Pantai Sundak

Bukan keindahan ombaknya saja yang menjadi daya tarik utama Pantai Sundak, tetapi juga gua karang yang menjadi tempat perkelahian asu (anjing) dan landak yang kini menjadi asal mula nama 'Sundak'.

Pantai Sundak Sunrise

Photo by kulkasgendong.blogspot.co.id

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Gunungkidul. Pantai yang satu ini masuk kedalam jajaran pantai di kawasan Gunungkidul yang terkenal dengan keindahannya. Begitu pula dengan Pantai Sundak yang memang menakjubkan. Pantainya sendiri, menampilkan pasir putih yang resik dan air laut yang jernih. Bermain pasir adalah salah satu kegiatan yang mengasyikkan. Tak hanya itu, bagi yang hobby fotografi juga bisa hunting foto disini. Apalagi jika moment matahari tenggelam tiba, view yang dihadirkan oleh Pantai Sundak sangalah romantis. Belum lagi ketika Dolaners mencoba untuk berjalan dari bibir pantai ke tengah laut yang relatif dangkal hingga sejauh 30 meter.

Di sana, terdapat batu-batu karang kecil berjajar dan menjadi persembunyian biota-biota laut yang mungil. Tampak beberapa bukit batu karang dan batu kapur di utara pantai dengan tinggi sekitar 12 meter. Bukit-bukit ini melatari pantai dan menambah keelokan pesona alam kawasan Pantai Sundak. Di dalam salah satu bukit batu karang tersebut terdapat gua, yang di dalamnya ada sumur air tawar yang menjadi sumber mata air penduduk sekitar. Daya tarik lain di pantai ini ialah pohon-pohon yang membuat sejuk hembusan angin laut di sekitar Pantai Sundak. Di sore hari, dari bawah pepohonan ini, wisatawan dapat menikmati cantiknya matahari terbenam di ufuk Samudra Hindia. Jangan lewatkan pula mencicipi kuliner aneka olahan seafood yang dijamin akan menggoyang lidah Dolaners.


AKTIFITAS

Kuliner
Akomodasi
Kegiatan
Tips BerwisataAkses Transportasi
Akses jalan yang harus Dolaners lalui untuk bisa sampai di Pantai Sundak sangatlah mudah, yakni Dolaners tinggal melewati jalan Wonosari, ataupun melewati Imogiri. Jalan Wonosari memiliki akses yang lebih mudah karena jalur inilah yang sering dilalui oleh para wisatawan jika hendak menuju pantai selatan Gunung Kidul Jogja. Namun jika Dolaners menginginkan jalur yang berbeda dari biasanya, Dolaners ambil jalur Imogiri, jalur ini terkenal agak sepi dan menyajikan pemandangan yang tidak kalah indah, namun lebar jalan lebih sempit dibandingkan jalur jln Wonosari. Perlu dipertimbangkan kesiapan kendaraan Dolaners jika melewati jalur ini, karena ketersediaan bengkel dipinggir jalan sangat-sangat jarang adanya.
Bagi Dolaners yang menggunakan transportasi umum, Dolaners bisa naik bus yang berangkat dari Terminal Giwangan Yogyakarta. Wisatawan dapat memilih mini bus atau bus besar. Perjalanan menelan waktu sekitar 1 jam. Sesampainya di Kota Wonosari, biasanya penumpang akan turun disekitar Pasar Wonosari atau daerah pertokoan di sana. Kemudian, carilah bus kecil yang menuju Pantai Baron atau Krakal. Dengan menumpangi bus kecil tersebut, memakan waktu antara 40 menit-1 jam. Berangkat dari pusat Kota Yogyakarta langsung menuju Pantai Sundak dengan kendaraan roda dua, perjalanan memakan waktu sekitar 2 jam.