan Dolen

Photo by youtube.com

Tak hanya wisata bangunan, di Medan juga terdapat sebuah wisata alam yang tak kalah menarik yakni Wisata Mangrove. Ekowisata ini juga dikenal dengan sebutan lain yakni Pantai Mangrove, hal ini disebabkan karena mangrove tumbuhnya di pinggiran pantai sehingga penduduk setempat selalu menyebut lokasi wisata ini dengan sebutan Pantai Mangrove. Pantai Mangrove terletak di Desa Muara Maimbai, Kecamatan Sei Nagalawan Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara. Untuk menuju kesana, Dolaners membutuhkan waktu sekitar 1 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi jalannya pun sudah cukup baik dan sudah di aspal. Dolaners bisa naik sepeda motor, mobil maupun bus pariwisata untuk menuju lokasi wisata ini. Wisata Mangrove ini menyuguhkan tempat edukasi ataupun pengenalan tentang tumbuhan pohon manggrove bagi Dolaners yang datang kesini. Seperti yang di ketahui fungsi utama hutan mangrove adalah sebagai pelindung garis pantai dari abrasi dan menahan gelombang besar.

Di Pantai Mangrove ini juga telah disediakan fasilitas guna menunjang kenyamanan Dolaners. Dolaners juga bisa melakukan rekreasi keliling Pantai Mangrove dengan menyewa boat. Keseruan tak berhenti sampai disitu saja, kegiatan wajib yang dilakukan dilokasi ini tentu saja menanam mangrove. Namun selain itu, Dolaners juga bisa bermain canoe menyebrangi sungai, berburu kepiting bakau di kolam lumpur, mencari kepah laut hingga hunting sunset. Setelah lelah berpanas-panasan menanam mangrove dan bermain canoe, maka kegiatan yang paling dinantikan tentunya makan siang. Menu makanan yang ditawarkan oleh pengelola Pantai Mangrove (Wisata Mangrove) ini pun sangat menggugah selera, beragam seafood mulai dari ikan, kepiting, kepah, udang, serta sayuran hijau dan buah-buahan segar berjajar rapi di meja makan.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Pantai Mangrove ini terletak di Desa Muara Maimbai Kec. Sei Nagalawan Kab. Serdang Bedagai. Untuk menuju kesana, Dolaners membutuhkan waktu sekitar 1 jam jika menggunakan kendaraan pribadi. Kondisi jalannya pun sudah cukup baik dan sudah di aspal. Dolaners bisa naik sepeda motor, mobil maupun bus pariwisata untuk menuju lokasi wisata ini.
Jika menggunakan trasnsportasi umum, Pantai Mangrove dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 1,5 – 2 jam dari Kota Medan dengan menggunakan transportasi umum dan berhenti di Simpang Pantai Klang, Kec. Sei Buluh yang masuk kedalam menuju lokasi wisata kurang lebih 8km lagi bisa dicapai dengan menggunakan jasa ojek.